Bimbingan Kelompok dalam Kegiatan Organisasi Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Mahasiswa


Dian Fitriani(1*), Isep Zaenal Arifin(2), Hajir Tajiri(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to increase the social sensitivity of Ika Darma Ayu UIN SGD Bandung Commisariat members through work programs, implementation processes and the results of group guidance to increase social sensitivity of Ika Darma Ayu members, UIN SGD Bandung Commissariat. The method used is qualitative by explaining group guidance to increase students' social sensitivity. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation studies directly with members of the organization Ika Darma Ayu Komisariat UIN SGD Bandung. The results of this study indicate that Group Guidance in regional organizational activities is said to be successful because it experiences changes in social sensitivity attitudes in the form of empathy, cooperation, helping, and respecting others.

Full Text:

PDF

References


Satriah, L (2016) Bimbingan dan Konseling Kelompok Setting Masyarakat. Bandung : Fokus Media.

Romlah., T. (2020). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : UNM

Prayitno, (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Psikoterapi. Bandung : Refika Aditama

Hartinah, S (2009) Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama

Nurihsan., A.J. (2018) Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung : Refika Aditama

Sugiono (2017) Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Patilima, H. (2011). Metode penelitian kualitatif.Bandung: Alfabet.

Creswell, J. W. (2009) Research Design Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

As-Sirjani, R. (1995). Menjadi Pemuda Peka Zaman. Solo : Aqwam

Robbins, S.P. (2002). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. edisi kelima terjemahan, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sobirin, Achmad. (2007). Budaya Organisasi: Pengertian, Makna, dan Aplikasinya dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Thoha M. (1986). Perilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta : CV. Rajawali.

Pertiwi, N.P. (2019). Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Home Room pada Siwa. Jurnal Prakarsa Pedagogia Vol. 2 (2) 124-132

Tondok, M.S. (2012). Melatih Kepekaan Sosial Anak.Surabaya: Harian Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.Vol. 5 (2)

Isnaeni, Ade dkk (2018) Indonesian Journal Of Guidance and Counselings : Theory and Application. Jurnal Unnes Vol. 7 (4)

Rohima, E.(2018). Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi di MAN Pematang Bandar. Skripsi. UIN Sumatera Utara

Yuliasari, A. (2018). Hubungan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Ismayadi, R. (2019). Bimbingan kelompok dengan metode sosiodarama dalam meningkatkan kesadaran diri siswa. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurfarida, F.(2014) Proses Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Rohimin, I. (2004) Dlupak Murub di Bumi Wiralodra “Gerak Langkah Ika Darma Ayu di Bumi Indramayu” Together In Harmony. Bandung: Lisensi Bidang Informasi dan Jaringan Ika Darma Ayu Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/irsyad.v10i2.18116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.