Pengaruh Konseling Individu Terhadap Koping Siswa Dimasa Pandemi Covid-19


Nisrina Rif'ati Hazimah(1*)

(1) Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan daripada penelitian saat ini ialah untuk mencari tahu perihal layanan konseling individu pada anak didik MTs Persis 03 Pameungpeuk pada saat endemi covid19 ; untuk mencari tahu koping anak didik MTs Persis 03 Pameungpeuk ; serta mencari tahu pengaruh layanan konseling individu terhadap anak didik MTs Persis 03 Pameungpeuk pada saat endemi covid19. Metode deskriptif jenis survei dipakai pada pengamatan ini dengan populasi serta sampel anak peserta didik MTs Persis 03 Pameungpeuk kelas VII. Pendekatan kuantitatif dipakai pada peneitian ini, data primer yang didapat melalui kuesioner, wawancara, serta data-data dari MTs Persis 03 Pameungpeuk dengan dokumentasi sebagai data pendukung yang mempunyai relevansi dalam pengamatan ini. beserta teknik random sampling yang dipakai yakni non probabilit. Penelitian ini memperlihatkan bahwa konseling individu yang diadakan di MTs Persis 03 Pameungpeuk memakai strategi yang Islami serta terjalinnya hubungan yang compatibility. Sesudah layanan konseling individu dilangsungkan, banyaknya anak didik yang mampu manangani persoalan mereka memakai pendekaran koping dengan fokus pada persoalan serta emosial yang bersumber dari hasil data.

 

ABSTRACT

The purpose of the current study is to find out about individual counseling services for students at MTs Persis 03 Pameungpeuk during the COVID-19 endemic; to find out the coping of MTs Persis 03 Pameungpeuk students; and find out the effect of individual counseling services on students at MTs Persis 03 Pameungpeuk during the COVID-19 endemic. Descriptive survey method was used in this observation with the population and sample of students of MTs Persis 03 Pameungpeuk class VII. A quantitative approach is used in this research, primary data obtained through questionnaires, interviews, and data from MTs Persis 03 Pameungpeuk with documentation as supporting data that has relevance in this observation. along with the random sampling technique used, namely non-probability. This study shows that individual counseling held at MTs Persis 03 Pameungpeuk uses an Islamic strategy and establishes a compatibility relationship. After individual counseling services are carried out, many students are able to handle their problems using a coping approach with a focus on problems and emotions that come from data results.


References


Aisyah. Umi., P. Laras. (2020). Konseling Individual bagi Anak Korban Pemerkosaan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan dan Anak(P2TP2A) Kabupaten Tanggamus. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. 08(2) : 137.

Amin, S. M. (2015). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review : Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya.

Holipah. (2011). The using of individual counseling service to improve student's learning attitude and habit at the second grade student SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Journal Counseling.

Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah : Prinsip dan Asas.

RISTEKDIK, 1-77.

S.Willis, S. (2010). Konseling Individual. Bandung: Alfabeta.

Sandya, H., Habibah.U., Ilyas, M. (2020). Konseling Individual untuk Meningkatkan Daya Tangkap Disabilitas Fisik dalam Refreshing Up Grading. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. 8(4) : 359.

siswanto. (2007). Kesehatan Mental Konsep, Cakupan dan Perkembangannya.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Siti. (2017). Strategi Coping : Teori dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Adi Matappa, 101-107.

Sitoyo, D. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Willis, S. S. (2013). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/irsyad.v9i1.16614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.