Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Pemahaman Teks Bahasa Arab Siswa melalui Penggunaan Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.15575/ta.v3i1.34109Abstract
References
Al Usman, S., Utami, S., Hayati, I., Daib Insan Labib, M. A., & Bin Aman, A. (2023). Strategies for Arabic Learning with a Formal Approach in the Disruption of the 21st Era. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 7(2), 175–190. https://doi.org/10.15575/jpba.v7i2.22667
Ardiansyah, A. A., Kaffah, T. S., & Mukarom, M. (2023). Using The Language Game ShundÅ«q Al-AsyyÄ (Item Box) to Improve Students’ Arabic Speaking Skills. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 124–139. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29493
Faizah, E. N. (2020). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. Ta’diban: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–25. https://doi.org/10.61456/tjie.v1i1.10
Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107–126. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.07
Fatimah, D. D. S., Latifah, A., & Haniyah, H. (2022). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Kata Benda Bahasa Arab pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Algoritma, 19(2), 781–789. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1209
Fuchsova, M., & Korenova, L. (2019). Visualisation in Basic Science and Engineering Education of Future Primary School Teachers in Human Biology Education Using Augmented Reality. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.92
Ghani, S. Ab., Ahmad, S. Z., Hashim, U. H., Shaadon, Z., & Mustapa, N. S. (2012). Application of basic Skills in Reading Arabic Text for Teaching and Learning Maharat Al-Qiraah. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59(1), 26–32. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.241
Hayati, D. A. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Pelajaran IPA [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia]. Retrieved from http://repository.upi.edu/81525/
Helen, H., Marlina, L., & Fathurohman, A. (2023). Penggunaan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7699–7702. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2896
Hidayat, N. F., & Shalihah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa: Penelitian di SMPIT Widya Cendekia Taktakan. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 1033–1037. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/9799
Hutchison, A. (2018). Using Virtual Reality to Explore Science and Literacy Concepts. The Reading Teacher, 72(3), 343–353. https://doi.org/10.1002/trtr.1720
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139–152. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
Khotim, K., & Taufik, T. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN). Tadris Al-Arabiyat: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 28–44. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1766
Kosim, N., & Yonan, Y. (2023). Taá¹bÄ«q WasÄ«lati Chat GPT FÄ« Ta’lÄ«m Al- QirÄah Litarqiyati Qudrah Al- ṬullÄb ‘AlÄ Fahm Al-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 196–209. https://doi.org/10.15575/ta.v2i2.29037
Lathifah, F., Syihabuddin, S., & Al Farisi, M. Z. (2017). Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.15408/a.v4i2.6273
Noviarini, N. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Dampak Teknologi sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa Ditinjau dari Teori Belajar Humanistik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 425–431. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.865
Nuanmeesri, S. (2018). The Augmented Reality for Teaching Thai Students about the Human Heart. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6), 203–214. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i06.8506
Octaviani, L., Harta, J., & Winarta, G. Y. (2022). Development Of Assemblr Edu-Assisted Augmented Reality Learning Media On The Topic Of Effect Of Reactant’s Concentration And Catalyst On Reaction Rate: Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Pada Subtopik Pengaruh Konsentrasi Reaktan Dan Katalis Terhadap Laju Reaksi. JCER (Journal of Chemistry Education Research), 6(1), 58–71. https://doi.org/10.26740/jcer.v6n1.p58-71
Ozdamli, F., & Karagozlu, D. (2018). Preschool Teachers’ Opinions on the Use of Augmented Reality Application in Preschool Science Education. Croatian Journal Educational/Hrvatski Casopis za Odgoj I Obrazovanje, 20(1), 265–276. https://doi.org/10.15516/cje.v20i1.2626
Rahma Sari, A., Okra, R., Antoni Musril, H., & Derta, S. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (Ar) Menggunakan Assemblr Edu Di SMA Negeri 1 Bukittinggi. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1387–1394. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7247
Rosyidah, L. I., Khatijah, A., & Dwi Fita Heriyawati. (2023). Learning English With Assembl Edu- based Augmented Reality: Does The Learning Media Matter? Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 10(2), 435–443. https://doi.org/10.30605/25409190.617
Syamsuddin, N. (2021). Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247–254. https://doi.org/Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/158
Tumini, T., & Romadhon, A. F. (2021). Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kata Benda Berbahasa Arab (Mufrodat) Di TPQ An-Nahdliyah At-Taqwa. Informatics and Digital Expert (INDEX), 3(2), 46–54. https://doi.org/10.36423/index.v3i2.760
Turmudi, I., Rifai, I., & Mudiyanto, M. (2020). IstikhdÄm NamÅ«daj Al Harokiyyah Al Syam’iyyah Al Bashoriyyah Al ‘Aqliyyah (Savi) FÄ« Ta’lÄ«m Al MufradÄt Al ‘Arabiyyah Wa Atsaruhu FÄ« Qudrah Al TalÄ«mÄ«dz ‘Ala Fahm Al MaqrÅ«. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 137–155. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709
Utami, R., Mustakim, N., Taufiq, A., Rahmi, S., Sanwil, T., Febrianingsih, D., Bahtiar, I. R., Amzana, N., Ulfa, M., & Surur, M. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wahyudi, D., Sanah, S., Ardiansyah, A. A., & Rizkina, Q. R. (2023). IstikhdÄm al-Wasilah al-Syam’iyyah al-Bashiriyyah li Tarqiyah Maharah Qira’ah al-AkhbÄr al-‘Arabiyyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 7(2), 709–732. https://doi.org/10.29240/jba.v7i2.8501
Wulandari, R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Augmented Reality untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 11(2), 59–69. https://doi.org/10.17977/um052v11i2p59-69
Zulkarnaini, Z., & Mahdalena, R. (2019). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Suku Kata dengan Model Pembelajaran Scramble di Kelas I SD Negeri 16 Juli. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 6(2), 57–65. Retrieved from: http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/502