PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB


Khoirun Nisa’(1*), Isnol Khotimah(2), Moh. Ulum(3)

(1) Universitas Nurul Jadid Paiton, Indonesia
(2) Universitas Nurul Jadid Paiton, Indonesia
(3) Universitas Nurul Jadid Paiton, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah salah satu metode yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Maksud dari penerapan ini adalah sebagai cara guru dalam mengajar bahasa Arab khususnya kemampuan mengarang siswa secara terbimbing, siswa dibimbing melalu buku ajar yaitu kitab “Durusul lughah Al-Arabiyah” beserta media lainnya. Guru bertindak langsung dalam penerapan ini, tujuannya agar siswa aktif dalam menulis dan menghafal kosa kata Arab. Oleh karena itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa JMA Pondok Pesantren Al-mashduqiah.

Riset yang digunakan merupakan riset lapangan yang bertabiat deskriptif kualitatif. Guru bahasa Arab dan siswa JMA Pondok Pesantren Al-mashduqiah Kraksaan Probolinggo selaku subjek dalam riset ini, sedangkan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah objek penelitiannya. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode untuk mengumpulkan data.

Hasil dari penelitian ini adalah 1)Menghafal kosa kata Arab khususnya pada benda sekitar  2)Siswa sesering mungkin  membuat jumlah mufidah sebelum masuk ke maharah kitabah 3)Menulis sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari agar menjadi kebiasaan yang baik walaupun sedikit. 4)Siswa membiasakan menulis kalimat sederhana seminggu sekali adalah target seorang Guru.

 


Keywords


Insya’ Muwajjah, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ailah, Mustabsyiratul. 2019. “Raushan Fikr.,” Aktualisasi Makna Al-Tuhuru Shatru Al-Iman 8(1): 63–82.

Anshor, A. M. 2009., Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras.

Arsyad, M. Husni. 2019., “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Shaut al Arabiyyah 7(1): 13.

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. 2020., “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19(1): 56–71.

Fahrurrozi, Aziz. 2014., “Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1(2).

Fajriah. 2017., “Strategi Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.” PIONIR Jurnal Pendidikan 6(2): 33–56.

Fauzi, Muhammad Ilfan. 2020., “Pemanfaan Neurosains Dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4(1): 1.

Hermawan, A., & Alwasilah, C. 2011., Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Iswanto, Rahmat. 2017., “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 1(2): 139.

Kuraedah, Sitti. 2015., “APLIKASI MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sitti Kuraedah.” Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari 8(2): 82–98.

Munawarah, Munawarah, and Zulkiflih Zulkiflih. 2021., “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1(2): 22.

NAsrulloh, Muhammad Farid et al. 2020., “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab.” Jumat Pendidikan … 1(1): 28–35.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020., “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4): 861–70.

Takdir, Takdir. 2020., “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 2(1): 40–58.




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.17998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Khoirun Nisa’, Isnol Khotimah, Moh. Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343