MANAJEMEN PENGEMBANGAN DIRI MELALUI KEGIATAN ‎EKSTRAKURIKULER


Elisa Ratnasari(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Laboratorium merupakan tempat pengamanatan, percobaan, latihan dan pengujian konsep pengetahuan dan teknologi. Pengelolaan laboratorium sains meliputi perencanaan, pengorganisasian, regulating, pencatatan, pemeliharaan, dan pendanaan. Fungsi laboratorium sains untuk meningkatkatkan mutu pembelajaran siswa bergantung pada pandangan guru yang bersangkutan terhadap sains dan belajar (learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen laboratorium sains. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa tahapan dalam manajemen laboratorium sains untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Ma’arif Kabupaten Bandung. Pada tahap perencanaan meliputi penentuan dan pengadaan alat dan bahan, penggunanaan laboratorium sains, kemudian penyusunan program kerja dan yang terakhir yaitu penentuan sumber daya manusia yang terlibat di laboratorium sains. Tahapan pengorganisasian meliputi job description yaitu pembagian tugas yang jelas bagi para personil petugas di laboratorium, kemudian penjadwalan praktikum di laboratorium sains. Dan tata tertib agar proses kegiatan praktikum di laboratorium sains berjalan dengan efektif dan efisien. Tahapan pengadministrasian meliputi daftar hadir praktikum, buku inventaris, kartu peminjaman alat dan bahan, buku harian praktikum, kartu alat atau bahan yang rusak, dan buku rekap kegiatan praktikum bulanan. Tahapan pendanaan yaitu pembiayaan untuk seluruh kegiatan laboratorium sains bersumber dari anggaran Madrasah Aliyah Darul Ma’arif Kabupaten Bandung yang berupa biaya praktikum peserta didik per bulannya. Faktor pendukung manajemen laboratorium sains untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Darul Ma’arif Kabupaten Bandung diantaranya alat dan bahan yang sangat memadai dan menunjang untuk proses praktikum. Sedangkan faktor penghambat diantaranya zat banyak yang kadaluarsa, sehingga memperhambat dalam proses praktikum. Adapun solusi terhadap hambatan dalam manajemen laboratorium sains untuk meningkatkan mutu pembelajaran yaitu perlu adanya evaluasi setiap semester dalam pengelolaan laboratorium sains.


Full Text:

PDF

References


Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah (IPA, Bahasa, ‎Komputer dan Kimia). Diva Press.‎

Fattah, N. (2017). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosda Karya.‎

Hadis, A., & Nurhayati, N. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.‎

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan ‎Implementasi. Alfabeta.‎

Muljono, P. (2006). Standar Proses Pembelajaran. Buletin BNSP, 1(1).‎

Muna, I. A. (2016). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum IPA di Prodi ‎Pendidikan Guru MI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal ‎Penelitian Islam, 10(1), 109–131.‎

https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v10i1.810‎

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). ‎Ghalia Indonesia.‎

Permen PAN RB No 3 Tahun 2010 Tentang Jabatan Fungsional Pranata ‎Laboratorium Pendidikan dan Angka Kreditnya, 1999 Peraturan Nasional, ‎Menteri Pendidikan Negara, Kepala Badan Kepegawaian 02/V/PB/2010, ‎NOMOR 13 2 (2010).‎

Rifandi, A. (2013). Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Lulusan Diploma III ‎Politeknik. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 125–138. ‎https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266‎

Sallis, E. (2006). Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu ‎Pendidikan). IRCiSoD.‎

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, ‎‎(2003).‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.6023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.