PENGARUH PRICE DISCOUNT, CONTENT MARKETING, DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TIKTOK @AINAFASHION.ID


Fariq Maulana Aryasa(1*), Mohamad Rifqy Roosdhani(2)

(1) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
(2) Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price Discount, Content Marketing, dan Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian. Keputusan pembelian menjadi hal penting untuk mempertahankan konsumen dan mendapatkan konsumen baru, oleh karena itu perlu diketahui metode promosi yang tepat untuk menarik minat konsumen. Terciptanya keputusan pembelian dapat menguntungkan penjual, yaitu dapat memaksimalkan metode penjualan yang lebih efektif untuk mendapatkan pesanan yang lebih banyak. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penyebaran kuesioner kepada 120 followers akun @ainafashion.id. Penelitian ini dibantu dengan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Price Discount tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Content Marketing dan Live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan memiliki kontribusi sebesar 64% sisanya sebesar 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam penelitian ini.

Keywords


Price Discount, Keputusan Pembelian, TikTok.

Full Text:

PDF

References


Alvarizi, R., & Purnamasari, D. (2023). Pengaruh Online Customer Review E-Wom Content Marketing pada Keputusan Pembelian UMKM Semarang melalui Tiktok. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(3), 430–436. https://doi.org/10.35870/jtik.v7i3.899

Arfi Sudiarto, D., & Ambarwati, R. (n.d.). Exploration of Factors Influencing Purchasing Decisions on Tiktok application: Celebrity Marketing, Live Streaming, and Viral Marketing [Eksplorasi Faktor-Faktor Pengaruh Keputusan Pembelian Di Aplikasi Tiktok: Celebrity Marketing, Live Streaming, Dan Vir. 1–9.

Arifin, S., Purnamasari, I., & Fu’ad, N. (2022). Strategi Pemasaran Tenun Ikat Troso dalam Menghadapi Pemasaran Global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Rekognisi Manajemen, 6(1), 56–65. http://ejournal.unisnu.ac.id/jrm/

Budaya, I., Bustami, E., & Sherlin, I. (2022). Price discount, bonus pack, and hedonic value towards online shop impulse buying: a case study on private college students in sungai penuh city. Journal of Business Studies and Management Review (JBSMR), 5(2), 2597–6265. https://doi.org/10.22437/jbsmr.v5i2.17292

Bunyamin, HM, M., & Hadidu, A. (2021). Analysis of Lifestyle, Price Discount and Product Quality on Impulsive Buying in Issue Clothing Store. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 213–219.

Devi, A. C., & Fadli, U. M. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 113–123.

Febriah, I., & Febriyantoro, M. T. (2023). Pengaruh Live Video Streaming Tiktok, Potongan Harga, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 218–225. https://doi.org/10.31294/eco.v7i2.15214

G.G, S., & Fadhilah. (2022). The Influence of Live Streaming Shopping on Purchase Decisions through Customer Engagement on nstagram Social Media. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 1212612137.

Gio, P. U., Hermanto, B. I. P., Nazriani, D., & Lubis, R. (2024). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan Software SmartPLS. Uwais Inspirasi Indonesia.

Handrian, N., & Soliha, E. (2022). Keputusan pembelian: peran price discount, lifestyle, dan kepercayaan konsumen. Jurnal Mirai Management, 7(2), 348–355. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2164%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/2164/1427

Iisnawati, I., Nailis, W., & Daud, I. (2022). Does Live Streaming Feature Increase Consumer’s Trust on Online Shopping? Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 5(May), 373–388. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v5i4.373-388

Islami, C. D., & Santo, S. (2024). Pengaruh Live Streaming, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Onlineshop. Solusi, 22(2), 215. https://doi.org/10.26623/slsi.v22i2.9027

Kurniawan, T. A., & Sari, D. K. (2023). The Role of Live Streaming, Viral Marketing, and Celebrity Endorsers in Buying Decisions for the Tiktok Shop in Sidoarjo [Peran Live Streaming, Viral Marketing, dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Tiktok Shop di Sidoarjo]. 1–11.

Maulana, A., Halim, H., & Yeni, Y. (2024). Pengaruh Harga Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minimarket Ardymart Palembang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3974–3980.

Maulidya Nurivananda, S., Fitriyah, Z., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). The Effect Of Content Marketing And Live Streaming On Purchase Decisions On The Social Media Application Tiktok (Study On Generation Z Consumers @Scarlett_Whitening In Surabaya) Pengaruh Content Marketing Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Pa. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3664–3671. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2), 293–307. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v12i2.1572

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PlS) Menggunakan SmartPLS. Pacal Book.

Noor, Z. Z. (2020). the Effect of Price Discount and in-Store Display on Impulse Buying. Sosiohumaniora, 22(2), 133–139. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.26720

Primasiwi, C., Irawan, M. I., & Ambarwati, R. (2021). Key Performance Indicators for Influencer Marketing on Instagram. Proceedings of the 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020), 175, 154–163. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210510.027

Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451

Rao, P. (2006). Measuring Customer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager.

Rasyid, C. N., & Farida, L. (2023). the Effect of Price Discount and Hedonic Shopping Value on Impulsive Buying At Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 245–257. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3340

Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH MENGENAI LIVE STREAMING TIKTOK SHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2).

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01

Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Tamara, S., Alie, J., & Wadud, M. (2021). The Effects of Brand Image and Price on Purchase Decision of Vivo Smartphones in Pampangan District. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(1), 2746–4040.

Trihudiyatmanto, M. (2024). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecogen, 6(2809–7580), 119–127.

Viddy, A. (2019). SmartPLS Untuk Vokasi. Uwais Inspirasi Indonesia.

Yamin, S. (2021). Olah Data Statistik: SMARTPLS 3 SMARTPLS 4 AMOS & STATA (Mudah & Praktis) (A. Rasyid (ed.)). PT Dewangga Energi Internasional.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.39660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats