I’lāl (Hadzf, Qalb, dan Taskīn) Dalam Kitab Nashāih Al-‘Ibād Karya Muhammad Nawāwī Bin ‘Umar Al-Jāwī Pada Bab Muqoddimah


Pajri Ainul Yakin(1*)

(1) SMA Al-Muhajirin Purwakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kitab Nashāihu ‘l-‘Ibād Syarhu ‘l-Munabbihāti ‘alā ‘l-Isti’dādi Lyāumi ‘L-Ma’ād Karya Muhammad  Nāwāwī bin ‘Umar  Al-Jāwī merupakan kitab yang dikaji di beberapa pesantren tradisional dan juga di pesantren modern.  Kitab tersebut terdapat beberapa Fi’il ‘L-Mu’tāl dan juga beberapa proses I’lālnya. Dengan adannya beberapa Fi’il dan proses I’lālnya penulis menganggap penting untuk menelitinya dan mengangkat judul penelitian I’lāl Hadzfu, Qalb, dan Taskīnn dalam  kitab Nashāihu ‘l-‘Ibād Syarhu ‘l-Munabbihāti ‘alā ‘l-Isti’dādi Lyāumi ‘L-Ma’ād Karya Muhammad  Nāwāwī bin ‘Umar  Al-Jāwī dalam  Muqoddimah. Penelitian ini menggunakan kajian ‘‘llmu ‘S-shorf. Objek penelitiannya adalah kitab Nashāihu ‘l-‘Ibād Syarhu ‘l-Munabbihāti ‘alā ‘l-Isti’dādi Lyāumi ‘L-Ma’ād Karya Muhammad  Nāwāwī bin ‘Umar  Al-Jāwī dalam  Muqodimah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui jenis I’lāl.  Adapun hasilnya telah ditemukan beberapa jenis I’lāl Hazdfu, Qalb, dan Taskīnn. (1) Hazdfu (Membuang) telah ditemukan ada enam diantaranya Hazdfu Bi ‘N-Naqli (Membuang dengan cara menggantikan) ditemukan satu. Hazdfu Bihazdfi harfil ‘l-‘Illah (membuang dengan cara membuang huruf ‘“Illah) telah ditemukan lima. (2) Qalb telah ditemukan tujuh rinciannya yaitu Qalb Bin ‘N-Naqli Wa Qalbu ‘l-Wāwi Ālifān  (Mengganti huruf dengan cara Mengalihkan Harokat lalu menggantikan Wāwu  menjadi Ālif telah ditemukan satu, Qalb Bi ‘N-Naqli Wa Qalbu l Al-Yai Ālifān  (Mengganti huruf dengan cara Mengalihkan Harokat lalu menggantikan menjadi Ālif) telah ditemukan satu. Qalbu l Al-Wāwi Yā an (Menggantikan Wāwu  Menjadi Ālif) telah ditemukan dua. Qalbu  ‘l-Wāwu  Yāan Wa Qalbu ‘l-Yāi Ālifān  (Mengganti Wāwu  menjadilalu menggantiMenjadi Ālif telah ditemukan dua. Qalbu ‘l-Wāwī Yā’an (Menggantikan Wāwu menjadi Yā) telah ditemukan satu. (3) Taskīn ditemukan ada empat rinciannya yaitu Taskīnnu Bi ‘N-Naqli Wa Hazdfi huruf ‘‘I-llah ditemukan satu. Taskīnn dengan membuang harokat Huruf ‘Illah ditemukan ada tiga.


Full Text:

PDF

References


Azhaniazhani, M. Zaki, Adiszaran, A. Q. (2018). Al-I’lalu bil Al-hadzfi Istnadan lin An-Nadhoriyati Al-Fonoloji At-Taulidiyati. Majallatush As-Shod, Vol. 2, No. 1, Halaman 98.

Baihaqi, A. S. (2020). Al-Iʽlāl fī Sūrah al-Furqān. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), Vol. 4, No. 1, Halaman 1–20.

Busri, H., & Kuswardono, S. (2018). Fi’il Mazid Dalam Al-Qur’an Juz 1 (Tinjauan Morfosemantis). Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, Vol. 7, No. 1, Halaman 47-65.

Fadilah, Y. W., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 13, No. 2, Halaman 315–338.

Fikri, M., Sudirman, S., & Gafur, A. (2022). Implementasi Tasawuf di Majelis Taklim Karang Anyar Desa Plakpak Pamekasan (Studi Atas Penanaman Nilai-nilai Spiritual Masyarakat). Akademika, Vol. 16, No. 1, Halaman 120-145.

Fikri, W. N. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, No. 2, Halaman 126.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hamzah, H., Djuaeni, M. N., & Mahmud, B. (2021). Klasifikasi Fi’il Dari Berbagai Tinjauan (Studi Telaah Morfologi). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 239–252.

Harahap, Y. M. (2021). Analisis I’lal dalam Surah An-naba’.

Hidayat, A. W. (2019). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Di Era Modern. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, Vol. 4, No. 2, Halaman 20.

Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2019). Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Pemikirannya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, Vol. 17, No. 2, Halaman 297–317.

Kholil, I. S. (2016). Al-I’lalu Buhadzfi. Tikrit University, Vol. 23, No. 8, Halaman 430–437.

Kurniawan, A. (2021). Al-I’lal bil Qalbi dalam kitab Washaya karya Muhammad Syakir Al-Iskandari: Kajian ilmu Shorof.

M lukman Al-Hakim. (2019). Muskilātut Ta’alumus As-Shorfi Al-Arobiyyah Asbābin Wa Hululin I’lālin Wa 'l-Ibdālin. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik, Vol. 1, No.1, halaman 69.

Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam Dalam Arus Globalisasi Sebuah Kajian Deskriptif Analitis. Efisteme’, Vol. 8, No. 2, halaman 261.

Mashito, D., Sastra, F., & Malang, U. N. (2020). Proses Morfologi Isim Musytaq Dan Maknanya. Semnasbama, 4, 404–416.

Mubarok, M. H. (2018). Metode Pembelajaran Shorof Di Pondok Pesantrensukahideng, Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 38–49.

Natsir, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Analisis Morfologi. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 9, No. 1, Halaman 24.

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ANabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, vol. 20, No. 01, halaman 19.

Sidik, F., & Arifin, M. (2021). Al-I’lāl Wa Al-Ibdāl Fī Sūrati Al-Isrā Dirāsah Sharfiyah Tahlīliyyah. Ukazh: Journal of Arabic Studies, vol. 2, No. 2, Halaman 131–140.

Suwarjin. (2017). Biografi Intelektual Syekh Nawawi Al-Bantani. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, vol. 2, No. 2, halaman 150-160

Syahātah, ’umar Ahmad ’Utaifi. (2021). Mu’ājalat ’L-Qāmūs “L-muhīṭ Libinā” Fa’ila ’L-Mu’tall Dirāsah Naqdiyyah. Buhūts Fī Tadrīs, Vol. 16, No. 16, Halaan 685–725.

’Umar ibnu Tsabit. (1999). Syarah Tashrif.pdf (p. 302).

Yuspa, A. (2018). Arabisasi Kata-Kata Asing Sebagai Usaha Mempertahankan Gramatika Dan Morfologi Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 1, No. 01, Halaman 72-90.

Zubaidillah, H. (2018). Al-Ilalu fi Surti Thoha dalam Al-Qur’an (Kajian Ilmu shorof). Lisanuna, Vol. 8, No. 2, Halaman 62–76.




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i2.21048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.