PENGARUH STRES KERJA, KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. EINS TREND FACTORY 2


Nur Khalimah(1*), Dedeng Abdul Gani Amruloh(2)

(1) STIE DR. KHEZ. Muttaqien, Indonesia
(2) STIE DR. KHEZ. Muttaqien, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja, karakteristik individu dan komitmen normatif terhadap kinerja karyawan pada PT. Eins Trend Factory 2 . Pada data yang dimiliki PT. Eins Trend Factory 2 terdapat informasi pencapaian kinerja yang kurang optimal, hal ini terlihat dari produksi yang tidak mencapai target produksi dan mengalami penurunan pencapaian target produksi setiap tahunnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan pendekatan verifikatif dengan pengumpulan data melalui survei. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Eins Trend Factory 2 sebanyak 83 responden, dengan nonprobability sampling dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, variable karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, sementara komitmen normatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, serta Stres kerja, karakteristik individu dan komitmen normatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

 


Keywords


Work Stress, Individual Characteristics, Normative Commitment, Employee Performance.

Full Text:

PDF

References


Amruloh, D. A. G. (2019). Kajian Filosofis Karakteristik Wirausaha Urang Sunda. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 119-130.

Hasibuan Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert L. Dan John H. Jackson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Sahid Raharjo. (2018, Februari). www.spssindonesia.com. Retrieved from https://www.spssindonesia.com/2018/02/cara-menghitung-se-sr-regresi-berganda.html

Stephen, Robbins. (2015). Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Subiyantoro Arief . (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta, CV.

Thoha, M. (2012). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Umam, Khaerul. (2012). Perilaku Organisasi. Cetakan Kedua. Bandung : Pustaka Setia.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wiyono, Gendro. (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 Dan Smartpls 2.0. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Zainal, V., R Hadad, M. D., & Ramly, M. (2017). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Cupian, C., Zaky, M., Nurjaman, K., & Kurnia, E. (2020). Analisis Pelaksanaan Rekruitmen, Seleksi Dan Penempatan Berdasarkan Perspektif Islamic Human Capital. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 50-63.

Ahmaddien, I., & Sa'dia, N. H. (2020). Pengaruh Kebijakan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Perempuan Di Indonesia. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 22-32.

Ramadhiansah, I., Agustin, I. C., Fauzi, H., Majid, H. A., Nurzaini, H., & Suhaemi, B. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Bank BRI Kantor Cabang Cianjur). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(3), 44-55.

Mulyadi, D. (2020). The Influence of the Role of Leadership and Compensation on Employee Performance of PT Taiho Nusantara. International Journal of Science and Society, 2(4), 480-491.

Tj, H. W. (2020). The Impact of Organizational Culture on Public Service Employee Success in Bandung City. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 3(1), 48-54.

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 1061-1099.

Melati, M., & Nurwulandari, A. (2019). Analisis Reaksi Pasar terhadap Stock Split pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i1.12477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats