Peran Konselor dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Pelaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.15575/irsyad.v13i1.44253Abstract
References
Astuti, D. (2019). Efektivitas Client Centered Therapy dalam konseling remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 45-58.
Anderson, K., & Smith, J. (2022). Client-centered therapy in treating trauma: New perspectives. Journal of Counseling Psychology, 45(2), 112-125.
BKKBN. (2023). Pedoman pengelolaan pusat informasi dan konseling remaja dan mahasiswa. BKKBN.
Corey, G. (2017). Teori dan praktek konseling & psikoterapi. PT Refika Aditama.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2022). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (5th ed.). Sage.
Effendi, D. I., Lukman, D., Eryanti, D., & Garnita, A. (2021). Dokumen Kurikulum Mbkm-Kkni Bki Fdk Uin Sgd Bandung.
Hidayati, N. (2019). Peran konselor sekolah dalam penanganan bullying: Studi kasus di SMP Negeri Jakarta. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(1), 12-24.
Hidayat, R., & Permatasari, A. (2023). Memahami pelaku bullying: Pendekatan psikologis dan sosial. Jurnal Psikologi Indonesia, 15(2), 45-62.
Hurlock, E. B. (2021). Developmental psychology: A life-span approach. McGraw-Hill Education.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2023). Laporan kasus kekerasan terhadap anak tahun 2022. KPAI.
Kusuma, A. (2024). Sistem dukungan sosial dalam pemulihan perilaku remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 12-25.
Kusuma, D., & Prasetyo, B. (2024). Dampak jangka panjang bullying pada perkembangan sosial. Jurnal Psikologi Terapan, 8(1), 12-28.
Kusumawardani, A. (2024). Setting alternatif dalam konseling remaja: Studi efektivitas. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 12-28.
Kusumawati, R. (2021). Pemanfaatan media digital dalam program pencegahan bullying. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 89-102.
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2022). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press.
Nugraha, A., & Windari, R. (2021). Siklus viktimisasi dalam kasus bullying remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 78-92.
Nurhasanah, S. (2020). Kekuatan hubungan terapeutik dalam konseling remaja. PT Bumi Aksara.
Nurihsan, A. J. (2018). Strategi layanan bimbingan dan konseling (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama.
Nurjannah, L. (2024). Pendekatan holistik dalam intervensi kenakalan remaja. Jurnal Konseling Indonesia, 10(1), 78-92.
Permatasari, D. (2023). Peran dukungan orang tua dalam intervensi bullying. Jurnal Psikologi, 7(3), 112-128.
Pratiwi, S. (2023). Evaluasi program konseling remaja: Pendekatan komprehensif. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 34-49.
Putri, A. D., & Tobing, D. H. (2021). Efektivitas konseling client centered dalam meningkatkan self-esteem remaja: Systematic literature review. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 78-89.
Putri, A. K., Prasetyo, B. D., & Sari, C. M. (2020). Prevalensi bullying pada remaja di Indonesia: Studi meta-analisis. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2), 67-82.
Rahman, A., & Sulistiawati, E. (2024). Deteksi dini perilaku bullying pada remaja. Jurnal Kesehatan Mental, 9(1), 34-48.
Rahman, S., & Putri, D. (2023). Efektivitas Client Centered Therapy dalam penanganan pelaku bullying. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 12-25.
Rahmawati, F. (2022). Pendekatan non-direktif dalam konseling remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(2), 89-104.
Santoso, D. B., & Widiyanti, M. (2021). Konseling remaja: Pendekatan client centered. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock, J. W. (2023). Psikologi perkembangan remaja. Jakarta: Salemba Humanika.
Siahaan, E. M. R., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2021). Penerapan teknik client centered yang dimodifikasi dalam konseling online pada mahasiswa yang mengalami academic burnout. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 5(1), 195-204.
Supriatna, M. (2020). Keterampilan dasar konseling. PT Raja Grafindo Persada.
Supriatna, M. (2020). Kolaborasi multipihak dalam program anti-bullying di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 8(2), 156-170.
Supriyanto, A. (2021). Monitoring dan evaluasi dalam konseling remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, L. (2020). Media dan perilaku remaja. Yogyakarta: Gava Media.
Sutirna. (2020). Konseling individual dengan pendekatan client centered: Implementasi dalam menangani korban bullying. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 112-125.
Thompson, L., Parker, R., & Wilson, M. (2023). Understanding bullying behavior through client-centered therapy. International Journal of Psychology, 58(4), 234-249.
Wardani, L. K., & Fajrianti, N. (2023). Kesehatan mental pelaku bullying: Analisis psikologis. Jurnal Psikologi Klinis, 12(2), 67-82.
Widodo, B., & Pratiwi, S. (2022). Pengembangan resiliensi remaja korban bullying melalui konseling. Jurnal Psikologi dan Konseling, 9(1), 34-48.
Widodo, H. (2019). Psikologi remaja kontemporer. Surabaya: Airlangga University Press.
Wijaya, A., & Putri, R. (2023). Pola transformasi korban menjadi pelaku bullying: Studi longitudinal pada remaja Indonesia. Jurnal Psikologi Indonesia, 15(2), 45-60.
Wijaya, H. (2023). Sistem evaluasi efektivitas konseling remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(4), 201-216.
Wijaya, R., Kusumawati, P., Hartanto, F., & Suryana, D. (2023). Pengembangan keterampilan sosial dalam pencegahan bullying. Jurnal Intervensi Psikologi, 11(2), 89-104.
Wilson, K., & Brown, M. (2022). Limitations of humanistic approaches in severe cases. Psychological Review, 29(3), 167-182. Astuti, D. (2019). Efektivitas Client Centered Therapy dalam konseling remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 45-58.
Yasir, A., Kurniani, S. K., Rizqiyah, H. M., Fathia, A. F., Anwar, M. C., Alaydrus, M. Z. Y., & Fatah, D. M. (2024). Metode Bil Hikmah Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Santri (Darul Muqqorobin Kendal). Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 15(02), 23-31.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-30 (2)
- 2025-03-30 (1)



