Research Trends on the Influence of Social Media on Public Perceptions: A Bibliometric Approach


Yunnisa Nabila Putri Abduh(1*), Rully Khairul Anwar(2)

(1) Universitas Padjadjaran Sumedang, Indonesia
(2) Universitas Padjadjaran Sumedang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh media sosial terhadap persepsi masyarakat merupakan fenomena yang sangat berpengaruh dalam membentuk pandangan dan interpretasi masyarakat terhadap berbagai informasi yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian mengenai pengaruh media sosial terhadap persepsi masyarakat, penelitian ini menggunakan pendekatan bibliometrik deskriptif yang mencakup analisis bibliometrik untuk mengetahui sejauh mana penelitian telah berkembang dari tahun ke tahun. Penelitian ini mengumpulkan data sekunder dikumpulkan dari Scopus dengan menggunakan kata kunci effects, social media, public, dan perception. Software yang digunakan untuk menganalisis data yakni Vosviewer dan BiblioShiny. Berdasarkan hasil penelusuran pada database Scopus dari tahun 2014-2023, ditemukan 112 publikasi yang menunjukkan bahwa topik utama dalam penelitian mencakup social media, perception, adult, human, dan female. Dalam konteks publikasi jurnal, Jurnal Sustainability menempati peringkat pertama sebagai sumber yang relevan dengan total 11 penerbitan dan 111 kutipan dan penelitian terbanyak mengenai pengaruh media sosial terhadap persepsi masyarakat adalah di negara- negara The United States of America (USA), China, dan Korea. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran mengenai tren dan fokus penelitian terkini seputar pengaruh media sosial terhadap persepsi masyarakat.

Keywords


bibliometrik deskriptif; efek media; fokus publik; media sosial; persepsi masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alam, M. S., & Khan, B. M. (2015). Impact of social media on Brand equity: A literature analysis. AIMA Journal of Management & Research, 9(4), 1–12.

Amin, K., Ni’mah, Z., & Susanto, A. (2023). Bibliometric Analysis: Development of Scientific Publications on" Islamic Education" Based on Titles in the Scopus Database 1980-2023. Maharot: Journal of Islamic Education, 7(1), 15–30.

Aria, M., Misuraca, M., & Spano, M. (2020). Mapping the Evolution of Social Research and Data Science on 30 Years of Social Indicators Research. Social Indicators Research, 149(3), 803–831. https://doi.org/10.1007/s11205-020-02281-3

Gaviria-Marin, M., Merigo, J. M., & Popa, S. (2018). Twenty years of the Journal of Knowledge Management: A bibliometric analysis. Journal of Knowledge Management, 22(8), 1655–1687.

Hafizi, R. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Persepsi Masyarakat tentang Politik dan Partisipasi Politik. Journal of Mandalika Social Science, 1(1), 1–4.

Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45–70.

Haryanti, R. (2022). Persepsi Masyarakat Tentang Isu Berita Hoaks Vaksin Covid-19 Di Media Sosial. SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA STPMD" APMD".

Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 133–141.

Lestari, R. D., Putri, D. S., Anggraeny, D. N., & Tutiasri, R. P. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pemberitaan vaksinasi covid-19 pada media sosial instagram. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18(2), 101–108.

Luo, Y., Zhang, X., & Jin, P. (2022). Research Hotspot and Evolution Trend of REITs Since the New Century—from the Perspective of Bibliometrics. Journal of Innovation and Social Science Research ISSN, 2591, 6890.

Mokhtar, M. M. B. M., & Hassan, H. Bin. (2021). Pengaruh Faktor Persepsi Negatif dan Budaya Tular terhadap Buli Siber di Media Sosial dalam Kalangan Pelajar dan Golongan Muda: The Influence of Negative Perception Factors and Viral Phenomenon against Cyber Bullying on Social Media among Students and You. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 7–15.

Moulita, M. (2021). Persepsi remaja terhadap konten prank di media sosial. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 7(2), 107–115.

Mulya, T. W. (2022). On being a religiously tolerant Muslim: discursive contestations among pre-service teachers in contemporary Indonesia. British Journal of Religious Education, 44(1), 66–79. https://doi.org/10.1080/01416200.2021.1917338

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Putri, Y. E., Elita, F. M., & Gemiharto, I. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram@ BPS_Statistics Terhadap Ekuitas Merek Badan Pusat Statistik. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 17–31.

Rahmanto, A. N. (2022). Media Sosial dan Persepsi Publik tentang Good Governance pada Pemerintah Daerah di Solo Raya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(1), 88–100.

Salsabila, H. F., & Harti, H. (2021). Pengaruh iklan media sosial, electronic word of mouth, dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian. AKUNTABEL, 18(4), 722–732.

Sari, M. P., Raharja, S., & Yuyetta, E. N. A. (2022). Analisis bibliometrik: sustainability in higher education institutions (heis). Inovasi Ekonomi, 1, 1–22.

Setia, P., & Rahman, M. T. (2023). Kekerasan Antaragama: Tinjauan Literatur Sistematis dan Analisis Bibliometrik. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(2), 207–220.

Sjuchro, D. W. (2023). Trend Research Of Rural Broadcasting On Communication Science Based On Bibliometric Approach. Journal of Intercultural Communication, 23(1), 33–44.

Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis bibliometrik perkembangan penelitian bidang ilmu instrumentasi. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135–149.

Ummah, E. S., Narjis, K., & Niswah, T. L. (2023). Analisis Bibliometrik Metode Montessori Berbasis Data Scopus. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 464–475.

Winoto, Y. (2019). Remaja dan Pandangannya terhadap Cyberbullying pada Media Facebook: Sebuah Kajian Tentang literasi Informasi. Commed Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 121–132.

Ye, M., & Lyu, Z. (2020). Trust, risk perception, and COVID-19 infections: Evidence from multilevel analyses of combined original dataset in China. Social Science & Medicine, 265, 113517.

Zhu, G., Chen, Y., & Zheng, J. (2020). Modelling the acceptance of fully autonomous vehicles: a media-based perception and adoption model. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 73, 80–91.




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v7i1.33408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter