TOTAL QUALITY MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN MUTU MADRASAH


Tedi Priatna(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Fokus utama naskah ini adalah gagasan tentang penterapan Total Quality Manajemen untuk peningaktan mutu madrasah. Pembahasan menggunakan analitis kritis sebagai pengembangan dari metode deskriptif. Objek kajian adalah gagasan atau ide. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah book survey atau library research. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah, salah satunya melalui penterapan manajerial berbasis peningkatan mutu. Implementasi Total Quality Manajemen untuk peningkatan mutu madrasah dapat diidentifikasi dari karakteristik TQM di madrasah meliputi Efektifitas proses belajar mengajar tinggi; kepemimpinan madrasah kuat; pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif; madrasah memiliki budaya mutu; madrasah memiliki teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis; madrasah memiliki kemandirian; partisipasi warga madrasah; madrasah memiliki transparansi menejemen; madrasah memiliki kemauan untuk berkembang; madrasah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan; madrasah responsip dan antisipatif terhadap kebutuhan; madrasah memiliki akuntabilitas. Adapun strategi penterapan TQM di madrasah dapat diidentifikasi melalui kesatuan tujuan, concern pada kualitas, fokus pada peserta didik, komitmen jangka panjang, kerjasama tim (teamwork), perbaikan sistem secara berkesinambungan dan adanya pelibatan dan pemberdayaan seluruh SDM.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A, & Nur Uhbiyati. (1991), Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, H.M. (1994). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara..

Bisri, A, & Fatah , M. A. (1999). Kamus al-Bisri: Indonesia – Arab. Arab – Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan Eksistensi Pesantren. Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fadjar, A. M. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

Gibb, H.A.R. & Kramers. (1981). Shorter Encyclopaedia of Islam. Leiden: E.J. Brill.

Goetsch, D. L. & Davis, S. B. (2000). Quality management: Introduction to Total Quality Management for Production, Processing, and Service, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hadis, A. & N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung.:Alfabeta

Langgulung, H. (1992). Asas-Asas Pendidikan Islam. cet. II. Jakarta: Pustaka al-Husna.

Maksum. (1999). Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Muhaimin & Mujib A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Trigenda karya.

Munro, L. & Malcolm, (2002). Menerapkan Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta: PT Gramedia, (Terjemahan), Cet. ke-3.

Page , C. H. (1969). Society an Introductory Analysis. New York: Mcmilan.

Rahim, H. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sallis, E. (2006). Total Quality Managament In Education; Manajemen Mutu Pendidikan terj. Ahmad Ali Riyat, et.al., Yogyakarta : IRCiSoD, cet. IV

Sashkin, M & Kisser, (1993). Putting Total Quality Management to Work, (San Francisco: Berret – Kohler Publisher.

Suriasumantri, J. S. (1998). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tafsir, A. “Pembaharuan Sistem. Pendidikan Nasional”. dalam Mimbar Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah. VOL. I/NO. 25/1998

Tilaar, H. A. R.. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F. & Diana, A. (2003). Total Quality Management, Yogyakarta: Andi Cet. ke-2.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.