Estimasi Parameter pada Fungsi Produksi Cobb-Douglas Non-Linier Menggunakan Metode Least Square


Ahfazh Fauzy Nurunnajib(1*), Elis Ratna Wulan(2), Asep Solih Awalluddin(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri Manufaktur merupakan salah satu sektor yang memiliki pengaruh terhadap perekonomian nasional. Membaiknya situasi ekonomi akan diikuti perbaikan sektor manufaktur, begitupula sebaliknya. Oleh karena itu, suatu industri perlu memilih kombinasi yang optimal dari input yang digunakan, yaitu kombinasi yang memungkinkan untuk menghasilkan tingkat output yang diinginkan. Model yang digunakan adalah fungsi produksi Cobb-Douglas. Fungsi produksi Cobb-Douglas adalah salah satu fungsi produksi yang menunjukkan hubungan antara tingkat output dan tingkat (kombinasi) input yang digunakan. Metode estimasi yang digunakan adalah least square estimation dengan penyelesaian menggunakan iterasi Newton Raphson. Fungsi produksi Cobb-Douglas ini diaplikasikan pada lima industri manufaktur terpilih di Sumatera Barat. Dari hasil penelitian diperoleh return to scale dari industri karet dan barang dari plastik adalah 0,8424 dan return to scale dari industri makanan dan minuman adalah 0,8496 yang mana kedua industri tersebut masing-masing menghasilkan RTS < 1. Sedangkan return to scale dari industri penerbitan dan percetakan adalah 1,0460, return to scale dari industri tekstil adalah 1,0018, dan return to scale dari industri galian bukan logam adalah 1,3384. Dari ketiga industri tersebut masing-masing menghasilkan RTS > 1.

Keywords


Estimasi, Least Square, Fungsi Produksi Cobb-Douglas, Metode Newton Raphson, Industri Manufaktur.

References


Aziz, Abdul, Buku Ajar Ekonometrika : Teori dan Analisis Matematis, Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Malang, 2007.

BPS, Konsep Industri, Statistik Indonesia. http://www.bps.go.id/menutab.php?tabel=1&kat=2&id_subyek=09, [diakses 5 Juni 2013]

BPS Sumatera Barat, Industri Manufaktur Besar dan Sedang Menurut Sub Sektor, 2001 – 2010. http://sumbar.bps.go.id/web/index.php/subyek/industri, [diakses 1 Juli 2013]

CW Cobb, dan PH Douglas, “A Theory of Production”, American Economic Review. 139 – 165, 8(1928).

Direktorat Evaluasi Kinerja Pembangunan Sektoral Kementrian PPN, Perubahan Produktivitas Industri Manufaktur Indonesia dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya : Analisis Panel Data 2004-2009, Bappenas, Tahun Anggaran 2010.

E. Khater, A Cobb – Douglas Function Based Index for Human Development in Egypt, International Journal Contemporer Math Science, Vol. 7, No. 12, 591 – 598, 2012.

Gaspersz, Vincent, Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1986.

Harinaldi, Prinsip Statistik Untuk Teknik dan Sains, Erlangga, Jakarta, 2005.

H, Anton, Aljabar Linier Elementer (edisi kelima) , Terjemahan oleh Pantur Silaban & I. Nyoman Susila, Erlangga, Jakarta, 1987.

Judge, George G., W.E Griffiths, R.C. Hill, H. Lukepohl, and T.C. Lee, The Theory and Practice of Econometrics, New York, Wiley, 1980.

Makridakis, Spyros, SC Wheelwright, VE McGee, Metode dan Aplikasi Peramalan, Binarupa Aksara Publisher, Jilid Satu, Edisi Revisi, Tangerang, 1999.

M. Hossain, A. Kumar Majumder, T. Basak, An Application of Non-Linear Cobb-Douglas Production Function to Selected Manufacturing Industries in Bangladesh, Open Journal of Statistics, 2, 460-468, 2012.

Nicholson, Walter, Mikroekonomi Intermediate dan Penerapannya, Edisi 3, terjemahan Danny Hutabarat, Penerbit Erlangga, 1992.

Raymon P. Canale, Steven C. Chapra, Metode Numerik Untuk Teknik. Penerapan pada Komputer Pribadi, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta, 2007.

Subaris Heru. Aplikasi Statistika, Media Pressindo, Yogyakarta, 2005.

Sugiarto, T. Herlambang, Brastoro, R. Sudjana, S. Kelana, Ekonomi Mikro : Sebuah Kajian Komprehensif, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2009.

Sumarsono, Sony, Ekonomi Mikro, Penerbit Graha Ilmu, 2006.

Walpole E. Ronald, Myers H Raymond, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuan, edisi ke-4, Penerbit ITB Bandung, 1995.

Matlab, Hessian Matrix, R2013a. http://www.mathworks.com/help/symbolic/hessian.html, [diakses 10 Juli 2013]




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v1i1.321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Ahfazh Fauzy Nurunnajib, Elis Ratna Wulan, Asep Solih Awalluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.