INTEGRASI MANAJEMEN KESISWAAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL DI PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN PURWOREJO


Adi Wibowo(1*)

(1) STAI An Nawawi Purworejo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap lembaga pendidikan memerlukan manajemen pendidikan didalam pengelolaannya, manajemen yang baik akan menjadikan lembaga pendidikan tersebut berhasil serta dapat menghasilkan mutu pendidikan yang memuaskan. Manajemen kesiswaan atau bisa disebut juga dengan pupil personal administration merupakan upaya pengelolaan atan mengatur peserta didik dimulai dari siswa masuk ke sekolah sampai siswa itu dinyatakan lulus, melihat sentralnya manajemen kesiswaan didalam lembaga pendidikan sekolah maka diperlukan integrasi dengan lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal.  Melihat dari fakta pondok An-Nawawi Berjan Purworejo yang berlatar belakang pondok pesantren salaf yang juga mengadakan pendidikan formal, pondok ini menggunakan manajemen kesiswaan yang diintegrasikan antara pendidikan formal dan non formal (pesantren). Maka artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi manajemen kesiswaan yang ada di pendidikan formal dan non formal pondok pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo.

Kata kunci: Integrasi, manajemen kesiswaan, pondok pesantren


Full Text:

PDF

References


Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 5(2), 243–262.

Dewi, C. T., Fitri, N. W., & Soviya, O. (2018). Neurosains dalam Pembelajaran Agama Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 259–280. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.2.259-280

Farida, A. (2014). Islamisasi Sains dan Saintifikasi Islam. Jurnal Multikultural & Multireligius, 13(1), 16.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursilah. (2015). Manajemen Kesiswaan dan Manajemen Keuangan di SMA. Manajer Pendidikan : Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 430–439.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1140/948

Rifai, N., Fauzan, F., & Bahrissalim, B. (2014). Integrasi Keilmuan Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN Se-Indonesia: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 13–34. https://doi.org/10.15408/tjems.v1i1.1108

Subaidi. (2019). Manajemen Biaya dan Sarana Prasarana Di SMAN 3 Pati dan MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Jurnal At-Tarbiyat : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.

http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/146

Yakin, N. (2017). Studi Kasus Pola Manajemen Pondok Pesantren Al-Raisiyah di Kota Mataram. Ulumuna, 18(1), 199–220. https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.159




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.