KEGIATAN MANAJERIAL DALAM PEMBUDAYAAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI TPA RA DARUSSALAM KROYA CILACAP


Novan Ardy Wiyani(1*)

(1) IAIN Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan manajerial dalam pembudayaan hidup bersih dan sehat di TPA RA Darussalam Kroya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Model Miles and Huberman. Hasil menunjukkan bahwa pembudayaan hidup bersih dan sehat dilakukan dengan berbagai kegiatan pembiasaan yang bersifat religius. Kegiatan manajerial di TPA pun lebih difokuskan untuk membudayakan hidup bersih dan sehat. Ini dilakukan agar berbagai kegiatan pembiasaan religius untuk membudayakan hidup bersih dan sehat dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Ada empat kegiatan manajerial yang dilakukan. Pertama, perencanaan kegiatan pembiasaan religius untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat. Kedua, pengorganisasian kegiatan pembiasaan religius untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat. Ketiga, pelaksanaan kegiatan pembiasaan religius untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat. Keempat, pengawasan kegiatan pembiasaan religius untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat. Empat kegiatan manajerial tersbeut dapat dilakukan dengan baik karena kepala TPA RA Darussalam Kroya mampu memimpin menggunakan gaya kepemimpinan demokratis.

Kata kunci: Bersih, Manajerial, Pembiasaan, Pembudayaan, Sehat


Full Text:

PDF

References


Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan ‎Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru Pendidikan ‎Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. ‎https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14‎

Ana, N., Ali, M., & Yuniarni, D. (2016). Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Anak ‎Usia Dini di PAUD Melati Jaya Jungkat Kecamatan Siantan. Jurnal ‎Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10). ‎http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17008‎

Erfantini, I. H., Mulyoto, G. P., & Fitriah, N. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik ‎Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini. ‎Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), ‎‎43–52. http://dx.doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8175‎

Farhani, D. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ‎KEGIATAN KOKURIKULER KEAGAMAAN. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(2), 209–220. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619‎

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian ‎Pendidikan Karakter Aanak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia ‎Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.17‎

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. ‎Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 53–63. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009‎

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik ‎Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ‎‎3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126‎

Margowati, S., & Astuti, F. P. (2017). Implementasi PHBS Pada Anak Usia Dini ‎Melalui Metode Seling. Journal of Holistic Nursing Science, 4(1), 1–6.‎

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.‎

Muhtifah, L., Hendry, E., Rahmatullah, M., & Suhardiman, S. (2019). Survei ‎Kepuasan Mahasiswa Dan Dosen Terhadap Kualitas Pelayanan ‎Pendidikan Dengan Pendekatan Servqual Di Ftik Iain Pontianak Tahun ‎‎2018. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 105–118. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5296‎

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional ‎Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool: Jurnal ‎Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. ‎http://dx.doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172‎

Mulyasa, E. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.‎

Munadi, M., & Rahayu, W. (2019). Inculcation Religiosity in Preschoolers Local ‎content curriculum. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 201–216. ‎https://doi.org/10.21009/JPUD.132.01‎

Nurhidayah, N. (2019). Penganggaran Keuangan Madrasah. Jurnal Isema : ‎Islamic Educational Management, 4(1), 133–146. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5646‎

Nurodin, A., & Minhajul K, I. (2019). Implikasi Peran Manajemen Pembiayaan ‎Madrasah Terhadap Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan MTs. As-‎Sawiyah Kabupaten Bandung. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 4(2), 267–276. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5566‎

Pamungkas, J., Syamsudin, A., & Harun, H. (2018). Gamelan Bocah (GACAH): ‎Penumbuhan Karakter Kebangsaan di TK Sari Asih Yogyakarta. AL-‎ATHFAL : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 199–210. ‎https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-07‎

Pangestuti, R., Kadiyono, A. L., Cahyadi, S., & Agustiani, H. (2019). A Modifying ‎the Instrument of Self-Regulation in Early Childhood Assessment. JPUD - ‎Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 114–127. ‎https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.09‎

Patras, Y. E., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Keadilan, dan ‎Kepercayaan pada Keterlibatan Kinerja Dosen. MANAGERIA: Jurnal ‎Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 85–101. ‎https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-06‎

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Fauziah, S. (2019). Media Compact Disk Interaktif ‎Berbudaya Sehat untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini. Jurnal ‎Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 377. ‎https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.149‎

Prayoga, A. (2019). Manajemen Program Pembinaan Akhlak Karimah Peserta ‎Didik Melalui Ekstrakulikuler. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5142‎

Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Instilling Clean and Healthy Life ‎Behavior in Paud Atmabrata, Cilincing, Jakarta. MITRA: Jurnal ‎Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 41–49. ‎https://doi.org/10.25170/mitra.v3i1.499‎

Saajidah, L. (2019). Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum. ‎Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 84–91. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5012‎

Santoso, S. T. P., & Sutama, I. W. (2019). Profil Kemampuan Asertif Pada Usia ‎Pra Sekolah. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia ‎Dini, 1(1), 29–42. http://dx.doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8173‎

Sesmiarni, Z. (2019). The Effective Moral Education on Early Childhood As an ‎Effort Against Immoral Culture. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak ‎Usia Dini, 3(2), 561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.191‎

Setyaningsih, K. (2019). Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam ‎Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan ‎Palembang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–‎‎18. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-01‎

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic ‎Educational Management, 4(1), 77–92. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645‎

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.‎

Sulastri, S., & Fahmi. (2019). Peningkatan Karakter Jujur Melalui Kegiatan Role ‎Play pada Anak di TK Aisyiah 4 Beringin Sakti Pagar Alam Selatan. AL-‎ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 5(1), 69–82. ‎https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-05‎

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Hilmy, M. F. (2019). Manajemen Sarana Dan ‎Prasarana Diniyah Takmiliyah. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 3(2), 23–41. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5007‎

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan ‎Karakter Disiplin Pesera Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal ‎Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 193–208. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526‎

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia ‎Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal ‎Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. ‎https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192‎

Wijaya, C. (2019). Supervisi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan ‎Kedisiplinan Kerja Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, ‎‎4(1), 65–76. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5294‎

Wulandari, H. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih ‎dan Sehat Pada Anak Usia Dini di TK ABA Tegalsari Yogyakarta. UIN ‎Sunan Kalijaga.‎

Yufiarti, Y., Edwita, & Suharti. (2019). Health Promotion Program (JUMSIH); To ‎Enhance Children’s Clean and Healthy Living Knowledge. JPUD - Jurnal ‎Pendidikan Usia Dini, 13(2), 341–355. ‎https://doi.org/10.21009/JPUD.132.10‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.8180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.