IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH IBTIDAIYAH


Dian Dian(1*), Wili Ramdan(2)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar alamiah Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mandalajati didirikan atas dasar semangat pengajian warga Mandalajati yang menginginkan masyarakatnya agar selalu mendekatkan dirinya kepada Allah Swt dan Rosulnya Nabi Muhammad Saw. Perencanaan pendidikan karakter dilakukan oleh tim khusus kurikulum Yayasan Fathul Huda yang dibuat dalam sebuah buku khusus pendidikan karakter. Pengorganisasian pendidikan karakter di Madrasah Ibtidiayah Miftahul Huda dilakukan dengan struktur organisasi yang jelas, tugas dan tanggung jawab, serta deskripsi pekerjaan yang sudah dibuat seminggu sebelum tahun pembelajaran dimulai. Pengarahan pendidikan karakter dilakukan dengan adanya buku panduan pendidikan karakter, mengundang Ustadz untuk pengajian, penjelasan dan penguatan dari Kapala Madrasah. Pengendalian pendidikan karakter dilakukan dengan cara monitoring ke setiap kelas 4 kali setahun dan evaluasi setiap 3 bulan sekali untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter. Faktor penunjang pendidikan karakter adalah SDM, sarana dan prasarana, penguatan kompetisi tahfidz dan pengembangan e-learning sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter adalah sarana dan prasarana, kematangan konsep, standar mutu pendidikan, cara pandang masyarakat terhadap pendidikan. Keberhasilan pendidikan karakter dapat diketahui dari kriteria keberhasilan, efektif dan efisian manajemen pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Badrudin, (2013). Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan kesatu, ALFABETA, Bandung.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). Educating for karakter: mendidik untuk membentuk karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, M. & Hariyanto, (2012). Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.