Mengintegrasikan Pendekatan Kultural ke dalam Pedagogi: Peran Model Kultural N. J. C. Geise dalam Pendidikan Katolik di Jawa Barat


Willfridus Demetrius Siga(1*), Alfonsus Sutarno(2), Alexander Editya P.(3)

(1) Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Indonesia
(2) Seminari Tinggi Petrus – Paulus, Keuskupan Bogor, Indonesia
(3) Tunas Muda School Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji relevansi pendekatan kultural Nicolaus Johannes Cornelius Geise dalam pedagogi di lembaga pendidikan Katolik di Jawa Barat. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan model pedagogi Geise dan merekomendasikan ciri khas profil lulusan sesuai dengan kultur di Jawa Barat. Menggunakan metode kualitatif dengan desain grounded theory, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kultural Geise, yang menekankan penyesuaian dengan konteks sosial-kultural, perhatian terhadap orang miskin, kesetaraan martabat manusia, dan pelayanan kemanusiaan, sangat relevan untuk pendidikan Katolik di Jawa Barat. Penelitian ini menawarkan model pedagogi yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal serta panduan untuk membentuk lulusan yang pluralis, adaptif, dan transformatif.

Keywords


pendekatan kultural, N.J.C. Geise, pedagogi, lembaga pendidikan Katolik, kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References


Adeney-Risakotta, B. (2014). Dealing with diversity: Religion, globalization, violence, gender, and disaster in Indonesia. Globethics.net.

Bani, E. A. S. (2021). Kebudayaan dalam konsep pedagogik berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1605–1612.

Borgias, F. (2006). Prof. Dr. Mgr. N.J.C. Geise, OFM: Juragan Visioner. Kanisius.

Catholic Hierarchy. (n.d.). Bishop Paternus Nicholas Joannes Cornelius Geise, OFM. Catholic Hierarchy. http://www.catholic-hierarchy.org/bishop/bgeise.html

Craswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dewantara, K. H. (2004). Bagian pertama pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Geise, N. J. C., & Vugts, F. (1974). Sejarah Gereja Katolik di wilayah Keuskupan Bogor. In D. P. K. W. Indonesia (Ed.), Sejarah Gereja Katolik Indonesia. Dokpen KWI.

Giroux, H. A. (1997). Pedagogy and the politics of hope: Theory, culture, and schooling. Westview Press.

Hess, B. B., Markson, E. W., & Stern, P. J. (1981). Sociology. Macmillan Publishing Company.

Jacob, F., John, S., & Gwany, D. M. (2020). Teachers’ pedagogical content knowledge and students’ academic achievement: A theoretical overview. Journal of Global Research in Education and Social Science, 14(2), 14–44.

Kesuma, D., Syarifudin, T., & Kurniasih. (2008). Pedagogi-pedagogik: Beberapa tokoh. Bahan Seminar Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Koh, J. H. L. (2020). Three approaches for supporting faculty technological pedagogical content knowledge (TPACK) creation through instructional consultation. British Journal of Educational Technology, 51(6), 2529–2543.

Kristiyanto, E. (2009). Khresna Mencari Raga: Mengenang Kehadiran Fransiskan di Indonesia. Lamalera.

Loughran, J. (2020). Pedagogical content knowledge. In Science Education for Australian Students (pp. 205–232). Routledge.

Merriam-Webster’s Unabridged Dictionary. (2000). Merriam-Webster.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2013). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications, Inc.

Mudjiman, A. (2023). Bagaimana sejarah dan latar belakang pembangunan Gereja Katedral Bogor? https://id.quora.com/Bagaimana-Sejarah-dan-Latar-Belakang-pembangunan-Gereja-Katedral-Bogor

Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.

Piaget, J. (2012). The goal of education. In The Psychology. Dorklink Kinderslay.

Pribadi, A. E. (2023). Menggali spiritualitas Mardi Yuana dan relevansinya seturut dokumen FABC V. Universitas Katolik Parahyangan.

Rahim, R. A. A., & Dilawati, R. (2022). Causes and Impacts of Early Marriage: A Phenomenological Study in the Cimarel Hamlet Community, West Bandung Regency. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 5(1), 29–44.

Roberts, B. (2009). Educating for global citizenship: A practical guide for schools. International Baccalaureate.

Sastrapatedja, M. (2013). Pendidikan sebagai humanisasi. Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.

Schmeichel, M. (2012). Good teaching? An examination of culturally relevant pedagogy as an equity practice. Curriculum Studies, 44(2), 211–231.

Schmid, M., Brianza, E., & Petko, D. (2021). Self-reported technological pedagogical content knowledge (TPACK) of pre-service teachers in relation to digital technology use in lesson plans. Computers in Human Behavior, 115, 106586.

Sidharta, A. B. (2006). Geise dan Fungsi Universitas Katolik dalam Fransiskus Borgias dkk (ed) “Juragan Visioner, Prof. Dr. Mgr.N.J.C. Geise, OFM.” Kanisius.

Soediro, K. (2015). Mgr. N.J.C. Geise, OFM: Gembala, Ilmuwan, Pencinta Sunda. Unpar Press.

Sudiarja, A. (2015). Lima kuntum bunga gereja. Kanisius.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan psikologi proses pendidikan.

Sutrisno, M., & Putranto, H. (2005). Teori-teori kebudayaan. Kanisius.

Tarpin, L., Heatubun, F. S., Djunatan, S., & Setiawan, F. R. (2015). Spiritualitas dan nilai dasar UNPAR. UNPAR.

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan pendidikan: Manajemen pendidikan nasional dalam pusaran kekuasaan. Rineka Cipta.

Truna, D. S., Truna, D. S., Viktorahadi, R. B., & Haq, M. Z. (2022). Gender equality in Catholic religious and character education: A multiculturalism perspective. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4). https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7317

Tylor, E. B. (1958). The Origins of Culture. Herper & Roe Publishers.

Whitehead, A. N. (1957). The aims of education and other essays. The Free Press.

Yulia, L., & Suryani, Z. (2022). Korelasi pedagogik dan kebijakan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v7i2.37875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter