PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SULTAN AGUNG CIREBON


Asep Kurniawan(1*)

(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon Jawa Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Maju mundurnya suatu sekolah sangat berpengaruh pada kepala sekolah. Dia memiliki peran penting untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya khususnya yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik guru. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap secara mendalam peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah Menengah Kejuruan Sultan Agung Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif lapangan. Sumber data didapatkan dari Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru, para staf. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi mendalam non partisipasif, dan studi dokumentasi. Dalam melaksanakan analisis data digunakan sejumlah langkah, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepala sekolah berperan cukup baik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, yakni dengan memfasilitasi dan memotivasi guru-guru untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan tingkat kualifikasinya, dan keterampilan mengajar melalui pendelegasian guru-guru dalam berbagai program pelatihan, memberikan pengarahan melalui rapat-rapat, menertibkan administrasi mengajar, membangun iklim organisasi yang baik, melakukan musyawarah Guru Bidang Studi, dan melakukan monitoring.

Kata kunci: Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Guru


Full Text:

PDF

References


Adam, L., & Negara, S. D. (2015). Improving Human Capital through Better ‎Education to Support Indonesia’s Economic Development. Economics ‎and Finance in Indonesia, 61(2), 92. https://doi.org/10.7454/efi.v61i2.506‎

Aisyah, S., & Badrudin, B. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah ‎Efeketif Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.15575/isema.v1i1.4986‎

Arismunandar. (2018). Competency of Elementary Schools Principals in ‎Supporting the Standardization of Leadership in Education. Journal of ‎Physics: Conference Series, 1028, 012184. https://doi.org/10.1088/1742-‎‎6596/1028/1/012184‎

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.‎

De Smul, M., Heirweg, S., Devos, G., & Van Keer, H. (2019). School and ‎teacher determinants underlying teachers’ implementation of self-‎regulated learning in primary education. Research Papers in Education, ‎‎34(6), 701–724. https://doi.org/10.1080/02671522.2018.1536888‎

Emiliasari, R. N. (2018). An Analysis Of Teacher Pedagogical Competence In ‎Lesson Study Of MGMP SMP Majalengka. ELTIN JOURNAL, Journal of ‎English Language Teaching in Indonesia, 6(1), 22. ‎https://doi.org/10.22460/eltin.v6i1.p22-33‎

Engkoswara, & Komariah, A. (2010). Administrasi Pendidikan. Alfabeta.‎

Hamalik, O. (2006). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. ‎Bumi Aksara.‎

Haseena, & Mohammed, A. (2015). Aspects of Quality in Education for the ‎Improvement of Educational Scenario. Journal of Education and Practice, ‎‎6(4), 100–106.‎

Indrafachrudi, S. (1993). Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. ‎Ghalia Indonesia.‎

Komariah, A. (2012). Authentic Leadership Kepala Sekolah dalam Menanamkan ‎Sistem Nilai. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 194–200. ‎http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i2.3621‎

Kucharčíková, A., Mičiak, M., & Hitka, M. (2018). Evaluating the Effectiveness of ‎Investment in Human Capital in E-Business Enterprise in the Context of ‎Sustainability. Sustainability, 10(9), 3211. ‎https://doi.org/10.3390/su10093211‎

Kumar, P. (2018). Human Resoyrce Development Through Quality Education. ‎International Journal of Research in Economics And Social Science ‎‎(IJRESS), 8(2), 259–266.‎

Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. ‎‎(2013). Professional competence of teachers: Effects on instructional ‎quality and student development. Journal of Educational Psychology, ‎‎105(3), 805–820. https://doi.org/10.1037/a0032583‎

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.‎

Machali, I. (2018). Model Kepemimpinan Sekolah Kelas Menengah Muslim Di ‎Yogyakarta. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan ‎Keagamaan, 16(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.489‎

Menon, G. (2014). Maintaining Quality of Education in Management Institutes – ‎Reforms Required. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 122–‎‎129. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.176‎

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2005). UNDANG-‎UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG ‎GURU DAN DOSEN.‎

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2008). ‎PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 74 ‎TAHUN 2008 TENTANG GURU.‎

Mohammed, J., Bhatti, M. K., Jariko, G. A., & Zehri, A. W. (2013). Importance of ‎Human Resource Investment for Organizations and Economy: A Critical ‎Analysis. Journal of Managerial Sciences, 7(1), 127–133.‎

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. ‎Prenada Media Grup.‎

Nellitawati, N. (2018). Motivation and Innovation Role of School’s Principal in ‎Improving Teacher Professionalism. COUNS-EDU: The International ‎Journal of Counseling and Education, 3(2). ‎https://doi.org/10.23916/0020180313520‎

Ozturk, I. (2001). The Role Of Education In Economic Development: A ‎Theoretical Perspective. Journal of Rural Development and ‎Administration, 33(1), 39–47.‎

Patimah, S. (2015). Manajemen Kepemimpinan Islam Aplikasinya dalam ‎Organisasi Pendidikan. Alfabeta.‎

Saondi, O., Suherman, A., & Armasari, I. (2010). Etika Profesi Keguruan. Refika ‎Aditama.‎

Saryati. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi Paedagogik Guru Sekolah ‎Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 669–681. ‎https://doi.org/10.23036/bmp.v2i1.3812‎

Septiani, N. (2019). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal ‎Isema : Islamic Educational Management, 1(2), 18–27. ‎https://doi.org/10.15575/isema.v1i2.4989‎

Sulistiyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. ‎Teras.‎

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi dan ‎Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Yang Efektif. Rineka Cipta.‎

UNESCO (Ed.). (2015). Rethinking education: Towards a global common good? ‎UNESCO Publishing.‎

Vashisth, S. (2018). Role of Education in Nation Building. Journal Of Humanities ‎And Social Science (IOSR-JHSS), 23(7), 52–54.‎

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Grafindo Persada.‎

Widodo, B. S. (2016). The Factors Which Influence the Quality of Education in ‎Undeveloped Area (Multi-Cases Study in 10 Districts in Indonesia). ‎Prosiding ICTTE FKIP UNS, 1(1), 624–630.‎

Yukl, G. (2005). Kepemimpinan Dalam Organisasi. Prenhallindo.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.8323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.