PERUBAHAN FAKTOR MAKROEKONOMI DAN IMPLIKASINYA PADA PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA


Tri Cahya Ningsih(1*), Novi Mubyarto(2), Efni Anita(3)

(1) Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
(3) Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Faktor yang mempengaruhi profitabilitas bank islam dibagi dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal meliputi Jumlah uang beredar, tingkat bunga dan  inflasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, BI Rate dan Jumlah uang beredar terhadap Profitabilitas PT. BRI Syariah, Tbk Periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan analisis regresi linear berganda metode semilog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Inflasi, ­BI Rate dan Jumlah uang beredar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA dengan variabel Jumlah uang beredar sebagai variabel dominan dalam mempengaruhi Return On Asset (ROA) PT. BRI Syariah, Tbk . Sedangkan secara simultan Inflasi, BI Rate dan Jumlah uang beredar berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dengan demikian diharapkan kepada bank agar terus memantau nisbah bagi hasil dan margin yang ditawarkan kepada nasabah supaya nilai Return On Asset (ROA) tidak mengalami penurunan apabila terjadi krisis moneter yang disebabkan oleh inflasi secara langsung, kemudian jumlah uang beredar yang kemudian mempengaruh BI Rate


Keywords


Inflasi, BI Rate, Jumlah Uang Beredar dan Return On Asset

Full Text:

PDF

References


(IBI), I. B. I. (2014). Memahami Audit Intern Bank. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Ady, F., & Wijono, D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal MAKSIPRENEUR, 2(2).

Ardimas, W., & Wardoyo. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public yang terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1).

Ariefudin, Salim, M. A., & Khoirul. (2020). Pengaruh Suku Bunga, Nilai tukar valas, dan Jumlah uang beredar terhadap Profitabilitas pada Perbankan Syariah. Universitas Islam Malang.

Astuti, I. D., & Kabib, N. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah Indonesia dan Malaysia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2).

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Pt. Raja Grafindo Persada.

Dermawi, H. (2018). Manajemen Perbankan. Bumi Aksara.

Djalal, N., & Usman, H. (2005). Penggunaan Teknik Ekonometri. Pt. Raja Grafindo Persada.

Dwijayanthy, F., & Naomi, P. (2009). Analisis Pengaruh Inflasi, BI Rate, dan Nilai Tukar Mata Uang terhadap Profitabilitas Bank Periode 2003-2007. Karisma, 3(2).

Fuadi, Saparuddin, & Sugianto. (2022). The Effect of Inflation, BI Rate and Echange on Profitability in Sharia Banking in Indonesia Period of 2009-2019. International Journal of Educational Review, Law and Social Science, 2(1).

Hanania, L. (2015). Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi Profitabilitas perbankan syariah dalam jangka pendek dan panjang. 1(1).

Karim, A. (2017). Ekonomi Makro Islami. Pt. Raja Grafindo Persada.

Kartika, R., Jubaedah, S., & Astuti, A. D. (2020). The Influence of Financing to Deposit Ratio, Return On Asset and Non Perfoming Finance on Profit Sharing Finance of Sharia Banks in Indonesia. Advance in Ecomomics, Business, and Management Research, 123.

Kuncoro, M. (2015). Mudah Memahami Dan Menganalisis Indikator Ekonomi. UPP STIM YKPN.

Pramana, A. (2016). Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Profitabilitas (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2012-2016. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pramuka, B. A. (2010). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Umum Syariah. JAMBSP, 7(1).

Setiawan, A., A.S, R. E. W., & Nurcahyono. (2021). Pengaruh Praktik Penghindaran Pajak, Manajemen Laba, Komisaris Independen, Dan Komite Audit Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property, Real Esatate and Building Construction yang terdaftar di BEI Periode 2015-2019). 17(2).

Setiawan, E. (2012). Ebta Setiawan, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (Daring),” KBBI Daring: Pencarian. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/objek.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sukirno, S. (2001). Pengantar Teori Makroekonomi. Pt. Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2004). Makroekonomi : Teori Pengantar. Pt. Raja Grafindo Persada.

Umar, H. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Pt. Raja Grafindo Persada.

Windarty, S., & Fuady, M. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. 6(2).

Yunita, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2009–2012). Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v3i1.18036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Cahya Ningsih

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats