MANAJEMEN PROGRAM PEMBINAAN AKHLAK KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER


Ari Prayoga(1*)

(1) Prodi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung; Jalan Soekarno-Hatta - Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewan pembina belum seluruhnya merumuskan program pembinaan hingga ke indikator capaian ekstrakurikuler, pelaksanaan pertemuan pembinaan yang kurang maksimal, belum terjalinnya koordinasi antar pembina terkait agenda ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses-proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hasil pembinaan akhlak jariah peserta didik melalui ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan; pertama, perencanaan dilakukan pada rapat umum musyawarah awal tahun akademik meliputi perumusan agenda kegiatan, kompetensi capaian ekstrakurikuler, anggaran; kedua, pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai akhlak karimah melalui motivasi, memberikan contoh/keteladanan dalam bersikap dan sharing antar anggota; ketiga, evaluasi secara keseluruhan dilaksanakan pada rapat musyawarah akhir semester dengan seluruh sivitas akademik. Penilaian dilakukan melalui tingkah laku sehari-hari dan laporan dari orang tua wali; keempat, hasil dari pembinaan yaitu: persaingan yang sehat, menjaga nama baik lembaga, tepat waktu, taat kepada tuntunan Allah dan Rasul, bersemangat juang tinggi, pantang menyerah, toleransi, cermat, teliti, objektif, disiplin, tanggung jawab, kasih sayang, gotong royong, kesetia kawanan, saling menghormati, sopan santun, jujur dan adil.

Full Text:

PDF

References


Anton Athoillah (2013) Dasar-Dasar Manajemen. II. Edited by Beni Ahmad Saebani. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aulya, G. K., Supriadi, U. and Fakhruddin, A. (2017) ‘Sistem Pembinaan Akhlak Peserta Didik (Studi Deskriptif Sistem Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMAN 3 Bandung)’, TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 04(01), pp. 44–56. doi: 10.17509/t.v4i1.6991.

Auwzid Ilma Nafia, K. (2014) ‘Manajemen peserta didik di SMP baitussalam surabaya’, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), pp. 72–84.

Badrudin (2014) ‘Manajemen Peserta Didik’. Jakarta: PT. Indeks, pp. 1–355.

Basri, H. and Daulay, H. P. (2017) ‘Pembinaan Akhlak Dalam Menghadapi Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Bukhari Muslim Yayasan Taman Perguruan Islam (YTPI) Kecamatan Medan Baru Kota Medan’, EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 01(04), pp. 644–661. Available at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article /view/1511.

Dahliyana, A. (2017) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah’, Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(01), pp. 54–64. Available at: http://ejournal.upi.edu/index.php /SosioReligi/article/view/5628.

Dina Aldes Fatma (2015) ‘Persepsi Siswa Terhadap Pembinaan Kesiswaan DI SMAN Kecamatan Gunung Talang’, Jurnal Administrasi Pendidikan, Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 961–967.

Ely Kurniawati, E. R. (2014) ‘Manajemen Kesiswaan Di SMA Negeri Mojoagung Jombang’, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), pp. 207–213.

Hidayati, M., Tohiroh, L. and Istyarini, I. (2017) ‘Evaluasi Program Pendidikan Akhlak di Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu’, IJCETS-Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 05(01), pp. 10–21. doi: 10.15294/ijcets.v5i1.14245.

Ibrahim, R. (2010) ‘Manajemen Pendidikan Akhlakul Karimah ( Studi padaMadrasah Aliyah Tahfidzul Qur ’ an Pondok Pesantren ’ Isy Karima Kabupaten Karanganyar )’, Al-Qalam, XIII, pp. 24–46.

Lestari, P. (2016) ‘Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta’, Jurnal Penelitian, 10(01), pp. 71–96. doi: 10.21043/jupe.v10i1.1367.

Lexy J. Moleong (2004) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manan, S. (2017) ‘Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan’, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim. Bandung, 15(01), pp. 49–65. Available at: http://jurnal.upi.edu/taklim/view/4197/pembinaan -akhlak-mulia-melalui-keteladanan-dan-pembiasaan.html.

Milles, Matthew B & Huberman, M. A. (1992) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Monica Angeli, Supadi, S. (2014) ‘Pembinaan Kesiswaan Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di SMPN 264 Jakarta’, Jurnal improvement in Kesiswaan, 1(1), pp. 1–8.

Pelangi, H. (2017) ‘Nilai-Nilai Pembinaan Akhlak Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal’, Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 02(01), pp. 103–128. doi: 10.31604/muaddib.v2i1.158.

Risnawati (2009) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. I. Edited by I. Novian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sirait, I. (2017) ‘Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan’, EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 01(04), pp. 548–557. Available at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article /view/1080.

Suara Merdeka (2006) Manajemen Kesiswaan Potensi Siswa dan Sekolah Bisa Lebih Tergali.

Subni (2016) ‘Pembentukan akhlaqul karimah di madrasah aliyah sumber agung kemiling bandar lampung’, Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah, 1(2), pp. 25–33.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. 24th edn. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.