IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR


Neng Gustini(1), Yolanda Mauly(2*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penjaminan mutu internal diterapkan dengan mengacu pada standar nasonal pendidikan, untuk mewijudkan tujuan pendidikan nasional. Mutu internal kini tidak hanya di terapkan di universitas saja, tetapi di terapkan juga di pendidikan dasar dan menengah. Sehingga penjaminan mutu dan pemenuhan standar mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah lebih terjamin dan terarah. Tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan penerapan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kegiatan perbaikan mutu yang diterapkan sesuai dengan tahapan siklus SPMI yang dilakukan di SMP Darul Falah Cihampelas meliputi: Satu, evaluasi diri sekolah yang berdasarkan pada rapot mutu pendidikan, Kedua, perencanaan perbaikan mutu dengan penetapan panitia penjaminan mutu dan menganalisi kermbali hasil evaluasi diri sekolah, Ketiga, pelaksanaan perbaikan mutu, keempat, monitoring evaluasi dan hasil peningkatan mutu setelah dilakukannya perbaikan mutu, dank elima perencanaan mutu kembali untuk tahun mendatang. Hasil dari penerapan penjaminan mutu internal berdampak pada proses pembelajra yang lebih inovatif, prestasi siswa dan pencapaian sekolah, hingga kepuasan pelanggan baik interal maupun eksternal, serta pemenuhan depalan standar nasional pendidikan.

Kata Kunci: Implementasi, Penjaminan Mutu, Mutu Internal


Full Text:

PDF

References


Asia. (2017). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Administrasi Publik, 13(1). Diambil dari jurnal-ap.org/index.php/jap/article/view/77/60

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Petunjuk Teknis Pengembangan Sekolah Model dan Pola Pengimbasan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gaspersz, V. (2005). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hardianto. (2016). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pada Lembaga Pendidikan Islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 165–182.

http://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/29/27

Hendrowati, T. Y. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Sekolah pada SMPN 25 Bandar Lampung. Jurnal E-DuMath, 2(3). Diambil dari https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/download/189/132

Jamaluddin, J., & Sopiah, S. (2018). Desain Sekolah Model: Studi Penjaminan Mutu Pendidikan. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 99. https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.47

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Puspitasari, H. (2018). Standar Proses Pembelajaran Sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 2(2), 339. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1115

Sani, R. A., Arifin, R. S., Rif’an, M., & Triatna, C. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang: Tiara Smart.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Uchtiawati, S., & Zawawi, I. (2014). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas berstandar Internasional. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 2–56.

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/viewFile/1735/1829

Umam, K. (2014). Manajemen Perkantoran. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.