MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN


Yaya Suryana(1*), Fadhila Maulida Ismi(2)

(1) ,  
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Mutu lulusan tidak akan memuaskan jika unsur dari komponen pendidikan dikelola tanpa ada perencanaan yang matang. Untuk mencapai mutu lulusan yang baik diperlukan adanya sebuah manajemen yang baik terutama dalam bidang kurikulum yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dengan menerapkan manajemen kurikulum tersebut lembaga pendidikan akan mampu menghasilkan lulusan yang bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum di SDIT ‘Alamy Subang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, meliputi menentukan tujuan, menentukan metode, menentukan materi, dan menentukan evaluasi. (2) Pengorganisasian, meliputi penyusunan kalender akademik, penyusunan jadwal pelajaran, pengaturan tugas dan kewajiban tenaga pendidik, dan program kegiatan sekolah. (3) Pelaksanaan, meliputi materi pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, dan sistem penilaian pembelajaran. (4) Evaluasi, meliputi evaluasi tujuan pendidikan, evaluasi isi atau materi, evaluasi starategi pembelajaran, evaluasi program penilaian.

Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Mutu Lulusan


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2007). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azhari, M. (2017). Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat). Jurnal ANALYTICA ISLAMIC, 6(2), 124–134.

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/1277/1040

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khoirudin, M. A. (2013). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 24(1), 56–77. https://doi.org/10.33367/tribakti.v24i1.126

Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 13–33. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2522/2369

Majir, A. (2017). Dasar Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Deepublish.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sofiani, D. (2018). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.

Tim Dosen Adpen UPI. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.