PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB


Khoirul Bariah(1*), Yayah Robiatul Adawiyah(2), Sulthon Firdaus(3)

(1) Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Indonesia
(2) Universitas Nurul Jadid Paiton, Indonesia
(3) Universitas Nurul Jadid Paiton, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran bahasa Arab yang sering muncul di kelas diantaranya kurang aktif dan minat siswa di dalam kelas. Dengan demikian diperlukan adanya langkah-langkah yang sistematis untuk melaksanakan proses pembelajaran sehingga mencapai hasil belajar anak didik yang maksimal, karena dasar pandangan itu upaya untuk pengembangan strategi belajar mengajar ditujukan pada Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan strategi belajar aktif (Active Learning Strategy)dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Nurul Yaqin Besuki, dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat Strategi belajar aktif dalam meningkatkan kreatifitas belajar. Sesuai dengan fokus kajian dalam penelitian ini dipergunakan Pendekatan Kualitatif, jenis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, Dokumentasi.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Arab siswa MTs Nurul Yaqin Besuki, guru menggunakan beberapa strategi diantaranya Permainan, Tanya Jawab,Visualisasi Dialog dan Evaluasi. Namun dari strategi tersebut ditemukan faktor pendukung yang berupa kemauan siswa dan profesionalisme guru sedangkan penghambat berupa sarana dan prasarana dan kurangnya jam pelajaran dan ekstrakurikuler bahasa Arab.

 


Keywords


Penerapan Strategi belajar Aktif (Active Learning Strategy), Kreatifitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Bona, Jufri, Subhan Hayun, Amrin Sibua. 2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP 7(1): 391–402. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921."

"Effendi, Mukhlison. 2016. Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 7(2): 283–309."

"Hakim, Lukmanul. 2008. Penerapan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima."

"Hasan Baharun. 2015. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015.PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH, Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 01 No. 01 Januari-Juni 2015, 01(01): 39."

"Kariadi Dodik, and Wasis Suprapto. 2018. Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn.Educatio 13(1): 11."

"Martini, Ida. 2014. Penerapan Active Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Apresiasi Musik Nusantara Pada Siswa Kelas Viii a Smp Negeri 7 Pemalang. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes 31(2): 124571."

"Mel Siberman. 2001. Active Learning 101Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Insan Madani."

"Mulyasa. 2010. Management Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya."

"Nasrah, Nasrah, Muh Judrah, and Muh Anis. 2021. Implementasi Metode Active Learning Tipe Poster Session Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pai. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam 1(2): 16–30."

"Shofwani, Siti Aniqoh, and Siti Rochmah. 2021. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Managemen Operasional Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(2): 439–45."

"Siswanti, Rini. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning 2(2): 226."

"Suhara, Alfa Mitri. 2017. Penerapan Strategi Active Learning Tipe Kontrak Belajar Dalam Kegiatan Menulis Artikel. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 7(1): 71."

"Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta."

"Zaimah. 2019. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI MTsN LANGSA. At- Tarbawi 11(1): 66–79."

"Zaini Hisyam, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yokyakarta: Pustaka Ihsan Madani."




DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v5i1.18000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Khoirul Bariah, Yayah Robiatul Adawiyah, Sulthon Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2621-1343