TINJAUAN KOGNISI SOSIAL TERHADAP SOSIAL BUDAYA


Tenny Sudjatnika(1*)

(1) Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunun Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil prilaku manusia sering dipengaruhi oleh orang lain dan kondisi stimulus dengan mekanisme dari proses pembiasaan merespon dan peniruan model. Teori ini arahnya pada peran sosial model manusia pada motivasi, pikiran dan tindakan berdasarkan pembelajaran observasional sebagai hasil determinasi resiprokal antara kognitif, prilaku dan lingkungan. Prosedur belajar sosial diatas sama halnya dengan prosedur belajar dalam presfektif Studi Islam. Hanya saja dalam presfektif Islam, dipengaruhi oleh bawaan (fitrah) yang dilakukan melalui belajar keteladanan Islami, belajar nilai (keyakinan, kebajikan, kebenaran dan kesabaran), belajar pola asuh (koersif, permisif dan dialogis melalui bahasa petunjuk, bahasa keterampilan, bahasa ilmiah dan bahasa lifeskills), belajar nalar dan belajar naturalis. Segala sesuatu yang diindrakannya akan mempengaruhi pembentukan mental. Sementara itu di masyarakat religius Islam, religi berfungsi sebagai etos dan motivasi, sebab di dalamnya mempengaruhi potensi fitrah yang dipertimbangkan secara kognisi berdasarkan pertimbangan daya akal, daya kalbu dan daya nafsu sehingga menghasilkan asy-syakhshiyat (kepribadian) yang terkategori pada kepribadian yang mendapat hidayah dan kepribadian yang tidak mendapat hidayah. Islam dengan landasan ajaran spiritual, etika dan moral yang khas atas kewahyuan dan suri tauladan yang sami’na wa atha’na harus menjadi penyeimbang, penserasi, penyelaras antara dunia dan akhirat dan menjadi inspirasi dan stimulus  nilai-nilia moral yang berperadaban. Oleh karena itu, umat Islam dengan penuh kejujuran harus mampu bekerja keras meningkatkan civilitasi ilmu pengetahuan yang bermutu pendidikan, penguasaan teknologi yang aksiologis berfondasi kepribadian yang mantap, cerdas, berkualitas berdasarkan Islam. Ekspresinya ijtihad menjadi dinamika peradaban Islam yang penting dalam memecahkan persoalan sosial budaya masa kini dan ke depan.


Keywords


Kognisi sosial, sosial budaya, kepribadian, ijtihad

Full Text:

PDF

References


Albert Bandura, (1969), The Role of Modeling Processes In Personality Development, (Ed) Donna M. Gelfand in Social Learning in Childhood, California: A Division of Wadsworth Publishing Company, Inc.

-------------------, (1977), Social Learning Theory, Engliwood Cliffs, NJ: Pretice Hall.

------------------, (1986), Social foundations of thought and action: A social cognitive theory, Perntice Hall: Engliwood Cliffs.

------------------, (1999), Social Cognitive Theory:A Agentic Persfektive, Asian Journal of Social Psychology, USA:Stanford Universiity.

------------------, (1996), Social Learning Theory, New Jersey: Prentice-Hall, INC, Engliwood Cliffs.

------------------, (1980), Social Cognitif Theory, In R. Vasta (Ed), Annals of child development. Vol. 6. Six theories of child development (pp. 1-60) (Greenwich: CT: JAI Press.

------------------, Locke, E.A, (t.t), Negative self-efficacy and goal effects revisited, Journal of Applied Sychology.

Ali Syaria’ati, (1982), Sosiologi Islam, Yogyakarta: Ananda..

Al Ghazali, (t.t), Ihya’ ‘Ulum Ad-Din, Jilid III, Mesir: Dar Al-Ihya wa Al Kutub Al-Arabiyah.

Asy-syati, (1966), Al Maqal fi al-Insan: Dirasah Qur’aniyah, Mesir: Dar al-Ma’arif.

Abu Ahmadi, (2007), Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Ahmad Hidayat, (2003), Perubahan Sosial dalam Al-Qur’an, Dialektika Budaya Vol. XI No.1/2003, Bandung: Fak. Adab IAIN SGD.

-----------------, (2006), Filsafat Bahasa: Mengungkap Halikat Bahasa, Makna dan Tanda, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Mujib, (1999), Fitrah & Kepribadian Islam Sebuah Pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Falah.

Abdul Mujid, Jusuf Mudzakkir, (2008), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

-----------------, (2001), Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja Prasindo Persada.

Ayams al-Din ibn ‘Abd Allah Ibn Qayyim al-Jauziyyah, (1992), al-Ruh, Beirut: Dar al-Fikr.

Abu Hamid Muhammad al-Ghazaliy, (t.t), Maqashid al-Falasifat, editor Sulaaiman Dunya, Mesir: Dar al-Ma’arif.

Ahmad Tafsir, (2006), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-----------------, (2008), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmas Supardi, (1996), Pendidikan Agama: Mengatasi Transisi Budaya. Mimbar Studi no. 76/xvii/januari/1996, Bandung: IAIN SGD.

B.R. Hergenhahn & Matthew H. Olson, (2008), Theories of Learning, alih bahasa oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Prenada Media Group Kencana.

Badruddin Muhammad, (2010), Manusia dalam Perspektif Al Qur’an, tersedia: badruddinmuhammad. Blogspo .com/.../manusia- dalam-prespektif-al-quran.html –

C.P Caplin, (1989), Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Rajawali.

C. George Boeree, (17 April 2010) tersedia:http://webspace.ship.edu/cgboer/bandura.

htmlAlbert Bandura.

Gerungan, WA, (2004), Psycologi Sosial, Jakarta: Felika Aditama.

-----------------, Psikologi Sosial (2004), Bandung: Refika Aditama.

Goegle. Httpw///Strickland. 2001

------------------, (2009), Tersedia: http://fisikaumm.blogspot.com/2009/01/teori-belajar menurut-islam.html

Gibson, Ivancevich, Donnelly, (1996), Organisasi, alih bahasa Nunuk Adiarni, Jakarta: Binarupa Aksara.

Harun Nasution (1986), Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI Press.

Ibin Kutibin Tadjudin, (2007), Psikoterapi Holistik Islami, Bandung: Kutibin.

John W. Santrock, Educational Psychology, alih bahasa Tri Wibowo B.S edisi 2, cet. 2 (Jakarta; Prenada Media Group),.

Jalaluddin Al-Mahalli, JalaluddinAs-Syuyuthi, (1997), Tafsir Jalalain Berikut Asbaabun Nuzuul Ayat, Jilid I-IV, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Jalaludin, (2009), Psikologi Agama, edisi revisi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Juhaya S. Praja, (1990), Ulumul Qur’an, no. XII, II/1990, Bandung: UIN SGD.

Jurnal Mimbar Studi No. 3 Tahun XXII, Mei-Agustus 1999, Bandung: Mimbar Studi.

Muhibin Syah, (1995), Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-----------------, (2010), Edisi Revisi 9, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

----------------, (2010), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhaimin & Abd. Mujib, (1993), Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya.

Muhaimin, (2002), Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudlor Ahmad, (t.t), Manusia dan Kebenaran, Surabaya: Usaha Nasional.

----------------, (1997) Pengantar Ilmu Jiwa Umum, Yogyakarta: Andi.

Muhammad Utsman Najati,(2005), Psikologi dalam Al Qur’an, alih bahasa M. Zaka Alfarisi, Bandung: Pustaka Setia,.

Ma’an Zidayat, dkk, (1986), al-Mausu’ al-Falsafiyah al-‘Arabiyat, Arab: Inma’ al-‘Arabiy.

Muhammad Nasib ar-Rifa’i, (2004), Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, jilid 3, penerjemah Syihabudin, Jakarta: Gema Insani.

Mujid, Jusuf Mudzakkir, (2008), Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media Group.

Musa Asy’ari, (1992), Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an, cet I Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.

Nur Ahid, (2010), Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurwadjah Ahmad, (2007), Tafsir Ayat-ayat Pendidikan: Hati yang selamat hingga kisah Luqman, Bandung: Marja.

Robert E. Slavin, (1986), Educational Psychology Theory into Practice, New Jersey: Prentice Hall, Engliwood Cliffs.

Robert A Baron, Donn Byrne, (2004), Psikologi Sosial, Jilid I edisi 10, alih bahasa Ratna Djuwita, Jakarta: Erlangga.

Ramdhan Muhammad Qadzafi, (1990), Ilmu An Nafsi Al Islami, Jamahiri: Shihifata Ad Da’awati Al Islamiyah.

Rachmat Djatnika, (1996), Norma-norma Agama dalam Realitas Sosial di Indonesia, Mimbar Studi no. 76/xvii/januari/1996, Bandung: IAIN SGD.

Rafy Sapuri,(2009), Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern, Jakarta: Rajawali Pers.

Rizza Aria Ferdian, (t.t), tersedia: http://rizza-af-guruindo.blogspot.com/2010/07/ mengembangkan-keterampilan-sosial-pada.html. (Senin, 12 Juli 2010)

Sofyan Anwar Mufid, (2010), Islam & Ekologi Manusia: Paradigma Baru, Komitmen dan Integritas Manusia dalam Ekosistemnya, Refleksi Jawaban atas Syahminan Zaini, Muhaimin, (1991), Belajar sebagai Sarana Pengembangan Fitrah Manusia, Jilid 1, Jakarta: Kalam Mulia.

Wikipedia, (t.t), tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Albert_Bandura.

----------------, (t.t), tersedia: http//www.emory.edu/EDUCATION/mfp/bandurabio .html [17April 2010]

----------------, (t.t), Pendidikan dan Basis Akademik, Tersedia:




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v13i01.1839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats