DETERMINAN LABA SEBELUM PAJAK PT. UNITED TRACTORS TBK BERDASARKAN KEGIATAN USAHA PERUSAHAAN


Nanda Lutfi Habib Musthofa(1*), Mila Badriyah(2), Fithri Dzikrayah(3)

(1) Manajemen Keuangan Syariah, UIN SGD Bandung, Indonesia
(2) Manajemen Keuangan Syariah, UIN SGD Bandung, Indonesia
(3) Manajemen Keuangan Syariah, UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Laba sebelum pajak merupakan unsur yang digunakan untuk melihat seberapa efektif kegiatan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki sehingga menghasilkan keuntungan yang diharapkan pemegang saham. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Uang Muka Pelanggan (Costumer Deposit) dan Penerimaan Dividen (Dividend Received) secara parsial dan simultan terhadap Laba Sebelum Pajak Penghasilan (Profit Before Income Tax) pada PT. United Tractors Tbk. Periode 2011-2020. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan data sekunder berupa data dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan melalui situs resminya. Teknik analisis untuk mengolah data tersebut digunakan analisis regresi, korelasi, determinasi, dan uji hipotesis berupa uji t dan uji F. Dengan uji kelayakan data menggunakan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa Uang Muka Pelanggan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Laba Sebelum Pajak Penghasilan hanya sebesar 20,7%. Sedangkan variabel Penerimaan Dividen mempengaruhi secara signifikan terhadap Laba Sebelum Pajak Penghasilan hingga sebesar 71,9%. Kemudian secara simultan menunjukan bahwa kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap Laba Sebelum Pajak Penghasilan sebesar 72,4%. Sehingga senilai 27,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.


Keywords


Uang Muka Pelanggan, Penerimaan Dividen, Laba Sebelum Pajak Penghasilan

Full Text:

PDF

References


Asokawati, K. 2020. Pengaruh selling expenses dan general and administrative expenses terhadap income before tax perusahaan sektor konstruksi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tersedia di http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33672.

Djuwaini, D. 2010. Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gozali, D.S. 2010. Hukum Perbankan. Jakarta: Sinar Grafika.

Harahap, S.S. 2014. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ma’manah, N. 2017. Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan pendapatan Margin Murabahah terhadap Earning Before Tax (EBT) pada PT. Bank Mega Syariah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tersedia di http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23418.

Manurung, N. 2013. Pengaruh Diskon, Biaya Iklan Dan Uang Muka Terhadap Penjualan Sepeda Motor Pada Dealer Sepeda Motor Di Tanjungpinang. Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, 3.

Mulyawan, S. 2015. Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka Setia.

Nudin, P. 2019. Pengaruh total modal dan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi kasus di PT. Indo Acidatama Tbk. Periode 2011-2018. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tersedia di http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22318.

Sudremi, Y. 2007. Pengetahuan Sosial Ekonomi kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v3i1.17834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nanda Lutfi Habib Musthofa, Mila Badriyah, Fithri Dzikrayah

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats