PENERAPAN INSYA’ MUWAJJAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.17998Keywords:
Insya’ Muwajjah, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah salah satu metode yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Maksud dari penerapan ini adalah sebagai cara guru dalam mengajar bahasa Arab khususnya kemampuan mengarang siswa secara terbimbing, siswa dibimbing melalu buku ajar yaitu kitab “Durusul lughah Al-Arabiyah†beserta media lainnya. Guru bertindak langsung dalam penerapan ini, tujuannya agar siswa aktif dalam menulis dan menghafal kosa kata Arab. Oleh karena itu maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa JMA Pondok Pesantren Al-mashduqiah.
Riset yang digunakan merupakan riset lapangan yang bertabiat deskriptif kualitatif. Guru bahasa Arab dan siswa JMA Pondok Pesantren Al-mashduqiah Kraksaan Probolinggo selaku subjek dalam riset ini, sedangkan insya’ muwajjah dalam pembelajaran bahasa Arab adalah objek penelitiannya. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode untuk mengumpulkan data.
Hasil dari penelitian ini adalah 1)Menghafal kosa kata Arab khususnya pada benda sekitar 2)Siswa sesering mungkin membuat jumlah mufidah sebelum masuk ke maharah kitabah 3)Menulis sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari agar menjadi kebiasaan yang baik walaupun sedikit. 4)Siswa membiasakan menulis kalimat sederhana seminggu sekali adalah target seorang Guru.
Â
References
Ailah, Mustabsyiratul. 2019. “Raushan Fikr.,†Aktualisasi Makna Al-Tuhuru Shatru Al-Iman 8(1): 63–82.
Anshor, A. M. 2009., Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras.
Arsyad, M. Husni. 2019., “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.†Shaut al Arabiyyah 7(1): 13.
Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. 2020., “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.†El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19(1): 56–71.
Fahrurrozi, Aziz. 2014., “Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya.†ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1(2).
Fajriah. 2017., “Strategi Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.†PIONIR Jurnal Pendidikan 6(2): 33–56.
Fauzi, Muhammad Ilfan. 2020., “Pemanfaan Neurosains Dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.†Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4(1): 1.
Hermawan, A., & Alwasilah, C. 2011., Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.
Iswanto, Rahmat. 2017., “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi.†Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 1(2): 139.
Kuraedah, Sitti. 2015., “APLIKASI MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sitti Kuraedah.†Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari 8(2): 82–98.
Munawarah, Munawarah, and Zulkiflih Zulkiflih. 2021., “Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab.†Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 1(2): 22.
NAsrulloh, Muhammad Farid et al. 2020., “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab.†Jumat Pendidikan … 1(1): 28–35.
Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020., “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 4(4): 861–70.
Takdir, Takdir. 2020., “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.†Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 2(1): 40–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Khoirun Nisa’, Isnol Khotimah, Moh. Ulum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
For Authors:
-
Author's Copyright: Upon publication, the copyright of the article is retained by the author(s). This means that the authors hold the exclusive right to use, reproduce, and distribute their own work.
-
User Rights and License: The articles published in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature are made available to the public under the terms of the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0. This license allows anyone to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, provided that appropriate credit is given to the original author(s) and the source, a link to the license is provided, and an indication if changes were made. This is done in a reasonable manner that does not suggest the licensor endorses the user or their use.
-
Author's Rights without Restrictions: As the copyright holder, authors are permitted to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of their work. For example, authors may deposit their published article in an institutional repository, publish it in a book, or distribute it on their personal website, with an acknowledgment of its initial publication in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature.
For Readers and Users:
-
You are free to:
-
Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
-
The license terms are based on the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0, so you must follow its requirements.
-
-
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit to the original author(s), provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-