MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD TUNAS UNGGUL MANDALAJATI KOTA BANDUNG

Ulpah Siti Aisah

Abstract


Pendidikan inklusif di sekolah regular menjadi suatu upaya untuk memberikan layanan bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk mengembangkan potensinya sebagaimana anak pada umumnya. Kehadiran peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah regular adalah suatu hal yang baru bagi sebagian tenaga pendidik umum. Layanan yang diberikan harus sesuai dengan jenis kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Seluruh aspek pendidikan seperti sarana prasarana, kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan harus dapat mendukung layanan bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan latar alamiah sekolah, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan layanan peserta didik berkebutuhan khusus, faktor pendukung dan penghambat layanan peserta didik berkebutuhan khusus dan hasil manajemen layanan peserta didik berkebutuhan khusus di SD Tunas Unggul Mandalajati Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif yakni metode penelitian yang mendeskripsikan data yang telah terkumpul melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi ke dalam kata-kata atau gambar. Hasil penelitian ini adalah SD Tunas Unggul Mandalajati Kota Bandung telah membentuk pusat layanan pendidikan khusus dan psikologi yaitu Learning Support and Development Center (LSDC) dan melaksanakan program layanan yang sesuai dengan jenis kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus dan standar pencapaiannya, membantu peserta didik berkebutuhan khusus mengembangkan diri sesuai dengan potensinya dan menciptakan suasana pendidikan yang ramah terhadap semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus.


Full Text:

PDF

References


Aniska, T. D. (2016). Layanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah ‎Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) Sekolah Dasar Wilayah ‎Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Hanata Widya, 5(5), 75–88.‎

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/2952‎

Erawati, D., Dian, A. K., & Nurwidiantoro, N. (2017). Manajemen Layanan ‎Peserta Didik Inklusif di Kota Palangkaraya. Jurnal Studi Agama Dan ‎Masyarakat, 13(2), 194–218.‎

https://doi.org/https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.590‎

Fattah, N. (2017). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosda Karya.‎

Hartati, S. (2017). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-‎Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia ‎Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 188–197.‎

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1074‎

Jahari, J., & Syarbini, A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan ‎Implementasi. Alfabeta.‎

Kustawan, D. (2013). Manajemen Pendidikan Inklusif. Luxima Metro Media.‎

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ‎di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ’Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, ‎‎5(2). http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/421‎

Mutiarani, H. P., & Nasionalita, K. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi ‎Persepsi Pendidik Terhadap Permendiknas No 70 Tahun 2009 Mengenai ‎Pendidikan Inklusif. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2). ‎https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.12088‎

Nani, E. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV. Amanah Offset.‎

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Rosda.‎

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, ‎‎(2003).‎

Witasoka, D. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif SMA Muhammadiyah di ‎Kota Yogyakarta. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 3(2), 163–192. ‎https://doi.org/10.14421/ijds.030202‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.6299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.