KEPEMIMPINAN KIYAI PONDOK PESANTREN


Imas Muslimah(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi bahwa pondok pesantren merupakan pendidikan tertua dan sampai saat ini memiliki kepercayaan yang tinggi dari masyarakat sekitar. Pesantren mulai membangun dirinya secara “kualitas (mutu)”, seperti halnya pada pola manajemen pondok pesantren tradisional yang perlu sentuhan dalam mengelolanya, supaya dalam proses pembelajaran bisa progres. Dengan adanya kemajuan dalam manajemen diharapkan pondok pesantren mampu mengahsilkan out put yang siap menghadapi tantangan zaman, namun dalam hal ini tak sedikit pondok pesantren yang masih menggunakan pola manjemen pondok pesantren tradisional. Pemegang kendali manajerial di pesantren adalah seorang kiyai, selain sebagai pendidikan atau pengajar. Posisi kepemimpinan kiyai di pesantren lebih menekankan pada aspek kepemilikan saham pesantren dan moralitas serta kedalaman ilmu agama, dan sering mengabaikan aspek manajerial. Kiyai atau pengasuh pondok pesantren merupakan elemen yang sangat esensial bagi suatu pesantren, oleh karenanya, sangat wajar jika pertumbuhannya, pesantren sangat bergantung pada peran seorang kiyai.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, dkk. (2004). Administrasi Pendidikan. Bandung: Insan mandiri.

Afifuddin. & Sutikno, Sobry. (2008). Pengelolaan Pendidikan.Bandung: Prospect.

Athoillah, Anton. (2010). Dasar-DasarManajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indek.

Burhanudin, dkk. (2003). Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Danim, Sudarwan. (2010). KepemimpinanPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi Pesantren; Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES. Anggota Ikapi.

Djamaluddin. & Ali, Abdullah. (1998). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: CV Pustaka Setia.

Haedari, Amin. (2005). Masa Depan Pesantren dalamTtantangan Modernitas dan

Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen; Dasar, Pengertian dan Masalah. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Noor, Mahpuddin. (2005). Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora.

Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusmini, Gaya Kepemimpinan Kiyai Lukman Al-Karim dalam Pengembangan Lembaga Pendidan Islam.

https://media.neliti.com/media/publications/58174-ID-gaya-kepemimpinan-kyai-lukman-al-karim-d.pdf

Saefullah, dkk. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Tim Dosen Adpen UPI. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

UU No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, PP No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan.

https://fauziannor.files.wordpress.com/2013/03/pola-baru-kepemimpinan-kyai-dalam-pengembangan-pendidikan-studi-kasus-pondok-pesantren-hidayatullah-surabaya.pdf




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v1i2.5180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.