Istikhdām Al-Tharīqah Al-Tarkībiyyah Li Tarqiyah Mahārah Al-Qira’ah Wa Al-Kitābah Ladā Tullāb Al-Shaff Al-Sābi’ Bi Al-Madrasah Al-Mutawassithah Pesantren Alhikmah 2 Cirebon


Wawan Gunawan(1*)

(1) SMP Pesantren Al Hikmah 2 Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca dan menulis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon sebelum dan sesudah pembelajaran, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan membaca siswa sebelum pembelajaran pada kelas eksperimen dan control menujukkan hasil rata-rata 42,96 masuk kategori cukup. Keterampilan menulis pada sebelum pembelajaran pada kelas eksperimen dan control  masuk kategori “kurang” dengan nilai rata-rata 37,78 (2) Keterampilan membaca siswa sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan control menunjukkan peningkatan hasil masuk kategori baik. Keterampilan menulis siswa sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil dan masuk kategori baik. (3) Hasil nilai N-Gain (dalam persentase) pada keterampilan membaca dan keterampilan menulis siswa kelas eksperimen menunjukkan pembelajaran menggunakan metode Tarkibiyah “cukup efektif” dalam meningkatkan keterampilan membaca dan keterampilan menulis siswa. Dengan demikian, maka terdapat pengaruh penggunaan metode Tarkibiyah dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa SMP Pesantren Al-Hikmah 2 Cirebon.


Full Text:

PDF

References


Achru P, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Ainin, M. (2016). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Misykat.

Al Afwan, J. (2021). Penerapan Metode Assasakiy untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab: Studi Quasi Eksperimen di SMK Raudhotul Ulum Bandung [Tesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. Retrieved from https://digilib.uinsgd.ac.id/51139/

Ardiansyah, A. A., & Aziz, A. A. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. LISANUDHAD, 6(2), 86–110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Ardiansyah, A. A., & Muhammad, A. (2020). Implementation of Integrative Arabic Grammar (Nahwu & Sharaf) Curriculum in Islamic Boarding School. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(3), 211–228. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i3.13264

Aziz, M. F., Jamilatussa’diyah, J., & Taufiqurrahman, W. (2021). Istikhdām Kitāb al Nushūs Li Ta’līm al-Qawa’id Wa Atsaruhu Fī Qudrati al-Thulāb ‘Alā Qirāati al-Nushūs al-‘Arabiyyah. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(2), 167–180. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.12715

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Azzahroh, A. L., & Ahsanuddin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas X IIS di SMA Babul Khairat. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(7), 1005–1019. https://doi.org/10.17977/um064v2i72022p1005-1019

Dewi, I. S., Adam Ibrahim, F. M., & Syuhadak, S. (2022). Ta’lim Maharah al-Qira’ah Ittishaliyan bi Istikhdam al-Nushush al-‘Arabaiyyah al-Ashliyyah wa Ta’tsiruha fi Tanmiyyah wa Tahifz al-Qira’ah Laday al-Thalabah. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 6(2), 527–554. https://doi.org/10.29240/jba.v6i2.4710

Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2020). Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196–210. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Khafidh, M. (2016). Implementasi Metode Imla’sebagai peningkatan kemampuan menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta [Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24344/

Khozaimah, K. (2021). Ta’lîmu Ashwâti al-Lughah bi at-Tharîqah al-Tarkîbiyyah al-Tahlîlîyyah li Mahârati al-Istimâ’ li al-Thullâb al-Mubtadiîn. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 75–91. https://doi.org/10.19105/alb.v2i1.3832

Kodir, A., & Syafiq, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Qirāah dan Kitābah. Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 108–119. https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17306

Maftuhin, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Bahasa Arab Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Membaca Teks Arab Di International Islamic Boarding School Al Izzah Batu [Tesis, UIN Sunan Ampel Surabaya].

Muanah, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Aspek Qiroah Melalui Metode Jigsaw di Kelas IX C MTs Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Uktub: Journal of Arabic Studies, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.32678/uktub.v1i2.5815

Muhammad, D., & Muassomah, M. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tarkib Berbasis Mind Mapping di Masa Pandemi Covid-19. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 23(1), 67. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.3004

Muid, A., Ilmiani, A. M., & Fikri, A. (2021). Typology of Student Learning in Qira’ah Subject with Multiple Intelligence Perspective. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(1), 84–96. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i1.12434

Munir, M. (2018). Pendekatan Struktural dalam Pelajaran Bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.24252/saa.v6i1.5644

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab: Konsep Dasar Strategi Metode Teknik. Remaja Rosdakarya.

Nufus, H., Erlina, E., Koderi, K., Ramadhan, M. U. C., & Nopiyanti, N. (2022). Development of Tarkib Teaching Materials Based on Motion Graphic in Islamic Junior High School l Tatwir al-Mawad al-Tarkibiyyah ‘ala Asas al-Rasum al-Mutakharrikah bi al-Madrasah al-Mutawassitah al-Islamiyyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v14i1.7145

Rasmuin, R., & Nafisah, D. (2019). The Implementation of Mind Mapping in Tarkib Learning to Improve Student Learning Outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159–177. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.151

Rudiamon, S., Yasmadi, Y., & Faisol, Y. (2020). Ta’tsīr al-Tharīqah al-Tarkībiyah ‘alā Mahārah al-Qirāah: Bahts Tajrībi fī Madrasah al-Ibtidāiyyah al-Islāmiyyah al-Hukūmiyah al-Wahīd Tanah Datar. Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 2(2), 78–94. https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i2.2511

Syafe’i, I., & Fauziah, N. N. P. (2020). Istikhdām Dawāir Al-Bithāqāh Fī Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Mādah Al-Tarkīb Li Tarqiyati Tahshīl Al-Talāmidz Al-Dirāsi Fīhi. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 75–86. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8427

Syafe’i, I., Musthafa, I., & Hayati, W. (2020). Penerapan Metode Tarkibiyyah Tahliliyah dalam Pembelajaran Qira’ah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.725

Yanwari, R. S., Thoyyibah, A., & Raziqi, M. A. (2021). The Effectiveness Of The Iqra’ Wheel Game To Enhance Students’ Arabic Reading Skills At State Islamic Senior High School 1 Malang. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(2), 111–125. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.14476

Zein, H. (2018). Tatsir Istikhdam Wasilah al-Qishah al-Mutaqatha’ah li Tarqiyah Maharah al-Qiraah. Al-Manar, 2(8), 87–99. https://doi.org/10.24014/al-manar.v2i8.4730




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v3i1.34140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.