PERSEPSI LABELISASI HALAL DAN STRATEGI PEMASARAN MLM SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN


Evita Farcha Kamila(1*), Evi Sopiah(2), Sarip Muslim(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Labelisasi halal menjadi kebutuhan bagi konsumen sebelum menentukan pembelian produk, dan persepsi konsumen akan labelisasi halal dipengarui akan faktor internal maupun eksternal yang didapat sebagai stimulus, semakin baik stimulus dari faktor tersebut, semakin baik pula persepsinya. Strategi pemasaran pun menjadi faktor penting sebagai pertimbangan konsumen sebelum membeli produk. Salah satu permasalahan bagi badan usaha hingga kini adalah persaingan bisnis yang semakin ketat, hingga perusahaan harus menganalisa dan mengevaluasi sistem operasionalnya kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Business Center Cikarang Utara dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menyebar kuesioner kepada 100 sampel yang telah ditentukan. Hasil jawaban responden kemudian dikumpulkan dan diolah dengan SPSS 25.

Pengolahan data menunjukkan bahwa persepsi labelisasi halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara dengan indikatornya yaitu menempel pada kemasan dengan nilai thitung 4,114 > 1,991 ttabel. Demikian pula strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara dengan indikator yang sangat berpengaruh yaitu pembinaan mitra 4,299 > 1,991. Kedua variabel tersebut berpengaruh secara simultan dengan uji F, Fhitung menunjukan angka sebesar 12,451 dan Ftabel sebesar 3,09, dan nilai signifikansi 0,000. berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil R square adalah 0,609, ini berarti bahwa persepsi labelisasi halal dan strategi pemasaran MLM syariah produk HNI HPAI berdampak 60,9 % terhadap keputusan pembelian pada konsumen BC Cikarang Utara, sedangkan 39,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. 


Keywords


Labelisasi halal, persepsi, pemasaran MLM syariah, HNI HPAI, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Referensi Buku

Alma, Buchari, and Donni Juni Priansa, Management Bisnis Syariah (Bandung: Alfabeta, 2009)

Andreas, Harefa, Multi Level Marketing: Alternatif Karier Dan Usaha Menyongsong

Millenium Ketiga (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999) Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, Bambang Supomo Dan Nur Indriantoro (Yogyakarta: Penerbit BFEE UGM, 2002)

Dewi, Gemala, Hukum Perikatan Islam Di Indonesia (Jakarta: Prenada Media)

Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran, II (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2001), Strategi Pemasaran (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015)

Griffin, W, Ricky, and Ronald J Ebert, Management (Jakarta: Erlangga, 2002)

Gulo W, Metode Penelitian (Jakarta: PT. Grasindo, 2002)

Gunawa, Thoriq, and Utus Hardiyano Sudibyo, Marketing Muhammad (Bandung: Salmadani)

Kottler, Philip, and Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, 13th edn (Jakarta: PT. Indeks Jakarta, 2007)

Mubarok, Dr. Jaih, Fiqih Kontemporer Dalam Bidang Peternakan (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2003)

Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010)

Artikel Jurnal

lisya Febriana, Rita Tri Yusnita, ‘Analisis Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Kualitas Produk Dan Strategi Multilevel Marketing (MLM) Dengan Model Tupperware Party’, Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2 (2020), 159

Fuad, ‘Multilevel Marketing Dalam Tinjauan Hukum Islam’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4 No 1 (2009), 55

Wilson and Jonathan Liu, ‘Shaping The Halal Into A Brand?’, Journal Of Islamic Marketing, 1.2 (2010), 107–23

Internet/Website

Badan Pusat Statistik, ‘Kabupaten Bekasi Dalam 2021’, 32160.2101, 2021, p. 270 <Bekasikab.bps.go.id> [accessed 12 Februari 2021]

HNI Pioneer Agents, Syarat Halal Mart HNI 2021, [accessed 05 Maret 2021]

LPPOM MUI, ‘Persyaratan Sertifikasi Halal’, 2020 [accessed 18 January 2021]

hni.net, ‘IKADI AWARD 2020’, [accessed 18 January 2021]




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v2i2.18966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats