FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK HALAL PT. SOKA CIPTA NIAGA


Ulfa Junia Nafisah(1*)

(1) Masyarakat Ekonomi Syariah, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan pasar fashion halal nasional dan internasional yang semakin ketat. Menyikapi hal tersebut maka para pelaku fashion halal harus siap menghadapi berbagai tantangan termasuk masih banyaknya masyarakat yang masih asing dengan fashion halal. Label halal pada produk fashion diduga belum menjadi faktor utama yang menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan lebalisasi halal secara parsial dan simultan terhadap minat beli produk fashion PT. Soka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik Purposive Sampling.  Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan kepada konsumen SOKA di Kota Bandung. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, kualitas produk pada produk SOKA berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen dan Label halal pada kemasan produk SOKA berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan Harga, kualitas produk dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk PT. Soka sebesar 54,9%.


Keywords


Harga; Kualitas Produk; Label Halal; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Artikel Jurnal

Abdurachman, Ujianto. “Analisis Faktor-faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Kasus: Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur).” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1. (2004).

Bulan, Tengku Putri Lindung. “Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 5, No. 1. (2015).

NST, Mhd Sukri Helmi. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada CV. Master Pasir Pengairan Kabupaten Rokan Hulu” Artikel Ilmiah, Univesitas Pasir Pengairan. (2015).

Skripsi

Cahyani, Dian Herlina. “Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemakai Kaos Kaki PT. Soka Cipta Niaga Bandung.” Skripsi, Bandung: Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Ningsih, Fitri Agustia. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat Terhadap Produk Kosmetik Wardah Pada Masyarakat 38B Banjarrejo” Skripsi, Lampung: Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Metro, 2020.

Sumber Elektronik

“PT Soka Cipta Niaga-Perusahaan Kaos Kaki & Inner Fashion”, https://soka.co.id/, diakses 25 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v2i2.19482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats