PENGARUH MANAJEMEN PEMASARAN JASA TERHADAP CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF CIKERUH JATINANGOR SUMEDANG


Tatang Ibrahim(1), Padilah Umuhani(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang bahwa MTs dijadikan sebagai second choice (pilihan kedua) setelah sekolah negeri. Hal ini disebabkan karena adanya sekolah negeri yang berjarak dengan dengan MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang yang menawarkan keunggulan fasilitas, sehingga menyebabkan adanya suatu persaingan yang menjadi tantangan dalam merekrut calon siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen pemasaran jasa di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 2) citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 3) apakah ada pengaruh manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Instrument kuesioner dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, teknik korelasi dan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas manajemen pemasaran jasa (X) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 50-54 dengan nilai rata – rata 53,10. Sedangkan kualitas citra lembaga pendidikan (Y) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 48 – 52 dengan nilai rata – rata 51,09. Adapun hasil analisisnya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 81,691.Berdasarkan hasil perhitungan ini, maka hipotesis kerja  yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang” diterima.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Alfabeta.‎

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka ‎Cipta.‎

Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah: Strategi ‎Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah ‎Unggulan. DIVA Press.‎

Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai ‎Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283. ‎https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/15/1‎

Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.‎

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan ‎Implementasi. Alfabeta.‎

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi ‎Peningkatan Mutu Di SD Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. ‎https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4‎

Mulyadi, S. (2018). Perencanaan Humas Dan Usaha Membangun Citra ‎Lembaga Yang Unggul. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2), ‎‎121–134. https://doi.org/10.29240/jsmp.v2i2.566‎

Mursyid, M. (2014). Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara.‎

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar ‎Statistik Penelitian. Gramasurya.‎

Sandu, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media ‎Publishing.‎

Sarifudin, S., & Maya, R. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa ‎Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Madrasah Aliyah ‎Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal ‎Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 135–154. ‎https://doi.org/10.30868/im.v2i02.513‎

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi. PT. Andi Offset.‎

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. CV Pustaka ‎Setia.‎

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan: Mengapa Sekolah Memerlukan ‎Marketing. Salemba Empat.‎

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.12023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.