Tanfīdz Al-Nadzariyyah Al-Insāniyyah Fī Ta’līm Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah ‘Alā Al-Thullāb Bi Ma’had Tahfīdz Bait Al-Quran Indonesia


Siti Fathonah(1*)

(1) SDI Al Azhari Global School Cikampek, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abraham Maslow memiliki keterlibatan secara signifikan terkait pelajaran bahasa Arab. Karena hal tersebut, teori belajar humanistik Maslow bisa dilakukan pengembangan memberikan variasi pada metode pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah jenis data kualitatif. Penelitian yang dilakukan merupakan bentuk dari penelitian lapangan (field research). Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan psikologi. Teori psikologi pendidikan yang memilki kaitan pada penelitian ini, yaitu situasi atau tempat yang berkaitan terkait belajar serta mengajar, proses belajar mengajar, serta capaian hasil dari proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini adalah: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Rumah Qur’an Indonesia adalah dengan cara mengedepankan kemampuan santri dalam memahami sesuatu dan peran guru adalah sebagai pembimbing santri. 2) Implementasi teori humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di Rumah Qur’an Indonesia adalah dengan memberikan dukungan terhadap upaya santri dalam mengeksplorasi kemampuannya, menciptakan lingkungan yang kondusif, guru menjadi fasilitator dalam membimbing dan pendamping dalam proses belajar santri. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan teori humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di Rumah Qur’an Indonesia yakni keterbatasan waktu, kepercayaan diri, motivasi, bendahara kata serta gramatikal bahasa Arab. 4) Cara mengatasi faktor penghambat dalam penerapan teori humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di Rumah Qur’an Indonesia yaitu dengan menyadarkan santri untuk belajar lebih mandiri, memotivasi santri supaya lebih percaya diri, untuk melaksanakan kegiatan hafalan dan menerapkan metode penyampaian gramatikal yang mudah. Implikasi penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Arab adalah pentingnya mengintegrasikan teori belajar humanistik Maslow untuk variasi metode pembelajaran yang lebih efektif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya termasuk fokus pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan mendalam terhadap karakteristik siswa, serta eksplorasi lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi teori humanistik dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di Rumah Qur’an Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Achru P, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Amalia, A. (2019). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 25–42. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-02

Asmawati, A., & Malkan, M. (2020). Active Learning Strategies Implementation In Arabic Teaching At Senior High School. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 1–20.https://doi.org/10.24239/ijcied.Vol2.Iss1.10

Astuti, W. (2018). Inovasi Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Istima’. Jurnal Ihtimam, 1(1), 68–85. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.157

Aziz, A., & Saihu, S. (2019). Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 299–214. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1000

Ekawati, D., & Arifin, A. (2022). Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nabighoh, 24(1), 111–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818

Fadhilah, M. N. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III A MI Islamiyah Malang. IBTIDA’, 2(01), 23–32. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.164

Habsy, B. A., Nashihah, D., & Atsila, B. A. (2023). Teori Belajar Humanistik serta Penerapannya dalam Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(2), 658–673. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2344

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Makhsura, S., Agustin, R., Rifma, Jasrial, & Syahril. (2023). Implementasi Behaviorisme dan Humanisme dalam Proses Pembelajaran. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 501–506. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.548

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Noviarini, N. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Dampak Teknologi sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa Ditinjau dari Teori Belajar Humanistik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 425–431. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.865

Nuridin, N., Rahman, I. K., & Andriana, N. (2024). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Pendekatan Teori Belajar Humanistik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 696–703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6365

Nurrokhmatulloh, Evi Ning Muthoharoh, & Ishfatul Millah. (2023). Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Walisongo Purwosari Pasuruan. Multicultural Islamic Education, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.35891/ims.v7i1.4822

Permana, I., Rohanda, R., & Ruhendi, A. (2023). Ansyithah Al-Thalabah fī Istī’āb Al-Mufradāt wa Al-Muhādlarah wa ‘Alāqatuhā Biqudratihim ‘Alā Al-Muhādatsah Al-‘Arabiyyah. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24402

Pramudyani, A. V. R., Rohmadheny, P. S., & Kuntoro, S. A. (2021). Pembelajaran humanistik Maslow dan Rogers: Implikasi SN DIKTI selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2037–2049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1117

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 188–202. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.17

Rahman, A., Hayati, M., Rusmani, M. A., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 402–409. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i3.156

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Alfabeta.

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177-193. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16108

Syafei, I. (2023). Implikasi Teori Belajar Humanisme terhadap Pembelajaran Bahasa Arab / Implications of Humanistic Learning Theory on Arabic Language Learning. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 331–360. https://doi.org/10.36915/la.v4i2.166

Umam, M. K., & Syamsiyah, D. (2020). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 59–82. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-04

Wahyudin, D., Marlina, L., & Fhitri, R. A. (2020). Istikhdām Namūdaj Al Ta’līm Al Ta’āwunī Bi Uslūb Al Musā’adat Al Fardiyyat Dākhil Al Majmū’āt Fī Ta’līm Al Qirā’at. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 157–174. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7872

Wahyuningsih, E., Tolinggi, S. O., & Baroroh, R. U. (2021). Pendekatan Humanistik Melalui Permainan Edukatif Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam Terpadu. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 17–43. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2581

Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.24036/8851412020171264




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v3i1.34139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.