RAGAM TUTURAN PADA NOVELET QINDIL UMMU HASYIM (KAJIAN PRAGMATIK)


Iis Rahmawati(1*), Karman Karman(2), Muhammad Nurhasan(3)

(1) UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur ilokusi dan fungsi-fungsinya yang digunakan pada novelet Qindil Ummu Hasyim Karya Yahya Haqqi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, dengan kajian ilmu pragmatik. Data penelitian berupa tuturan-tuturan yang disampaikan para tokoh dalam novelet tersebut. Teknik pengumpulan data dengan teknik kepustakaan, simak dan catat. Hasil penelitian pun didapatkan dengan metode padan ekstraingual, hingga akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut 1). Lima jenis ilokusi, yakni Direktif, Asertif, Deklaratif, Komisif dan Ekspresif dengan didominasi oleh kalimat berita dibandingkan kalimat imperatif dan introgatif. 2). Fungsi pragmatis dari setiap jenis tindak tutur yakni: Asertif: memberitahukan, dan membanggakan; Direktif: memerintah, meminta, dan melarang; Komisif: berjanji dan menyanggupi; Ekspresif: kecewa, dan menyesal; Deklaratif: Mengucilkan, memutuskan dan memvonis. Pada fungsi-fungsi pragmatis tersebut umumnya merupakan kalimat langsung dengan fungsi menyatakan karena objeknya yang berupa novelet dan yang dibahas tentu menyinggung kehidupan tokoh Ismail yang berpengaruh kepada khalayak umum.


Keywords


Ilokusi; Novelet; Pragmatik

References


Audah, A. (1975). Lampu Minyak Ibu Hasyim. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Austin, J. L. (1962). How to Do Things With Words. Oxford: Oxford University Press.

Chaer, A. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia : pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, F. (2012). Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

Feranika, F. (2020). “Kalam Insya Thalabi Dalam Novelet Qindil Ummu Hasyim Karya Yahya Haqqi.” In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Furqon, A. A. (2021). TINDAK TUTUR ILOKUSI TOKOH UTAMA DALAM FILM IBNU SINA PRODUKSI CAIRO CARTOON (KAJIAN PRAGMATIK). In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus Linguistik. jakarta: Gramedia.

Lehwimel, B. (2016). Pragmatik dan Balaghah. Retrieved from http://yaseermunawar.blogspot.com/2016/08/pragmatik-dan-balaghah-oleh-profbadis.html?m=1. (Diakses pada tanggal 17 Juli 2021 pukul 21.56)

Lubis, A. H. H. (1993). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Mahera, Y. D. N. dan I. A. (2019). KAJIAN PRAGMATIK DALAM BAHASA ARAB : ANALISIS BENTUK DAN FUNGSI TINDAK TUTUR DIREKTIF BAHASA ARAB DALAM FILM “ASHABUL KAHFI” . Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab.

Mahsun. (2013). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Grafindo Persada.

Nurpallah, D. (2017). TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM FILM WAJDAH KARYA HAIFAA AL-MANSOUR (KAJIAN PRAGMATIK). In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Nurrohmi, P. (2019). FUNGSI DAN KONTRUKSI TINDAK TUTUR KOMISIF DALAM FILM ANIMASI IBNU SINA (Analisis Pendekatan Pragmatik). In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Susilawati. (2017). Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif Tokoh Umar Ibnu Khattab Dalam Film Omar: Kajian Pragmatik Dalam Film Omar Episode 30. In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Taufik, W. (2016). Semiotika UntukKajian Sastra dan Al-Qur’an. Bandung: Yrama Widya.

Taufik, W. (2018). Metode Penelitian Bahasa Arab. Bandung: Yrama Widya.

Ulfah, A. M. (2019). “Struktur Naratif Dalam Novelet Qindil Ummu Hasyim Karya Yahya Haqqy.” In (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Wafa, W. (2018). "تغيير الهوية الشحصية الرئيسية رجل مقلدا فى أقصوصة قنديل أم هاشم ليحي حقى (دراسة ما بعد الإستعمار لهمي ك.بابا). In digiliib (Skripsi Sarjana). Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Wijana, I. D. P. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, G. (2018). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

الجكيم, ع. (2009). التداولية النشأة والتطور. مجلة الخبر- أبحث فى اللغة والأدب الجزائري.

حقى, ي. (1119). قنديل أم هاشيم. القاهرة: دار المعارف بمصر-كورنيش النيل.

سلفاوى, أ. ا. (2009). البعد التداولي في البلاغة من خلال. .“مفتاح العلوح.”

مزيد. (بهاء الدين محمد) تبسيط التداولية.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v5i2.15395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Iis Rahmawati, Deden Hidayat, Yadi Mardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343