MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERBASIS ZAKAT


Aris Nurzaman(1*), Sanusi Uwes(2), Jaja Jahari(3)

(1) ,  
(2) ,  
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami manajemen pembiayaan pendidikan berbasis zakat di SMP Juara Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Perencanaan pembiayaan pendidikan di SMP Juara Kota Bandung dimulai dengan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah yang nanti dikirimkan ke Rumah Zakat melalui Indonesia Juara Foundation, penyusunan ini dillakasanakan setiap awal tahun ajaran baru. Dalam pelaksanaannya, pembiayaan ini dialokasikan untuk setiap operasional sekolah, fasilitas-fasilitas, dan kegiatan-kegiatan peserta didik dengan menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran. Pengawasan, Evaluasi dan pemeriksaan pembiayaan dilakukan oleh kepala sekolah dan Rumah Zakat melalui Indonesia Juara Foundation dengan melihat bukti tertulis dan bukti penggunaan dana. Faktor pendukungangnya adalah adanya dukungan yang kuat dari masyarakat sekitar dengan mendermakan hartanya secara langsung bagi mustahik di SMP Juara Kota Bandung, sedangkan faktor penghambatnya ialah dalam hal pencairan dana dari Rumah Zakat, terkadang dana yang dicairkan dari Rumah Zakat tidak tepat waktu sesuai yang direncanakan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v2i1.4994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.