Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Logo Nahdlatul Ulama’


Musarrofatus Sholihah(1*), Cecep Zakarias(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian semiotik yang mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda, dimana persepsi dan pandangan tentang realitas, dikonstruksikan oleh kata-kata dan tanda-tanda lain yang digunakan dalam konteks sosial. Tanda membentuk persepsi manusia, lebih dari sekedar merefleksikan realitas yang ada. Tradisi semiotika mencakup teori utama mengenai bagaimana tanda mewakili objek, ide, situasi, keadaan, perasaan, dan sebagainya yang berada diluar diri. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah studi kajian literatur mengenai tanda pada kajian semiotika. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat lepas dari tanda, lambang, maupun simbol-simbol. Tanda, lambang, dan simbol-simbol tersebut dapat kita jumpai diberbagai upacara tradisional yang diselenggarakan oleh masyarakat Jawa. Agar dapat memahami hal tersebut maka harus mengetahui ilmu yang mendukungnya. Adapun ilmu yang mempelajari tentang tanda, lambang, dan simbol-simbol adalah semiotik. Semiotik oleh Ferdinand de Saussure diartikan sebagai ilmu yang mempelajari peran tanda (sign) sebagai bagian dari kehidupan sosial. Lebih lanjut semiotik adalah ilmu yang mempelajari struktur, jenis, tipologi, serta relasi-relasi tanda dalam penggunannya di dalam masyarakat. Oleh sebab itu, semiotik mempelajari relasi diantara komponen-komponen tersebut dengan masyarakat penggunanya. Pendekatan semiotik merupakan sebuah pendekatan yang memiliki sistem sendiri, berupa sistem tanda. Tanda itu dalam sastra khususnya sastra tulis diberikan dalam suatu bentuk teks, baik yang terdapat di dalam struktur teks maupun di luar struktur teks karya tersebut.  Bisa dikatakan, melalui teori Roland Barthes dengan tanda denotasi, konotasi dan mitos, peneliti dapat lebih memahami makna atau simbol yang terkandung dalam dialog yang sehari-hari masyarakat gunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika dari Roland Barthes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna denotative, konotatif, serta mitos dan ideologi dalam logo Nahdlaatul Ulama’.

 


Keywords


Roland Barthes; Logo; Nahdlatul Ulama; Semiotics.

Full Text:

PDF

References


Aletmi, A. (2015). Pemikiran Tasawuf Ibnu Arabi dan Pengaruhnya terhadap Penafsiran Sufistik Huruf-Huruf Muqatha’ah dalam Al-Qur’an (Kritik atas Unsur Filsafat dan Isyarat Wahdatul Wujûd dalam Tafsir Ibnu Arabi. Institut PTIQ Jakarta.

Amertha, M. F. (2019). Analisis Pesan Dakwah Syiir Tanpo Waton Pendekatan Semiotik Ferdinand De Saussure. Inteleksia-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 1(1), 123–123.

Aritonang, D. A., & Doho, Y. D. B. (2019). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Lirik Lagu Band Noah “Puisi Adinda.” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 4(2), 77–103.

Arti Lambang NU dan Maknanya sebagai Organisasi Islam Terbesar di Indonesia. (n.d.).

Fadhliyah, Z. (2021). Semiotika Ferdinan De Saussure Sebagai Metode Penafsiran Al-Qur’an: Kajian Teoritis. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 109–122.

Fatah, A. (2020). Analisis Semiotika Roland Barthes Tentang Asḥābul Fīl. Al-Tadabbur, 5(2), 233–248.

Gunawan, E. B., & Junaidi, A. (2020). Representasi pendidikan seks dalam film dua garis biru (analisis semiotika Roland Barthes. Koneksi, 4(1), 155–162.

Haidar, M. A. (n.d.). Nahdatul Ulama dan Islam di Indonesia: Pendekatan fikih dalam politik. Gramedia Pustaka Utama.

Hamidah, H., & Syadzali, A. (n.d.). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TENTANG FENOMENA JILBOOBS. Jurnal Studia Insania, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.18592/jsi.v4i2.1124

Hamzah, M., & Ardi, S. (2021). Perbandingan Konsep Linguistik Ferdinand De Saussure dan Abdul Qāhir al-Jurjāni: Kajian Konseptual. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 139.

Kevinia, C., Syahara, P., Aulia, S., & Astari, T. (2022). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia. Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.38043/commusty.v1i2.4082

Kevinia, C., Syahara, P. S. P., Aulia, S., & Astari, T. (n.d.). Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Dalam Film Miracle in Cell No.7 Versi Indonesia. Journal of Communication Studies and Society, 1(2), 2. https://doi.org/10.38043/commusty.v1i2.4082

Kurikulum, P. E. N. D. I. D. I. K. A. N. A. S. W. A. J. A. D. A. N. K. E.-N. U.-A. N. (n.d.). Kelas 11: Untuk MA dan SMA | KEBUN BUKU SMANUSA LIBRARY.

Kusuma, P. K. N., & Nurhayati, I. K. (n.d.). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA RITUAL OTONAN DI BALI. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.10519

Lustyantie, N. (n.d.). No Title. In PENDEKATAN SEMIOTIK MODEL ROLAND BARTHES DALAM KARYA SASTRA PRANCIS.

Mubarak, H. (n.d.). Mitologisasi Bahasa Agama: Analisis Kritis dari Semiologi Roland Barthes.

Nasution, M. S. A., & Akbar, A. (2021). Analisis Maqashid Syari’ah terhadap Moderasi Beragama dan Preferensi Politik Warga Nahdliyin (Studi Empiris terhadap Pilkada Serentak 2020). Merdeka Kreasi.

Online, T. (n.d.). Sosok dan Sisi Lain di Balik Lambang NU.

Pamungkas, B. A., & Indrawan, A. A. G. A. (n.d.). Logo sebagai Media Komunikasi Teknologi Analisis Semiotika pada Logo Meta. Desain Visual Dan Komunikasi, 3(2), 2. https://doi.org/10.30812/sasak.v3i2.1696

Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand | Humaniora. (n.d.).

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. EProceedings of Management, 2(3).

Rahman, M. T. (2018). Perkawinan beda agama menurut ormas Islam di Indonesia (studi Fatwa NU dan Muhammadiyah.

Raras Christian Martha, A. (n.d.). Mitos Gerwani: Sebuah analisa filosofis menurut perspektif mitologi Roland Barthes. Universitas Indonesia Library; Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis semiotika roland barthes pada film 3 dara. Deiksis, 10(03), 212–223.

Sartini, N. W. (n.d.). Tinjauan Teoritik tentang Semiotik (8th ed.).

Saussure, F. de. (1988). Pengantar Linguistik Umum, terj. Rahayu S. Hidayat. Gadjah Mada University Press.

Weisarkurnai, B. F., & Nasution, B. (2017). Representasi Pesan Moral dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes. Riau University.

Wibisono, P., & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 7(1), 30–43.

Wicaksono, A. R., & Fitriyani, A. H. D. (2021). Analisis Semiotik Roland Barthes pada Iklan Televisi Pertamina Edisi Ramadhan 1442 H. Jurnal Penelitian Seni Budaya, 13(2), 155–164.

YASRAF, A. P. (n.d.). Semiotika Dan Hipersemiotika:kode, gaya & matinya makna (Bandung. Matahari, p?p=show_detail & id=8372 & keywords=.

Zulaeha, E., & Busro, B. (2020). Tradisi Bahts Al-Masail Nahdhatul Ulama (NU): Pematangan Pemikiran Fikih Adil Gender Husein Muhammad. Jurnal Musawa, 19(2), 1–22.




DOI: https://doi.org/10.15575/mjiat.v2i3.28179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mashadiruna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Published by: the Master's Program in Al-Qur'an and Tafsir at the UIN Sunan Gunung Djati Bandung.