UKURAN PERUSAHAAN, HARGA SAHAM, PENGEMBALIAN EKUITAS PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK


Dewy Revina Nadila(1*), Usep Deden Suherman(2), Neneng Hartati(3), Iwan Setiawan(4)

(1) Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Manajemen Keuangan Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Akuntansi Syariah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu yang mempengaruhi Pengembalian Ekuitas pada perusahaan yaitu dilihat dari total asset dan harga saham. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan yang dilihat dari asetnya dan harga saham baik secara parsial maupun simultan terhadap pengembalian ekuitas pada  PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. Metode yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. Periode 2010-2020. Teknik yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengembalian ekuitas dengan 89.4% kontribusi dilihat dari koefisien determinasinya, sedangkan harga saham berpengaruh terhadap pengembalian ekuitas dengan 50.2% kontribusi pengaruhnya. Secara simultan, ukuran perusahaan dan harga saham berpengaruh terhadap pengembalian ekuitas dengan kontribusi pengaruh 91.4% sedangkan sisanya 8.6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Keywords


Ukuran Perusahaaan, Harga Saham, Pengembalian Ekuitas

Full Text:

PDF

References


Nasution, L. Z., Sulistyo, & Halim, A. (2016). Pengaruh Volume Perdagangan Saham, Frekuensi Perdagangan Saham, Volatilitas Harga Saham, Dan Kapitalsiasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Makananan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2).

Sukmayanti, N. P., & Triaryati, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property Dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 1, 7132-7162.

Ali, M. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Saham Publik, Umur Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas dengan Jumlah Bencana Alam sebagai Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti Vol.6 No.1 , 71-94.

Anggarsari, L., & Aji, S. T. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), Vol. 6 No. 4, 542-549.

Astakoni, I. P., & Nursiani, N. (2020). Efek Intervening Struktur Modal Pada Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas. Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; Vol. 11, No. 2, 137-147.

Brigham, E., & Houston, J. F. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1(Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Fransisca, E., & Widjaja, I. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 2.

Halim, A. (2010). Manajemen Keuangan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2010). Dasar- Dasar Manajemen Keuangan, Jilid I. Yogyakarta: UPP – AMP YKPN.

Mboka, A., & Cahyono, L. ( 2020). Pengaruh Leverage Dan Ukuran Perusahaanterhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub-Sektor Farmasi Periode 2013-2017. Advance: Journal Of Accounting, Vol 7, No 1.

Novyanny, M. C., & Turangan, A. J. (2019). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Jasa Sektor Perdagangan, Jasa & Investasi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 1, No.1 .

Rachmawati, H. (2017). Pengaruh ROA, EPS, dan Harga Saham Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 9.

Samsul, M. (2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Santini, N. K., & Baskara, I. K. (2018). Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Tekstil Dan Garmen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 12, 6502-6531.

Sartono, A. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Jakarta: BPFE.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi. Jakarta: Kasnisius.




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v3i1.18223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewy Revina Nadila, Usep Deden Suherman, Dudang Gojali, Iwan Setiawan

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats