JENIS DAN FUNGSI NA’AT DALAM CERPEN ‘UDU AL QASB KARYA IHSAN ‘ABDUL QUDDUS


Hasna Aulia Fuadah(1*), Akmaliyah Akmaliyah(2)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap bahasa yang tertulis dan terdengar memiliki makna yang ingin disampaikan olel penutur. Dalam berbagai buku fiksi ataupun non-fiksi dapat ditemukan berbagai susunan kalimat yang memiliki makna tersendir. Kalimat-kalimat tersebut juga dapat ditemukan di berbagai naskah berbahasa arab yang sangat kompleks. Diantara kaidah bahasa arab ialah susunan kalimat sifat yang biasa disebut na’at. Na’at banyak ditemukan di dalam naskah arab seperti prosa imajinatif maupun non imajinatif. Penyusun telah meneliti tentang na’at dan fungsinya yang terdapat dalam cerpen ‘Udu Al Qasb karya Ihsan Abdul Quddus.

Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui jenis na’at dalam cerpen ‘Udu Al Qasb, (2) mengetahui fungsi na’at dalam cerpen ‘Udu AL Qasb. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Dengan metode ini penyusun menelii kalimat yang mengandung kata sifat dalam cerpen ‘Udu Al Qasb. Penelitian in mencakup jenis dan fungsi na’at. Penyusun menggunakan pendekatan ilmu nahwu karena na’at yang akan diteliti termasuk kedalam kajian ilmu nahwu.

Hasil penelitian yang ditemukan penysun ialah yang pertama, Jenis-jenis na’at yang terdapat dalam cerpen ‘Udu AL Qasb terbagi kedalam tiga, yaitu na’at mufrad terdapat 183 data, na’at jumlah terdapat 18 data dan na’at syibhul jumlah terdapat 2 data. Seluruhnya termasuk kedalam na’at hakiki. Maka na’at hakiki yang ditemukan ada 203 data sedangkan na’at sababi tidak ditemukan di dalamnya. Kedua, Fungsi-fungsi na’at yang terdapat dalam cerpen ini terbagi kedalam tiga fungsi yaitu (1) Taudhih atau menjelaskan terdapat 103 data, (2) takhsis atau mengkhususkan terdapat 93 data dan (3) ta’kid atau menguatkan terdapat 6 data.

KEYWORDS:

nahwu, na’at, cerpen

Keywords


nahwu, na'at, cerpen

References


Anshary, I. H. (1425). شرح قطر النداء و بل الصدى. Beirut: Daar AL Kutub AL 'Arabiyah.

Asy'ari, H. (2017). نظرية نشئة اللغة و تفرعها في التراث العربي.

Bruni, F. (1990). Ihsan Abdel Kuddous: An Egyptian Writer. The Newyork Times, 71.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebaga Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah Vol 24.

Faqihi, A. B. (t.thn.). Mutamimah Al Ajrumiyah. Semarang: Maktabah Kuryath Putera.

Ghulayaini, M. A. (1993). جامع الدروس العربية الجزء الثالث. Beirut: Al Maktabah Al 'Ashriyah.

Hasan, A. (2010). النحو الوافي مع ربطه بالأسالب الرفيعة والحياة اللغوية المتحددة الجزء الثالث. Cairo: Daar Al Ma'arif .

Iskandary, A. A. (1928). الوسيط في الأدب العربي وتاريخه. Cairo.

Jinni, A. A. (1947). اللمع في العربية. Kuwait: Daar Al Kutub Ats Tsaqafiyah.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni'mah, F. (t.thn.). ملخص علم اللغة العربية.

Razim, U. (2015). Ilmu Nahwu Untuk Pemula. Program Bisa.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v6i2.13578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Hasna Aulia Fuadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343