Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Optimalisasi Kinerja Guru pada Era Merdeka Belajar

Aliffia Laila Nur Hidayah, Samsul Maarif, Muhammad Nuril Huda

Abstract


Sebagai pemimpin, kepala madrasah memegang peranan penting dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja guru, terutama dalam memastikan pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Kinerja guru merupakan gambaran sikap, keterampilan, nilai-nilai dan pengetahuan yang dimiliki guru dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya. Untuk dapat melaksanakan tugas utamanya guru diharuskan dapat memahami terlebih dahulu tentang konsep kurikulum dan pembelajaran, Dengan memahami kemampuan tersebut, diharapkan guru dapat mampu menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka belajar dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang, mendeskripsikan kinerja guru pada era merdeka belajar dan mendiskripsikan strategi kepala madrasah dalam optimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kepala madrasah merupakan sosok yang visioner, memimpin dengan gaya demokratis serta partisipatif dalam merumuskan kebijakan dan pengambilan keputusan. Kinerja guru di madrasah sudah dilakukan dengan optimal dengan presentase 96 % sesuai dengan hasil penilaian kinerja guru, serta dilihat dari aspek kinerja guru dalam melakukan perencanaan, melaksanakan kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran, kemampuan dalam membimbing siswa, dan dalam melaksanakan tugas tambahan. Strategi kepala madrasah dalam mengoptimalisasi kinerja guru pada era merdeka belajar dilakukan melalui, membentuk tim pengembang kurikulum, menggunakan platfrom pusat informasi pelatihan dan pembelajaran (PINTAR), melakukan kegiatan supervisi guru, memberikan pembinaan disiplin, memberikan motivasi dan memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi

Full Text:

PDF

References


Abas, E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. PT Elex Media Komputindo.

Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53

Amran, M., Sahabudin, E. S., & Muslim, M. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan: Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menuju Era Disrupsi Teknologi. [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11744

Arsad, M. (2021). Kompetensi Kepala Madrasah Era Minelial 2021. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.290

Devian, L., Desyandri, & Erita, Y. (2022). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10906–10912. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10163

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., Hakiki, M. U., & Sukatin, S. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 149–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4009

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Alfabeta.

Haris, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan (Teori, Studi Kasus dan Aplikasi). Alfabeta.

Lismayana, L. (2022). Faktor Determinan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mendukung Kinerja Guru. Pendais: Jurnal Pendidikan dan Wawasan Keislaman, 4(1), 22– 33. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1235

Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59

Maulidia, M., Shufiatuddin, S. R. A., Damastuti, R., Istiqomah, S. Al, Haq, R. R., & Sholeh, L. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6424–6431. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 29 Tahun 2014 tentang Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru

Rohmawati, A., & Supiana, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.5969

Ruhmady, R., & Omolu, A. P. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 2(2), 66–79. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4064

Salsabilla, B., Lestari, F. I., Erlita, M., Insani, R. D., Santika, R., Ningsih, R. A., Triska, T. & Mustika, D. (2022). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9979–9985. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4002

Sartika, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Di SMP PGRI 1 Ciputat. [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/58760

Sudadi, S. (2023). Profesionalisme Kepala Sekolah dalam Memotivasi Kinerja Guru. Mitra Ilmu.

Sugiyono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sunariati, R. (2022). Kolaboratif Apresiatif: Mengembangkan Kompetensi IT Guru Professional di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 107–119. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/294

Supardi, S. (2014). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Syukrillah, M. J. N., Baisa, H., & Subky, B. H. (2020). Pengaruh Profesionalisme Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Pelakasanaan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(1), 58–64. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i1.410




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v9i1.34408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot https://bursaikan.kkp.go.id/obc/ https://riph.pertanian.go.id/liquid/ slot gacor https://riph.pertanian.go.id/bl/ judi bola https://sievo.kemdikbud.go.id/infy/ situs toto https://sievo.kemdikbud.go.id/jb/ https://www.assets.rpg.co.id/ https://www.linkandthink.org/ https://sievo.kemdikbud.go.id/relx/ Slot Gacor https://www.theyashotel.com/ https://elearning.itbwigalumajang.ac.id/ https://e-absensi.singkawangkota.go.id/ https://bapeten.go.id/upload/ https://sentraki.itbwigalumajang.ac.id/ https://lppm.itbwigalumajang.ac.id/ https://bkombandung.kemkes.go.id/ slot gacor hari ini https://sinovik.kemkes.go.id/assets/run/ https://pdcproductions.com/ https://kkp.umt.ac.id/ https://csirt.sulbarprov.go.id/uploads/ https://sievo.kemdikbud.go.id/ https://sievo.kemdikbud.go.id/thai/