Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Barat Tahun 2018 Berdasarkan Indikator Kemiskinan dengan Polythetic Divisive Method


Clarita Simar(1*), Nurul Gusriani(2), Iin Irianingsih(3)

(1) ,  
(2) Universitas Padjadjaran, Indonesia
(3) Universitas Padjajaran, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah kemiskinan merupakan salah satu masalah yang bersifat multidimensi. Faktor kemiskinan pada setiap wilayah berbeda, dan hal tersebut dipengaruhi oleh banyak indikator kemiskinan. Pengukuran dan penentuan indikator kemiskinan akan memudahkan pemerintah membedakan tingkat kemiskinan pada suatu wilayah, sehingga pemerintah dapat membuat kebijakan yang lebih tepat untuk menanggulangi kemiskinan di wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan karakteristik suatu wilayah ke dalam beberapa tingkat kemiskinan berdasarkan variabel penjelas kemiskinan. Penelitian ini menggunakan data kemiskinan kabupaten/kota se-Jawa Barat pada tahun 2018 yang diperoleh dari BPS. Terkait dengan pengelompokan wilayah kemiskinan ke beberapa kategori, metode yang digunakan adalah metode hierarki pada analisis cluster yaitu polythetic divisive method. Banyaknya cluster optimal dipilih dengan menggunakan Dunn Index. Hasil yang diperoleh adalah polythetic divisive method menghasilkan tiga kelompok wilayah kemiskinan dengan Dunn Index sebesar 0,4490613. Karakteristik wilayah masing-masing cluster diharapkan dapat membantu pemerintah menentukan kebijakan yang sesuai untuk menanggulangi tingkat kemiskinan di Jawa Barat.


Keywords


Kemiskinan, Analisis Cluster, Polythetic Divisive Method, Dunn Index

References


Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. 2017. Laporan Akhir Analisis Kriteria dan Indikator Kemiskinan Multidimensi untuk Diagnostik Kemajuan Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diakses di: www.bappeda.jogjaprov.go.id pada 7 Januari 2020.

Roux, M. 2019. A Comparative Study of Divisive and Agglomerative Hierarchical Clustering Algorithms. Journal of Classification, 35(2), 345-366.

Kaufman, L. dan Rousseeuw, P.J. 2005. Finding Groups in Data: An Introduction to Cluster Analysis. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Valovcin, S. 2013. Assessing Residential Building Energy Simulation Accuracy Through the Use of Clustering. Colorado: Colorado School of Mines. 8

Santoso, D. 2018. Penduduk Miskin Transient. Jakarta: Pustaka Obor.

Johnson, R.A. dan Wichern, D.W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis Sixth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E. 2014. Multivariate Data Analysis Seventh Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2019. Kemiskinan Kabupaten/Kota di Jawa Barat 2013-2018. Diakses di: www.jabar.bps.go.id pada 28 Desember 2019




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v5i1.8549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Clarita Simar, Nurul Gusriani, Iin Irianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.