MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN ‎KOMPETENSI PROFESIONAL


Ima Muslimatul Amanah(1*), A. Heris Hermawan(2), Wahyu Hidayat(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses pembinaan akal manusia yang mana potensi utamanya adalah sebagai makhluk yang berpikir. Pendidikan di dalamnya terdapat suatu proses pembelajaran yang keberhasilannya tergantung kepada sumber daya yang dinamakan tenaga pendidik atau guru. Oleh karenanya dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya proses manajemen tenaga pendidik yang baik guna meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses manajemen tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara baku terbuka, dan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap mapping, rekrutmen, seleksi dan penempatan. Pengorganisasian tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan dengan cara memberikan tugas tambahan selain mengajar, adapun pendistribusiannya dilakukan oleh pihak yayasan. Penyusunan staf di SMP IT Imam Bukhari di sesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu pada standar pengelolaan sekolah. Penggerakkan tenaga pendidik di SMP IT Imam Bukhari dilakukan melalui beberapa program yaitu pembinaan spiritual, halaqah Qur’an, fiah qalilah, pelatihan, dan inovasi pembelajaran. Pengawasan yang dilakukan di SMP IT Imam Bukhari yaitu melalui pengecekan kehadiran oleh Kepala Sekolah baik kehadiran secara manual maupun finger print dan juga observasi lapangan pada proses belajar mengajar.


Full Text:

PDF

References


Athoillah, A. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Pustaka Setia.‎

Badrudin, B. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Alfabeta.‎

Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia.‎

Fathorrahman, F. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan ‎Kompetensi Sosial Dosen. Akademika: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan ‎Bisnis, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.51881/jam.v15i1.67‎

Fitriani, C., Murniati, A., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru ‎Dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. ‎Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–‎‎95. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8246‎

Hasibuan, M. S. P. (2013). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi ‎Aksara.‎

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, ‎Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar ‎Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem ‎Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, ‎‎2(1). https://doi.org/10.20961/iman.v2i1.19638‎

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan ‎Implementasi. Alfabeta.‎

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Stratifikasi Guru. PT Remaja ‎Rosdakarya.‎

Nurdin, D., & Bakar, A. (2011). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. PT ‎Sarana Panca Karya Nusa.‎

Rochman, C., & Gunawan, H. (2011). Pengembangan Kompetensi Kepribadian ‎Guru (Menjadi Pendidik yang Dicintai dan Diteladani Siswa). Nuansa ‎Cendekia.‎

Sagala, S. (2012). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta.‎

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.‎

Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam ‎Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani, 1(2), 9–‎‎19. https://doi.org/10.24114/jh.v1i2.1255‎

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap ‎Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah). as@-prima.‎

Wahyudi, I. (2012). Pengembangan Pendidikan (Strategi Inovatif dan Kreatif ‎Dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif). PT Prestasi.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.