IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DI MTS AL-MUHSIN II DALAM MENUMBUHKAN MINAT TILAWATIL QURAN


Fatah Saiful Anwar(1), Erni Munastiwi(2*)

(1) , Indonesia
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengajaran Al-Quran di sekolah sangat perlu dengan kegiatan atau program khusus agar dapat memenuhi tuntutan pendidikan Islam di madrasah formal. Penelitian ini berusaha untuk meneliti bagaimana implementasi program Tahfidz Al-Quran di madrasah formal dan imbasnya terhadap minat peserta didik dalam kegiatan Tilawatil Quran di sekolah, mengacu pada model-model pengajaran Al-Quran di sekolah meliputi metode, strategi, maupun penyampainnya. Jenis penelitian ini termasuk kualitatif dan sebagai model pengembangan konsep, teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan trianggulasi dan reduksi data, dan kesimpulan. Hasilnya menunjukan bahwa upaya implementasi program tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Al-Muhsin II akan memiliki daya tarik terhadap minat anak didik dalam Tilawah Al-Quran apabila dikemas dengan beberapa hal pendukung meliputi kompetensi guru yang baik, dukungan fisik maupun nonfisik, metode ajar yang menarik, elaborasi pengajaran yang baik, dan juga buku panduan tahfidz yang menjadi rujukan harus jelas. Dengan hal inilah akan dapat menarik minat anak didik dalam kegiatan Tilawatil Quran.


Full Text:

PDF

References


Che Noh, M. A., & Ahmad, R. (2009). Persepsi Pelajar Terhadap Amalan ‎Pengajaran Tilawah Al-Quran. Jurnal Pendidikan Malaysia, 34(1), 93–109. ‎https://ejournal.ukm.my/jpend/article/view/13434/4258‎

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan ‎Mixed. Pustaka Pelajar.‎

Hasyimi, M. A. (1994). Membentuk Kepribadian Muslimah Ideal Menurut ‎AlQuran dan Sunnah. Al-I’tishom.‎

Hikmawati, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Perpustakaan Efektif dalam ‎Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh ‎Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165–178. http://ejournal.uin-‎suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2347‎

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-‎Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema : Islamic Educational ‎Management, 5(1), 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546‎

Muhlisin, A. (2017). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis ‎Al-Quran di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. Al Murabbi, 2(2), ‎‎275–290. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/607‎

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.‎

Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro ’ ah Berbasis ‎An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al- Qur ’ an. ‎Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 131–146. ‎https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389‎

Putra, S. R. (2016). Metode Pengajaran Rasulullah SAW (Segudang Strategi ‎Belajar Mengajar Berdasar Sifat-Sifat Rasulullah). Diva Press.‎

Rohmatillah, S., & Shaleh, M. (2018). Manajemen Kurikulum Program Tahfidz ‎Al-Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Al-Azhar Mojosari ‎Situbondo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. ‎https://doi.org/10.35316/jpii.v3i1.91‎

Shihab, M. Q. (2006). Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam ‎Masyarakat. Mizan Media Utama.‎

Sitna, S., Abdurrahman, M., & Nufus, H. (2019). Motivasi Orang Tua ‎Menyekolahkan Anaknya di Pesantren Sebagai Sarana Pembinaan Akhlak ‎‎(Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Desa ‎Hitu Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah). Kuttab: Jurnal Ilmiah ‎Mahasiswa, 1(1), 1. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i1.880‎

Supriatna, D. (2018). Motivasi Orang Tua Memilih Pondok Pesantren untuk ‎Anaknya. Intizar, 24(1), 1–18. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i1.1951‎

Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan ‎Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in ‎Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, ‎‎4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.