Politik Zonasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia


Muhammad Alfan Alfian(1*)

(1) Universitas Nasional Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini menelaah kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang memicu kontroversi dalam praktiknya di lapangan. Kebijakan zonasi pendidikan merupakan hal baru dalam politik pendidikan di Indonesia. Implementasinya sejak 2016 menuai kontroversi, karena penolakan masyarakat yang merasa dirugikan oleh kebijakan ini. Namun, bukan inti kebijakan itu sendiri yang menjadi masalah, tetapi lebih ke sosialisasinya yang belum optimal. Politik zonasi sebagai bagian integral dari politik pendidikan di Indonesia, bertumpu pada dalih utamanya yakni pemerataan akses dan kualitas pendidikan. Disebut politik zonasi, karena tidak sebatas kebijakan PPDB, melainkan terkait dengan langkah-langkah lebih komprehensif sebagai ikhtiar perwujudan keadilan sosial dalam pendidikan di Indonesia yang berkualitas. Yakni, membenahi masalah-masalah pendidikan dari ranah yang lebih mikro. Ini semua terkait dengan politik pemerintahan Presiden Jokowi yang bertumpu pada Nawacita. Menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian langsung kelapangan dipadu dengan kajian pustaka sehingga menghasilkan Politik zonasi yang tengah diujicoba pemerintahan Presiden Jokowi, merupakan fenomena dalam kebijakan dalam dunia pendidikan yang diimplementasikan secara nasional, dengan pengecualian tertentu, terkait dengan orientasi pendidikan yang berkeadilan sosial.


Keywords


politik zonasi, politik pendidikan, keadilan sosial

Full Text:

PDF

References


Alfian, M. A. (2019). Politik Pendidikan Dan Keadilan Sosial. Kompas.

Andrzejewski, J., Baltodano, M., & Symcox, L. (2009). Social Justice, Peace, And Environmental Education: Transformative Standards. Routledge.

Aulia, D. (2017). Penguatan Demokrasi: Partai Politik Dan (Sistem) Pemilu Sebagai Pilar Demokrasi. Masyarakat Indonesia, 42(1), 115–126.

Barry L. Bull. (2018). Social Justice In Education: An Introduction. Newyork: Pallgrave Macmillan.

Dariyanto, E. (2019). Mendikbud Menjawab Kontroversi Sistem Zonasi. Retrieved From Detik.Com Website: Https://News.Detik.Com/Berita/D-4594364/Mendikbud-Menjawab-Kontroversi-Sistem-Zonasi

Griffiths, M. (2003). Action For Social Justice In Education. Mcgraw-Hill Education (Uk).

Kemdikbud. (2019). Kilasan Kinerja 2019, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta.

Mashuri, I. (2015). Pengembangan Manajemen Resiko Teknologi Informasi Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb Online) Kemdikbud Menggunakan Framework Nist Sp800-30. Surabaya: Theses Manajemen Teknologi Informasi-S2 Mmt, Its.

Mutiarin, D. (2017). Evaluasi Penerapan Siap-Ppdb Online Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 21(2), 83–99.

Ombudsman.Go.Id. (2019). “Ori: Banyak Daerah Belum Alokasikan 20% Anggaran Pendidikan. Retrieved From Ombudsman.Go.Id Website: Https://Ombudsman.Go.Id/News/R/Ori-Banyak-Daerah-Belum-Alokasikan-20-Anggaran-Pendidikan

Perdana, N. S. (2019). Implementasi Ppdb Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92.

Roosyana, R. (2019). Kemendikbud Mengelola 7,31 Persen Anggaran Pendidikan. Retrieved From Beritagar.Id Website: Https://Beritagar.Id/Artikel/Berita/Kemendikbud-Mengelola-731-Persen-Anggaran-Pendidikan

Szkudlarek, T. (2013). Education And The Political New Theoretical Articulations. In Sense Publishers. Rotterdam: Sense Publishers.

Vincent, C. (2003). Social Justice, Education And Identity. Routledge.

Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Zajda, J., Majhanovich, S., & Rust, V. (2006). Education And Social Justice: Issues Of Liberty And Equality In The Global Culture. In Education And Social Justice (Pp. 1–12). Springer.




DOI: https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 muhammad alfan alfian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter


1th Floor, Building of FISIP

Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614

E-mail: journalpoliticon@uinsgd.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

POLITICON : Jurnal Ilmu Politik  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International