Penggunaan Media Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al Ghozali Jatibarang


Izzuddin Musthafa(1*), Aziz Saprudin(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) MTs Al Ghozali Jatibarang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memaparkan penggunaan Google -Meet dalam pembelajaran bahasa Arab serta prinsip pemilihan media pengajaran di era 4.0. Di era digital atau biasa dikenal dengan era industri 4.0. Pembelajaran yang berjalan harus disertai dengan penggunaan teknologi yang mempermudah guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses belajar mengajar, begitu juga dengan pembelajaran bahasa Arab. Google -Meet sebagai salah satu media yang banyak digunakan saat ini bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini berbasis pustaka, sehingga data yang diperoleh melalui pendalaman terhadap teks-teks buku maupun artikel sesuai data yang dibutuhkan. Kemudian data dianalisis dan dideskripsikan.Artikel ini memberikan jawaban dengan memaparkan prinsip pemilihan media pengajaran di era 4.0 yaitu kejelasan maksud dan tujuan media, familiar, serta adanya panduan yang jelas dalam pemanfaatannya. Penggunaan Google -Meet untuk pembelajaran bahasa Arab serta layanan pesan tulis, suara, video dan file yang disesuaikan dengan keterampilan bahasa yang akan diajarkan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Rosydi. “Media Pembelajaran Bahasa Arab,” 25. Malang: UIN Malang Press, 2009.

Ahmad Rathomi. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qiroah Melalui Pendekatan Sintifik.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2019): 562.

Anderson. “Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran,” 19. Jakarta: Paut & CV RajaGoogle -Meeti, 1983.

Anshor Muhtadi Ahmad. “Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya,” 6. Yogyakarta: Teras, 2009.

Arif S. Sadiman dkk. “Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya,” 6. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Armelia Yuniani., dkk. “Era Revolusi 4.0: Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA.” GRAVITASI, 2019, 19.

Azhar Arsyad. “Media Pembelajaran,” 3. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Basma Issa Ahmad Alsaleem. ““ The Eff Ect of „Google -Meet‟ Electronic Dialogue Journaling on Improving Writing Vocabulary Word Choice and Voice of EFL Bostonhlm.” Presented at the Undergraduate Saudi Students” Offi cial Proceedings 21st Century Academic Forum Conference at Harvard, Boston, 2014.

Dar Google -Meetti Nalole. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Muhadatsah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Minhaj 1 (2018): 2.

Fairuz Abadi. “Al-Qomus al-Muhith, Sami‟a,” 8:943–44. Lisan al Araby, n.d.
Fajriah. “Starategi Pembelajaran Maharah al Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyah.” PIONIR Jurnal Pendidikan 6 (2017): 36.

Hilmi. “Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida, 2016, h. 129.” Lantanida, 2016.

Ibn Jinni & Abd. Fatah, Utsman. Al-Khashais. Bairut: Alam al-Kutub, n.d.
Jumiatmoko. “Google -Meet Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab.” Google -Meethana Akademika 3 (2016): 55.

M. Arif Mustofa. “Asalib Tadris al Lughoh al Haditsah. an-Nabighah.” An Nabighoh, 2017, 5.

Nunu Mahnun. “MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian Terhadap LangkahLangkah Pemilihan Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” Pemikiran Islalm, n.d., 27.

Nunuk Rialita. “Era Revolusi Industri 4.0, Pembelajaran PT Harus Lebih Inovatif.” Tabularasa PPS Unimed, 2018, 130–39.

Nurul Hidayatul Amalina, and Muh. Nashirudin. “Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab Pada Tingkat Tsanawiyah Di Pon. Pes Ta‟mirul Islam.” TSAQIF (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan) 15 (2017): 7.

Qomi Akid Jauhari. “Pembelajaran Maharah Istima‟ Di Jurusan PBA UIN Malang, Tarbiyatuna.” Tarbiyatuna 3 (2018).

Rani Suryani. “Fungsi Google -Meet Shalehah Cabang Bandar Lampung
Sebagai Pengembangan Media Dakwhh Dalam Membentuk Akhlakul Kharimah.” 2017.

Reflianto Syamsuar. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech; Jurnal Ilmiah Teknologi Penddikan, 2008, 2.

Sugiyono. “Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif,” 373. Bandung: Alfabeta,
2010.

Teatantia, and Nurhadi. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab
Berbasis Portable Engkklek Arabic.” Al Mahara (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab) 6 (2020): 6.

Yasmarudin Bardansyah. “Urgensi Penciptaan Lingkungan Berbahasa Asing (Makalah),” 2008.

Zainul Abidin. “Penerapan Pemilihan Media,” 11. Malang: UM, 2017.




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i2.19565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.