AL-PALIMBANI DAN KONSEP JIHAD


Asep Saefullah(1*), Agus Permana(2)

(1) Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat Kementeria Agama Republik Indonesia, Indonesia
(2) Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian atas pemikiran Syekh Abd Al-Samad Al-Palimbani Tentang Jihad sebagimana tertuang dalam Naskah Nasīhah Al-Muslimīn Wa Tazkirah Al-Mu’Minīn. Ada tiga naskah yang ditemukan berkaitan dengan naskan ini, yaitu di Perpustakaan Nasional dua naskah (A 209 dan W 51) dan di Perpustakaan Umariyah, Palembang satu naskah. Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep jihad menurut Al-Palimbani tentang keutamaan dan kemuliaan mujahidin dan memosisikan naskah karya Al-Palimbani dalam konteks sosial politik di Nusantara pada abad ke-18, baik pada wacana keagamaan Nusantara masa itu maupun dalam konteks kolonialisme Barat, dan relevansinya dengan masa kini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan interdisipliner terutama pendekatan filologis dan kajian teks. Penelitian ini menemukan bahwa Naskah Nasīhah Al-Muslimīn Wa Tazkirah Al-Mu’Minī relatif masih dapat dibaca, dan dari tiga naskah tersebut tidak ada perbedaan, baik dari segi isi maupun sistematika pembahasannya. Naskah ini terdiri atas tujuh pasal dan bagian penutup. Mengenai konsep jihad, al-Palimbani tidak memberikan definisi yang jelas sebab beliau hanya mengutipkan ayat-ayat, hadis dan pendapat ulama seputar, misalnya, perintah jihad, keutamaannya, keutamaan mujahidin, dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam jihad. Naskah ini tampaknya sengaja ditulis dalam bahasa Arab, berbeda dengan karya-karyanya yang lain seperti Sair al-Salikin yang ditulis dalam bahasa Melayu. Pemilihan bahasa Arab menjadikan naskah ini tidak saja dapat diakses oleh masyarakat Nusantara tetapi juga oleh wilayah Dunia Islam yang lain, khususnya Timur Tengah. Dalam konteks kolonialisme, naskah ini sangat menggugah semangat jihad atau perjuangan melawan penjajah, khususnya Belanda.

Kata Kunci: Jihad, pemikiran, naskah, sejarah


Keywords


Jihad, pemikiran, naskah, sejarah, al-Palimbani

Full Text:

PDF

References


Abdullah, W. M., & Shaghir. (2007). Syeikh Abdus Shamad Al-Falimbani Ulama Sufi Penegak Jihad”, dan “Sheikh Abdus Shamad Al-Falimbani Wafat sebagai Syuhada. Retrieved from: http://ulama-nusantara-baru.blogspot.com/2007/12/syeikh¬abdus-shamad-al-falimbani-ulama.html, 13 December.

Al-Palimbani, Abd al-Samad al-Jawi. (1186). Nasīhah al-Muslimīn wa tazkirah al-mu ’minīn, A 209. Jakarta, Indonesia: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Al-Palimbani, Abd al-Samad al-Jawi. t.t. Nasīhah al-Muslimīn wa Tazkirah al-Mu ’minīn, W 51. Jakarta, Indonesia: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Al-Palimbani, Abd al-Samad al-Jawi. (1186). Nasīhah al-Muslimīn wa Tazkirah al-Mu ’minīn, Palembang, Indonesia: Perpustakaan Umariyah.

Asrina. (2007). Abdush Shamad al-Palimbani Sufi Pejuang, Pemikir dan Pembaru Tarekat Yang Terlupakan. Retrieved form: http://forum3.cari.com.my/viewthread.php?tid=273717&extra=page%3D6. 9 April.

Azra, A. (2006). Islam in the Indonesian World, an account of institutional formation. Bandung, Indonesia: Mizan.

Azra, A. (2007). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad ke-17 dan XVIII. (3rd ed.) Bandung, Indonesia: Mizan.

Azra, A. (2008). Nasionalisme, etnisitas, dan agama di Indonesia : tantangan globalisasi. Jurnal Negarawan. Retrieved from: www.setneg.go.id.

Baried, St B. (1994). Pengantar teori filologi. Yogyakarta, Indonesia: BPPF Seksi Filologi Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.

Behrend, T.E. (1998). Katalog induk naskah-naskah nusantara jilid 4 perpustakaan nasional republik indonesia. Jakarta, Indonesia: Yayasan Obor Indonesia dan Ecole Francaise D’Extreme-Orient.

Djamaris, E. (2000). Metode penelitian filologi. Jakarta: pusat pembinaan dan pengembangan bahasa. Ekadjati, Suhardi E, editor. Direktori Naskah-Naskah Nusantara. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. al-Halwaji, Abd al-Sattar. 1423 H/2002 M. Al-Makh¯µ¯ al- ‘Arab3. Kairo: al-Dar al-Misriyyah al-Bananiyyah. Heer, Nicholas. 200A. Concise Handlist of Jawi Author and Their Works. Versi 1.8. Washington. retrieved from: http://faculty.washington.edu/heer/handlist.pdf.

Fathurrahman, O. (2007). Penulis dan penerjemah ulama palembang: menghubungkan dua dunia. Retrieved from: http://naskahkuno.blogspot.com/2007/02/penulis-dan-penerjemah-ulama-palembang.html.

Ikram, A. (1997). Filologia nusasntara. Jakarta, Indonesia: Pustaka Jaya.

Kartodirdjo, S. (1982). Metode Ilmiah Sejarah dan Penelitian Sejarah. In: Suparlan, Parsudi, editor. Pengetahuan Budaya, Ilmu-Ilmu Sosial dan Pengkajian Masalah-Masalah Agama. Jakarta, Indonesia: Badan Litbang Agama.

Mansurnoor, I. A. (2005). Muslims in modern Southeast Asia: radicalism in historical perspectives. Taiwan Journal of Southeast Asian Studies, 2(2), 3–54.

Sariyanti. (2008). Naskah al-Muslimin wa Taskirah al-Mu’minin Ta’lf al-Syaikh ‘Abd al-camad al-palimbani (1112–1203 H), Takqiquha wa Takhraju A¥±di£ih± al-Nabawiyyah f3h± (thesis). Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia.

Suparlan, P. (1982). Kebudayaan, masyarakat, dan agama: agama sebagai sasaran penelitian antropologi”. In: Suparlan P., editor. Pengetahuan budaya, ilmu-ilmu sosial dan pengkajian masalah-masalah agama. Jakarta, Indonesia: Badan Litbang Agama, Departemen Agama RI.

Sucipto, H. (2003). Syeikh Abdus Shamad Al-Palimbani Mengendalikan Perjuangan Dari Mekkah. Retrieved from: http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=132564&kat_id=105&kat_id1=147& kat_id2= 185. Jumat, 18 Juli. “Various views regarding the meaning of the term ‘jihad’”. dalam http://www.apologeticsindex. org/j16.html.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i2.5827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Tsaqafa has been indexed by :

                                

                                                                                       

..........................................................................................................................................................................................................................................

Alamat Redaksi:
Lt. 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung 40614
Telp. (022) 7810790 Fax. (022) 7803936

 

Free Hit Counters  

 

 

Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

free hit counter View My Stats