Pengaruh Latihan Mindfulness Terhadap Tingkat Perhatian Mahasiswa

Penulis

  • Chayrunnisya Salsabila Putri Jayanti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Naura Nada Makky UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Rabitha Anasya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Shafira Ramadhani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Hanif Farhan Fadhlurrahman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Fahrian Al Fikri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Sahna Ainaya Faliha UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Valendra Granitha Shandika Puri Scopus ID: 58259516000, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.49142

Kata Kunci:

Akurasi, Mindfulness, Pernafasan sadar, Perhatian, Waktu reaksi

Abstrak

Perhatian merupakan fungsi kognitif penting dalam proses pembelajaran, tetapi sering terganggu oleh beban kognitif dan distraksi lingkungan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas latihan mindfulness singkat berupa pernapasan sadar dalam meningkatkan perhatian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuantitatif pre-test–post-test dengan kelompok kontrol yang melibatkan 30 mahasiswa semester awal yang dibagi secara acak ke dalam kelompok eksperimen (latihan pernapasan sadar 10 menit) dan kelompok kontrol (membaca teks netral). Indikator perhatian diukur melalui Stroop test yang mencakup waktu reaksi dan akurasi. Analisis menggunakan Mixed ANOVA yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara pre-test dan post-test pada waktu reaksi (p = .012; η² = .203) dan akurasi (p = .004; η² = .257), meskipun tidak ditemukan interaksi signifikan antara waktu dan kelompok. Hasil ini mengindikasikan bahwa latihan mindfulness singkat berpotensi meningkatkan perhatian mahasiswa, meskipun tidak secara eksklusif membedakan kinerja antar kelompok.Perhatian merupakan fungsi kognitif penting dalam proses pembelajaran, tetapi sering terganggu oleh beban kognitif dan distraksi lingkungan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas latihan mindfulness singkat berupa pernapasan sadar dalam meningkatkan perhatian mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuantitatif pre-test–post-test dengan kelompok kontrol yang melibatkan 30 mahasiswa semester awal yang dibagi secara acak ke dalam kelompok eksperimen (latihan pernapasan sadar 10 menit) dan kelompok kontrol (membaca teks netral). Indikator perhatian diukur melalui Stroop test yang mencakup waktu reaksi dan akurasi. Analisis menggunakan Mixed ANOVA yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara pre-test dan post-test pada waktu reaksi (p = .012; η² = .203) dan akurasi (p = .004; η² = .257), meskipun tidak ditemukan interaksi signifikan antara waktu dan kelompok. Hasil ini mengindikasikan bahwa latihan mindfulness singkat berpotensi meningkatkan perhatian mahasiswa, meskipun tidak secara eksklusif membedakan kinerja antar kelompok.

Referensi

Bueno, V. F., Garcia, R. F., & Cadore, E. L. (2015). Cognitive performance and attention in young adults: Effects of acute and long-term physical activity. Psychology & Neuroscience, 8(3), 290–297. https://doi.org/10.1037/h0101068

Hölzel, B. K., Carmody, J., Vangel, M., Congleton, C., Yerramsetti, S. M., Gard, T., & Lazar, S. W. (2011). Mindfulness practice leads to increases in regional brain gray matter density. Psychiatry Research: Neuroimaging, 191(1), 36–43. https://doi.org/10.1016/j.pscychresns.2010.08.006

Heitz, R. P. (2014). The speed-accuracy tradeoff: history, physiology, methodology, and behavior. Frontiers in Neuroscience, 8, 150. https://doi.org/10.3389/fnins.2014.00150

Jain, M., & Markan, C. M. (2022). Effect of Brief Meditation Intervention on Attention: An ERP Investigation. National System Conference.

https://doi.org/10.48550/arXiv.2209.12625

Jha, A. P., Krompinger, J., & Baime, M. J. (2007). Mindfulness training modifies subsystems of attention. Cognitive, Affective, & Behavioral Neuroscience, 7(2), 109–119. https://doi.org/10.3758/CABN.7.2.109

Kabat-Zinn, J. (1990). Full Catastrophe Living: Using the Wisdom of Your Body and Mind to Face Stress, Pain, and Illness. New York: Delacorte.

Kaplan, R. (1995). The restorative benefits of nature: Toward an integrative framework. Journal of Environmental Psychology, 15(3), 169–182. https://doi.org/10.1016/0272-4944(95)90001-2

Khoury, B., Sharma, M., Rush, S. E., & Fournier, C. (2015). Mindfulness-based stress reduction for healthy individuals: A meta-analysis. Journal of Psychosomatic Research, 78(6), 519–528. https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2015.03.009

Mitchell, J. T., Zylowska, L., & Kollins, S. H. (2015). Mindfulness meditation training for attention-deficit/hyperactivity disorder in adulthood: Current empirical support, treatment overview, and future directions. CNS Spectrums, 20(1), 22–33. https://doi.org/10.1017/S1092852913000645

Semple, R. J. (2010). Does mindfulness meditation enhance attention? A randomized controlled trial. Mindfulness, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.1007/s12671-010-0017-2

Sumantry, D., & Stewart, K. E. (2021). Meditation, mindfulness, and attention: A meta-analysis. Mindfulness, 12(6), 1332-1349.

https://doi.org/10.1007/s12671-021-01593-w

Tang, Y. Y., & Posner, M. I. (2009). Attention training and attention state training. Trends in Cognitive Sciences, 13(5), 222–227. https://doi.org/10.1016/j.tics.2009.01.009

Zeidan, F., Johnson, S. K., Diamond, B. J., David, Z., & Goolkasian, P. (2010). Mindfulness meditation improves cognition: Evidence of brief mental training. Consciousness and Cognition, 19(2), 597–605. https://doi.org/10.1016/j.concog.2010.03.014

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Jayanti, C. S. P., Makky, N. N., Anasya, R., Ramadhani, S., Fadhlurrahman, H. F., Al Fikri, F., … Puri, V. G. S. (2025). Pengaruh Latihan Mindfulness Terhadap Tingkat Perhatian Mahasiswa. Journal of Psychology Students, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.49142

Citation Check