Konstruksi Pelaku Dakwah Influencer Muslimah pada Miss Muslimah Indonesia 2023

Authors

  • Nusyaibah Iskandar
  • Tata Sukayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Agi Muhammad Abdul Ghani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i2.38973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi pelaku dakwah influencer Miss Muslimah Indonesia 2023. Metode yang digunakan yaitu deskriptif, pendekatan kualitatif dan teori Social Construction Peter L. Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses eksternalisasi, bentuk ekspresi diri dan pola interaksi yang dilakukan oleh anggota Miss Muslimah Indonesia di antaranya seperti berhijab, kegiatan sosial, solidaritas, dan menanggapi stigma positif. Melalui proses objektivasi, kontes Miss Muslimah Indonesia pada akhirnya memunculkan kesadaran untuk memutuskan melakukan dakwah, yakni melalui faktor kontes itu sendiri, lingkungan pertemanan, keluarga dan motivasi teologis. Melalui proses internalisasi, terjadi pemaknaan pelaku dakwah sebagai sesuatu yang multifungsi, yakni sebagai pemimpin dan panutan masyarakat, sebagai bentuk ketaatan, dan kontrol sosial.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Iskandar, N., Sukayat, T., & Abdul Ghani, A. M. (2025). Konstruksi Pelaku Dakwah Influencer Muslimah pada Miss Muslimah Indonesia 2023. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(2), 225–244. https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i2.38973

Citation Check

Most read articles by the same author(s)