PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE LEMONILO


Risma Nurhayati(1*), Muhammad Hasanuddin(2), Dedi Suyandi(3)

(1) Masyarakat Ekonomi Syariah, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena tingginya tingkat keinginan khalayak terhadap produk mie instan yang menyebabkan semakin banyak persaingan antar produsen mie instan, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari informasi dan menganalisis pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Bantarujeg, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari labelisasi halal, kualitas produk, dan harga, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel labelisasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk mie Lemonilo adalah sebesar 49,9%, sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Keywords


Halal Labeling; Product Quality; Price; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Adzania, Ilza Ajrin, Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Samsung Galaxy Yaoung S 6310, Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiya Surakarta, 2015.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Majalengka, Kecamatan Bantarujeg dalam Angka 2021, Majalengka: CV Setia Mandiri Jaya, 2021.

Situmorang, Evinda Deviana Br., d.k.k., Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Amanda Brownies, Vol. 6, No. 1, Medan: Jurnal Riset Manajemen, 2019.

Fitri, Afma Mega Sari, Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam, Vol. 6, Edisi II, Pekanbaru: JOM Fisip, 2019.

Handita, Wirawan Widjanarko, dan Hafizah, Pengaruh Kualitas Produk Smartphone terhadap Keputusan Pembelian di Masa Covid 19, Vol. 20 No. 3, Jakarta: Universitas Bhayangkara, 2019.

Hikmawati, Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian di Toko Cake dan Bakery Chocolicious di Kota Makassar, Skripsi, Makassar: UIN Alauddin, 2019.

Indrasari, Meithiana, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Https://kbbi-web-id.cdn.amproject.org, diakses pada Kamis, 8 Mei 2021 pukul 07.13 WIB.

Muhammad, Asy’arie, Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, dan Rasa terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Noviyanti, Iis, Denok Sunarsi, dan Hadion Wijoyo, Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Cabang Cipondoh, Vol. 4, No. 1, Tangerang: JEMATech, 2021.

Putra, Martin Satria. Faktor Emosional dan Rasional Nasabah dalam Menggunakan Jasa Perbankan. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu,2019.

Rizan, M., dkk., Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian, Vol. 6, No. 1, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 2015.

Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v2i2.17401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats