STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL MADRASAH ALIYAH RIYADUS SHOLIHIN MUSIRAWAS

Irwan Fathurrochman, Endang Endang, Dian Bastian, Meri Ameliya, Ade Suryani

Abstract


Strategi pemasaran jasa pendidikan madrasah di lembaga pendidikan Islam kini memiliki banyak tantangan. Pemasaran jasa pendidikan merupakan strategi peningkatan nilai jual madrasah yang merupakan elemen penting bagi kualitas serta kemajuan taraf pendidikan lembaga pendidikan Islam. Artikel ilmiah ini secara khusus membahas bagaimana strategi madrasah dalam meningkatkan nilai jual madrasah, serta bagaimana penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan nilai jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin. Secara kritis penulis melakukan bagaimana maraknya pemasaran jasa pendidikan beranjak dari konsep awal madrasah sebagai lembaga penyedia layanan pendidikan Islam dan bukan sebagai lahan bisnis dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai penyedia layanan pendidikan perlu belajar dan memiliki gairah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena pendidikan adalah proses belajar mengajar yang terus berkelanjutan. Pemasaran jasa pendidikan di madrasah tidak berarti komersialisasi, tetapi mengutamakan pendidikan yang berkualitas, dan memberikan layanan yang sangat baik kepada para pemangku kepentingan. Kepuasan kepada masyarakat yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan titik penjualan madrasah.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2005). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Alfabeta.‎

Amstrong, M. (2003). Strategic Human Resource Management. Terjemahan Atit ‎Cahayani. PT Bhuana Ilmu Populer.‎

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga ‎Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159–170. ‎https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.159-170‎

Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah Pertama. DIVA ‎Press.‎

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai ‎Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283. ‎https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/15/1‎

Fattah, N. (2017). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosda Karya.‎

Giligan, C., & Wilson, R. M. S. (2009). Strategic Marketing Planning. Elseiver.‎

Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Syari’ah dalam Praktik. ‎Gema Insani Press.‎

Hooley, G., Piercy, N. F., Nicouloud, B., & Rudd, J. M. (2008). Marketing ‎Strategy and Competitive Positioning. Prentice Hall.‎

Hurriyati, R. (2010). Bauran Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.‎

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi ‎Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. ‎https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4‎

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi ‎dan Kontrol,. Prehallindo.‎

Kotler, P. (2000). Marketing Management (The Millennium Edition). Prentice ‎Hall.‎

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2012). Marketing Management. Pearson Pretice Hall.‎

Minarti, S. (2012). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara ‎Mandiri). Ar-Ruuz Media.‎

Muhaimim, M., Suti’ah, S., & Prabowo, S. L. (2011). Manajemen Pendidikan ‎‎(Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan ‎Sekolah/Madrasah). Kencana Premada Media Grup.‎

Mundir, A. (2015). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. MALIA: ‎Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 27–40. https://doi.org/10.35891/ml.v7i1.369‎

Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. ‎Alfabeta.‎

Sudiarta, I. N. (2011). Strategi Pemasaran: Mengintegrasikan Konsep ‎Pemasaran Pariwisata, Gaya Hidup Konsumen dan Manajemen Destinasi ‎Pariwisata Menuju Kualitas Pengalaman Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah ‎Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 1–16. ‎http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/7209/‎

Suprapti, N. W. S. (2010). Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan ‎Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Universitas Udayana.‎

Swastha, B., & Irawan, I. (2008). Menejemen Pemasaran Modern. Liberty.‎

Tedjasatesan. (2001). Strategi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. ‎Alfabeta.‎

Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. PT Raja Grafindo Persada.‎

Winardi, J. (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. PT Raja ‎Grafindo Persada.‎

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2013). Services Marketing: ‎Integrating Customer Focus Across The Firm. Mc.Graw-Hill.‎




DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Jurnal Isema : Islamic Educational Management is Indexed By :

  

Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294.  

email: isema@uinsgd.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.