Ikhtilāf Al-Manāhij Al-Dirāsiyyah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah fī Kenya wa Indunisiyya


Musdaf Sheikh Ibrahim(1*)

(1) Madinah University, Kenya
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Arab memiliki peran penting dalam masyarakat negara Kenya dan Indonesia, karena merupakan bahasa agama sejak masuknya Islam. Minat mempelajari bahasa Arab semakin meningkat dan upaya untuk melestarikan terus berlanjut sampai bidang pendidikannya telah berkembang secara signifikan dalam dekade terakhir. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab diperhatikan di kedua negara ini. Namun pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Kenya terdapat masalah, baik dari kurikulum, materi, bahan ajar, guru, media pembelajaran dan yang lainnya. Hal ini perlu dianalisis masalah yang dihadapi oleh pengajar dalam mengajarkan bahasa Arab. Sebagai upaya memberikan kontribusi bagi pengembangan dan peningkatan kurikulum pendidikan bahasa Arab. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa diperlukan model kurikulum yang bisa mewakili karakteristik pelajar di kedua negara tersebut, Bahasa Arab dipelajari sebagai bahasa kedua perlu disusun kurikulum yang baik, diperlukan inovasi materi pembelajaran, media pembelajaran dan juga kualitas guru pengajar bahasa Arab yang profesional.


Full Text:

PDF

References


Albantani, A. M., & Madkur, A. (2019). Teaching Arabic in the era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and opportunities. ASEAN Journal of Community Engagement, 3(2), 12–31.

Al-Tamimi, A.-K., Bani-Isaa, E., & Al-Alami, A. (2021). Active Learning For Arabic Text Classification. International Conference on Computational Intelligence and Knowledge Economy (ICCIKE), 123–126.

Amir, S. (2020). Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Putra Alkhairaat Pusat Palu. Al-Qalam, 26(1), 141–154. http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i1.827

Amirudin, N. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 1–12. http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66

Badruzzaman, B. (2015). Al-Lughah Al-‘Arabiyyah wa Intisyāruhā wa Musykilāt Ta’allumuhā bi Indunisiyā. Lusanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 3(1), 53–66. https://dx.doi.org/10.22373/ls.v3i1.3760

Effendy, A. F. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180.

Febriani, S. R., & Anasruddin, A. (2020). Technology For Four Skills Arabic In The Era Emergency Of Covid-19 In Indonesia. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8221

Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif – Intraktif. Alfabeta.

Jauhar, N. I. (2007). Ittijāhāt Jadīdah fi Majāl Ta’līm Al-Lugahah Al-‘Arabiyyah fī Indunisiyyā. Journal Of Indonesian Islam, 1(2), 420–441.

Khalilullah, M. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’ dan Takallum). Sosial Budaya, 8(2), 219–235. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v8i2.360

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 39–54.

Kuraedah, S., Insawan, H., & Wahyuni, I. (2018). The Reality of Arabic Learning Guidance in Indonesian Islamic Senior High Schools. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175, 012153. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012153

Marlina, L., & Ramdanu, A. (2018). Musykilâtu Ta’alîmi Al-Lugahah Al-‘Arabiyyah Fî Al-Ma’âhid Al-Taqlîdiyyah Al-“Pesantren” Al-Qadîm Wa Hulûluhâ. 10(1), 1–18. http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i01.1236

Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 1(1).

Thu’aimah, R. A. (2000a). Al Marja’ Fi Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah Linnathiqin Bilughatin Ukhra. Jamiah Umul Qara.

Thu’aimah, R. A. (2000b). Ta’lim Al Arabiyah Li ghair Al Nathiqin biha Manahijuh Wa Asalibuh. Isisco.

Thu’aimah, R. A. (2000c). Ta’lim Al-’Arabiyyah wa Al-Din Baina al-Ilm wa Al-Fan. Dar al-Fikri.

Tohe, A. (2018). Arabic language at the crossroad: A case study in Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab.

Wahida, B., & Saidah, S. (2020). The History of the Development of Arabic in Indonesia. Diwan : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 6(2), 99–121. https://doi.org/10.24252/diwan.v6i2.15832

Warnis, W., Triana, H. W., Kustati, M., Remiswal, R., & Nelmawarni, N. (2019). Arabic Language as the Icon of Islamic Higher Education: A Study of the Implementation of Arabic Intensive Program. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 103–116. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i1.10910

Wekke, I. S. (2015). Arabic teaching and learning: A model from Indonesian muslim minority. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 286–290.

Zarkasyi, A. H. (2014). Wāqi’ Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah fī Al-Ma’āhid wa Al-Madāris bi Indunisyā. Lisanudhad, 1(2). http://dx.doi.org/10.21111/lisanudhad.v1i2.451

Zulhannan, Z. (2017). Musahamah al-’Ulama al-Indonesiyyin fi Tatwir al-Lughah al-’Arabiyyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1095




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.