ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN


Anjar Nopriyanto(1*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI Depok, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pentingnya Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai elemen integral dalam strategi bisnis perusahaan semakin diakui dalam konteks global dan lokal, termasuk di Indonesia. Di era modern ini, perusahaan dituntut untuk tidak hanya fokus pada keuntungan finansial semata, tetapi juga mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari aktivitas mereka. Dalam konteks Indonesia, implementasi CSR menghadapi tantangan yang unik terkait dengan kondisi sosial-ekonomi yang beragam dan regulasi yang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif, data penelitian diperoleh dari berbagai sumber seperti literatur terdahulu dan studi-studi yang relevan. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola-pola dan hubungan yang signifikan dalam implementasi CSR dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik dan memperkuat kepercayaan konsumen. Perusahaan yang aktif dalam CSR cenderung mengalami peningkatan loyalitas pelanggan dan investasi. Namun, tantangan seperti kondisi sosial-ekonomi yang kompleks dan regulasi yang bervariasi mempengaruhi implementasi CSR di Indonesia. Inovasi dalam program CSR dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk merespons kebutuhan lokal dengan lebih baik, sementara memperkuat keberlanjutan bisnis mereka.

Keywords


Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan, Konsumen, Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Daud, D., Yusuf, M., Sambo, E. M., Lalo, A., & Asgar, M. A. F. (2024). Implementasi Corporate Social Responsibility Pada PT PLTD Suppa (PERSERO). Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 13(1), 207-217.

Erianto, R., Hasibuan, I. M., & Nurlaila, N. (2023). Akuntansi Hijau: Konsep dan Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 11(2), 135-147.

Iman, C., Sari, F. N., & Pujiati, N. (2021). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Perspektif, 19(2), 191-198.

Irawan, F., & Muarifah, E. (2020). Analisis Penerapan Corporate Social Responsibilty (CSR) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory: Analisis Penerapan Corporate Social Responsibilty (CSR) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(2), 149-178.

Khairi, H. (2023). Pengaruh Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Berindeks Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(02).

Khoirunnisa, W., & Muhammad, R. N. (2022). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Kereta Api Indonesia (Persero). Indonesian Accounting Literacy Journal, 2(3), 619-629.

Maker, C. J. (2020). Identifying exceptional talent in science, technology, engineering, and mathematics: Increasing diversity and assessing creative problem-solving. Journal of Advanced Academics, 31(3), 161-210.

Manan, A., Willey, V., & Lucas, T. (2024). Analisis Strategi Bersaing Dan Kapabilitas Dinamis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Jasa Logistik Ekspedisi Barang Di Muara Baru Jakarta: Strategi Bersaing Dan Kapabilitas Dinamis. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 7(1), 223-238.

Mu, D., Ren, H., & Wang, C. (2021). A literature review of taxes in cross-border supply chain modeling: Themes, tax types and new trade-offs. Journal of theoretical and applied electronic commerce research, 17(1), 20-46.

Nugroho, M., & Hakim, A. D. M. (2022). Analisa Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, 8(2), 2240-2251.

Nurdani, R., & Rahmawati, I. Y. (2020). The Effect of Firm Sizes, Profitability, Dividend Policy, Asset Structure, Sales Growth and Free Cash Flow on Debt Policy. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 100-119.

Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). pengaruh penerapan strategi CSR (corporate social responsibility) dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. Pertamina (persero) tahun 2018. Competence: Journal of Management Studies, 14(2), 184-202.

Pfajfar, G., Shoham, A., Małecka, A., & Zalaznik, M. (2022). Value of corporate social responsibility for multiple stakeholders and social impact–Relationship marketing perspective. Journal of business research, 143, 46-61.

Riyanti, C., & Raharjo, S. T. (2021). Asset based community development dalam program corporate social responsibility (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 112.

Riyanti, Z. D., & Suwaidi, R. A. (2023). Analisis Nilai Perusahaan Ritel di Bursa Efek Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2789-2803.

Rodriguez-Gomez, S., Arco-Castro, M. L., Lopez-Perez, M. V., & Rodríguez-Ariza, L. (2020). Where does CSR come from and where does it go? A review of the state of the art. Administrative Sciences, 10(3), 60.

Saputri, E. D. A., Fakhruddin, I., Santoso, S. B., & Dirgantari, N. (2023). Pengaruh Implementasi Prinsip Good Corporate Governance, Intellectual Capital, Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).

Schiessl, D., Korelo, J. C., & Mussi Szabo Cherobim, A. P. (2022). Corporate social responsibility and the impact on economic value added: the role of environmental innovation. European Business Review, 34(3), 396-410.

Scully-Russ, E., & Torraco, R. (2020). The changing nature and organization of work: An integrative review of the literature. Human Resource Development Review, 19(1), 66-93.

Sumantri, F. A., Kusnawan, A., & Anggraeni, R. D. (2021). The effect of information asymmetry, company size and managerial ownership on income management (empirical study on manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange). Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 19(1), 62-76.

Sumiyati, Y., Hendar, J., & Wiyanti, D. (2023). Pengaturan Csr Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Sosial Dan Lingkungan di Indonesia: CSR Regulation in the Context of Accelerating Social and Environmental Development in Indonesia. Anterior Jurnal, 22(3), 185-196.

Susanto, Y. K., Rudyanto, A., & Rahayuningsih, D. A. (2022). Redefining the concept of local wisdom-based CSR and its practice. Sustainability, 14(19), 12069.

Tarigan, D. L. B., Gani, A., & Purba, N. H. (2024). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2021. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(3), 831-835.

Tumanan, N., & Ratnawati, D. (2021). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan, CSR Sebagai Pemoderasi. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 123-136.

Zhang, S., Zhang, N., Zhu, S., & Liu, F. (2020). A foot in two camps or your undivided attention? The impact of intra-and inter-community collaboration on firm innovation performance. Technology Analysis & Strategic Management, 32(7), 753-768.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats