PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KIMIA FARMA TBK JAKARTA


Tsaniya Putri Fajar(1*), Bachruddin Saleh Luturlean(2)

(1) Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
(2) Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era perkembangan teknologi dan masa pandemi COVID-19 seperti ini. Perusahaan memiliki tantangan dalam menghadapi kompetensi bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dikarenakan keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi dengan adanya kinerja yang dicapai oleh karyawan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh work life balance dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan pada PT. Kimia Farma Tbk Jakarta.bstrak berisi gambaran secara umum mengenai latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan utama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling. Jenis simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 72 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work life balance, lingkungan kerja non fisik, dan kinerja karyawan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil teknik analisis regresi linier berganda, work life balance dan lingkungan kerja non fisik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Kimia Farma Tbk Jakarta. Secara parsial, work life balance dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Work Life Balance, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Anwar, P., & Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Busro, M. (2020). Teori- Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Daryanto, & Suwardi. (2018). Pedoman Praktis K3LH: Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media.

Kakul, A., Azmi, F., & Irfan, A. (2017). Work Life Balance and Job Satisfaction: An Empirical Study Focusing on Higher Education Teachers in Oman. International Journal of Social Science and Humanity, 7(3), 164-171.

Kasmir. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: Raja Grafindo Persada.

Ricardianto. (2018). Human Capital Management. Bogor: In Media.

Riyadi, S. (2018). Faktor Peningkatan Kinerja Melalui Job Stress. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Yustini, T., & Yuliza. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Analisis Kajian di Masa Pandemi COVID-19. Malang: Literasi Nusantara Abadi.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.28155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats