PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.18000Keywords:
Penerapan Strategi belajar Aktif (Active Learning Strategy), Kreatifitas BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran bahasa Arab yang sering muncul di kelas diantaranya kurang aktif dan minat siswa di dalam kelas. Dengan demikian diperlukan adanya langkah-langkah yang sistematis untuk melaksanakan proses pembelajaran sehingga mencapai hasil belajar anak didik yang maksimal, karena dasar pandangan itu upaya untuk pengembangan strategi belajar mengajar ditujukan pada Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan strategi belajar aktif (Active Learning Strategy)dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Nurul Yaqin Besuki, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat Strategi belajar aktif dalam meningkatkan kreatifitas belajar. Sesuai dengan fokus kajian dalam penelitian ini dipergunakan Pendekatan Kualitatif, jenis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, Dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Arab siswa MTs Nurul Yaqin Besuki, guru menggunakan beberapa strategi diantaranya Permainan, Tanya Jawab,Visualisasi Dialog dan Evaluasi. Namun dari strategi tersebut ditemukan faktor pendukung yang berupa kemauan siswa dan profesionalisme guru sedangkan penghambat berupa sarana dan prasarana dan kurangnya jam pelajaran dan ekstrakurikuler bahasa Arab.
Â
References
Bona, Jufri, Subhan Hayun, Amrin Sibua. 2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 7(1): 391–402. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921."
"Effendi, Mukhlison. 2016. Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7(2): 283–309."
"Hakim, Lukmanul. 2008. Penerapan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima."
"Hasan Baharun. 2015. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015.PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH, Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015, 01(01): 39."
"Kariadi Dodik, and Wasis Suprapto. 2018. Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn.Educatio 13(1): 11."
"Martini, Ida. 2014. Penerapan Active Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Apresiasi Musik Nusantara Pada Siswa Kelas Viii a Smp Negeri 7 Pemalang. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes 31(2): 124571."
"Mel Siberman. 2001. Active Learning 101Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani."
"Mulyasa. 2010. Management Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya."
"Nasrah, Nasrah, Muh Judrah, and Muh Anis. 2021. Implementasi Metode Active Learning Tipe Poster Session Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pai. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 1(2): 16–30."
"Shofwani, Siti Aniqoh, and Siti Rochmah. 2021. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Managemen Operasional Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(2): 439–45."
"Siswanti, Rini. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning 2(2): 226."
"Suhara, Alfa Mitri. 2017. Penerapan Strategi Active Learning Tipe Kontrak Belajar Dalam Kegiatan Menulis Artikel. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 7(1): 71."
"Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta."
"Zaimah. 2019. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI MTsN LANGSA. At- Tarbawi 11(1): 66–79."
"Zaini Hisyam, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Ihsan Madani."
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Khoirul Bariah, Yayah Robiatul Adawiyah, Sulthon Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
For Authors:
-
Author's Copyright: Upon publication, the copyright of the article is retained by the author(s). This means that the authors hold the exclusive right to use, reproduce, and distribute their own work.
-
User Rights and License: The articles published in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature are made available to the public under the terms of the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0. This license allows anyone to copy, redistribute, remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially, provided that appropriate credit is given to the original author(s) and the source, a link to the license is provided, and an indication if changes were made. This is done in a reasonable manner that does not suggest the licensor endorses the user or their use.
-
Author's Rights without Restrictions: As the copyright holder, authors are permitted to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of their work. For example, authors may deposit their published article in an institutional repository, publish it in a book, or distribute it on their personal website, with an acknowledgment of its initial publication in Hijai - Journal on Arabic Language and Literature.
For Readers and Users:
-
You are free to:
-
Share — copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
-
The license terms are based on the CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0, so you must follow its requirements.
-
-
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit to the original author(s), provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-